Berita Wisata

Bupati Bandung sambut Menparekraf di Desa Wisata Alam Citalutug Baros

DAERAH. BANDUNG | BBCOM | Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengunjungi wisata alam Citalutug di desa Baros, Kec. Arjasari Kab. Bandung Minggu (22/1/23) siang dalam rangka silaturahmi dengan para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif di Kabupaten Bandung.

Kehadiran Menteri Sandiaga Uno diterima langsung oleh Bupati Bandung HM Dadang Supriatna yang didampingi oleh pejabat daerah Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat Benny Bachtiar.

Dalam sambutannya kepada Menparekraf, Bupati Dadang Supriatna mengatakan kehadiran Menteri Sandiaga Uno di wisata alam Citalutug menambah semangat dan semangat untuk memajukan wisata alam di Kabupaten Bandung termasuk pembangunan dan ekonomi kreatif.

Bupati Dadang Supriatna menargetkan terbentuknya 100 desa wisata di Kabupaten Bandung. Saat ini Kabupaten Bandung telah menetapkan 50 desa wisata pada tahun 2022 dan 50 desa wisata lagi pada tahun 2023. Bandung, untuk itu kami berharap mendapat dukungan dan saran dari Menteri Sandi”, harap Dadang Supriatna.

Bupati Bandung mengatakan untuk mendukung desa wisata, di Kabupaten Bandung terdapat sekitar 16.000 pelaku UMKM. Untuk itu, Pemkab Bandung terus mendorong pengembangan UMKM dengan memberikan dana pinjaman bergulir tanpa bunga dan tanpa jaminan dengan alokasi dana Rp 40 miliar pada tahun 2022 dan Rp 30 miliar pada tahun 2023 dan langsung dapat diakses oleh masyarakat. . “Tujuan kami adalah menciptakan 35.000 pelaku UMKM. Saat ini, 13.000 lapangan kerja baru telah tercipta melalui program pinjaman ini,” ujarnya.

Selain