Tempat Wisata

Bunut Bolong, Melihat dari dekat pohon unik penuh aura mistis di Jembrana

harga tiket: Bebas, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Manggissari, Kec. Pekutan, Cab.Jembrana, Bali; Bahan pengikat: verifikasi lokasi

Terkenal dengan keindahan alamnya, Bali, pulau dewata, memiliki banyak tempat menakjubkan yang layak untuk dikunjungi. Salah satunya Bunut Bolong, tempat yang sangat terkenal dengan keunikannya. Bagaimana lagi saya bisa, ini adalah pohon beringin besar dengan lubang besar di tengah jalan.

Ada banyak tempat wisata di Indonesia yang menyimpan sejuta rahasia. Masing-masing bahkan memiliki sejarah yang panjang, yakni dari segi asal usul tempat masing-masing. Dengan luas seribu pantai, Bali sebenarnya memiliki banyak tempat wisata lain untuk dijelajahi. Tidak dapat disangkal bahwa pantai-pantai di Bali memang menakjubkan.

Namun tentunya saat berada di pulau ini, tidak hanya wisata laut yang wajib dikunjungi. Sesekali perlu juga untuk mengeksplorasi daerah mana saja yang menawarkan potensi wisata dari kategori lain. Misalnya di Jembrana, dimana terdapat pohon unik yang memiliki ciri khas tersendiri. Pohon ini banyak dikunjungi wisatawan karena menawarkan berbagai atraksi yang memikat.

Promo Hotel di Jembrana Bali

Atraksi Bunut Bolong

Objek wisata Bunut BolongFoto Bunut Bolong di Google Maps

Bunut Bolong adalah pohon beringin raksasa yang terkenal dengan lubang besar di sekitar batangnya. Lubang ini terbentuk secara alami dan cukup besar untuk dilewati kendaraan roda empat. Namanya terdiri dari dua kata: bunut adalah nama lokal untuk pohon beringin, sedangkan bolong berarti “lubang” dalam bahasa Bali.

✦ Legenda Bunut Bolong

Setiap daerah di Indonesia kebanyakan memiliki asal usul atau legenda, entah itu benar atau hanya cerita turun temurun. Bahkan dengan tempat wisata yang sudah kita bahas kali ini, ada legenda dibalik keunikannya. Konon warga Desa Manggisari, tempat pohon ini berdiri, beberapa waktu lalu mengalami erupsi.

Wabah yang dimaksud adalah penyakit mematikan yang belum ada obatnya. Banyak orang di sekitar Bunut Bolong menjadi korban dan meninggal. Berbagai upaya telah dilakukan, salah satunya meminta petunjuk melalui tirakat. Setelah meditasi, para tetua desa mendapat petunjuk yang tidak biasa.

Petunjuk yang dimaksud menyatakan bahwa semua warga di sebelah selatan pohon beringin harus pindah. Setelah pindah, ternyata sebenarnya semua yang selamat dari penyakit tersebut telah menghilang. Sebelumnya, sebagian besar pemukiman warga berada di bagian selatan pohon. Kisah ini masih dipercaya oleh penduduk setempat hingga saat ini.

✦ Keunikan Bunut Bolong

Keunikan pohon Bunut Bolong membuatnya sangat istimewa dan membedakannya dengan tempat wisata alam di Bali lainnya. Ribuan turis datang ke sini setiap tahun untuk merasakan keindahan alam dan merasakan sensasi unik berjalan melalui lubang di pohon. Di daerah lain hampir tidak ada keanehan yang sebanding.

Bahkan bisa dikatakan bahwa ini adalah satu-satunya di mana batang pohon menjadi persimpangan umum bagi banyak kendaraan. Sehingga bisa dikatakan setiap kendaraan yang melintas harus melalui lubang pada batang kayu beringin ini. Ukurannya yang sangat besar menambah keunikannya, pohon ini sudah berumur ratusan tahun.

Wahana Glass Bottom Boat dan Pulau Penyu Badung

✦ Pesona alam sekitar

Bunut Bolong tidak hanya menawarkan cerita yang penuh dengan legenda dan keunikan, tetapi juga pesona alam yang menakjubkan. Sesampainya di tempat wisata, Anda akan disambut oleh pemandangan hutan lebat yang menyegarkan mata. Pohon ini menghadap ke hutan yang luas meski jaraknya cukup jauh, menciptakan suasana yang tenteram dan damai.

Wisatawan yang ingin merasakan sensasi unik dapat melintasi gua pohon dengan kendaraan. Melintasi celah pohon ini tentu menimbulkan perasaan berbeda sekaligus menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Selain itu, tempat ini juga menjadi spot yang tepat bagi para pecinta fotografi.

✦ Penuh aura mistis

Pastinya siapapun yang melihat keanehan Bunut Bolong merasakan hal yang sama, ada aura mistis di dalamnya. Hal ini sangat wajar, apalagi masyarakat setempat menjadikan pohon ini sebagai tempat yang disakralkan. Di sekeliling pohon terdapat beberapa arca dengan berbagai ukuran yang digunakan sebagai tempat pemujaan.

Meski memiliki aura mistis, ambulans dan mobil jenazah tidak diperbolehkan melewati jalur ini. Ada jalur lain yang dibangun khusus untuk kendaraan jenis ini. Di pagi hari situasi semakin mistis ketika kabut tebal berkumpul. Namun, tidak perlu takut jika Anda datang dengan niat baik.

Tiket The Blooms Garden Tabanan

Alamat, lokasi rute dan tiket masuk

Alamat Bunut BolongFoto oleh Osheldor di Google Maps

Bunut Bolong terletak di kawasan yang sangat strategis yaitu di jalan raya. Seharusnya tidak sulit menemukan tempat wisata. Bahkan ada alamat yang bisa Anda tuju yaitu di Desa Manggisari, Kecamatan Pekutatan, Kabupaten Jembrana, Bali. Jika keluar dari Alun-Alun Kota Negara, jaraknya kurang lebih 35 kilometer.

Dengan kecepatan rata-rata kendaraan yang Anda butuhkan 1 jam. Rute yang paling direkomendasikan adalah melalui Jalan Gajah Mada jika Anda berangkat dari pusat kota. Lanjutkan perjalanan ke kawasan Pulukan yang dekat dengan Pantai Medewi. Tolok ukur berikutnya adalah Pasar Pekutatan, kemudian Desa Asah Duren.

Bunut Bolong berjarak sekitar 2 kilometer dari titik ini dan terus mengikuti jalur utama. Jarang ada pemukiman penduduk di sekitar wisata jadi alangkah baiknya jika bisa menggunakan aplikasi Google Maps. Juga, tidak ada terlalu banyak arah. Namun kondisi jalan yang jarang bercabang membuatnya mudah ditemukan.

Pohon dengan aura mistis dan unik ini sebenarnya bukanlah tempat wisata resmi. Daya tariknya sendiri membuat wisatawan penasaran dan datang berkunjung. Pengunjung tidak dikenakan biaya masuk, yaitu masuk gratis. Anda juga bisa berkunjung kapan saja, asalkan niatnya baik dan mematuhi peraturan desa setempat.

Kegiatan yang menarik

Kegiatan Bunut BolongFoto oleh Djoe Avarell di Google Maps

Meski bukan tempat wisata yang menawarkan banyak wahana, namun tetap ada hal menarik yang bisa dilakukan saat berkunjung ke Bunut Bolong. Setidaknya selama berwisata Anda akan mendapatkan pemandangan indah dan melihat keunikan yang mungkin tidak Anda temukan di tempat lain.

1. Alami Bunut Bolong yang unik

Hampir semua wisatawan yang belum pernah ke sini pasti ingin melihat keunikan pohon berlubang yang berada di tengah jalan ini. Anda pun dijamin akan terpesona dengan keunikan betapa bolongnya batang pohon dan jalan raya yang terbentang di tengahnya. Pohon ini masih hidup dan akan terus tumbuh seiring berjalannya waktu.

2. Nikmati keindahan alam di sekitar lokasi

Seperti yang sudah disebutkan, Bunut Bolong tidak jauh dari hutan. Karena itu, keindahannya cukup menjadi kegiatan yang menarik. Itu artinya Anda bisa menikmati keindahan alam di sekitar wisata. Berbagai semak tumbuh di sekitar pohon keramat ini dan, sebagai pelengkap, beberapa tanaman hias.

3. Berburu spot foto

Bagi para pecinta foto, mencari foto saat berkunjung ke wisata alternatif di Bali ini sepertinya menjadi suatu keharusan. Tempat yang paling penting tentu saja pohon beringin besar dengan batang berlubang. Spot yang lain sebenarnya tidak banyak, spot yang satu ini saja rasanya sudah lebih dari cukup untuk menghiasi konten media sosial atau sebagai reminder.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Tanaman Bolong BunutFoto oleh John di Google Maps

Karena bukan objek wisata resmi, fasilitas di Bunut Bolong tidak lengkap. Bahkan jika dibandingkan dengan tempat wisata pada umumnya bisa dikatakan sangat kecil. Tidak ada toilet dan tidak ada tempat parkir. Namun, jika Anda ingin melakukan ritual doa, opsi ini tersedia untuk Anda.

Itu yang bisa kami sampaikan tentang salah satu hits Bali yang dikenal memiliki keunikan dan sejarah yang panjang. Bagi Anda yang ingin mengunjungi Bunut Bolong, sebaiknya datang pada pagi hari. Pasalnya, visibilitas saat ini sangat bagus, ada juga kabut yang turun, sehingga terlihat semakin eksotis.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button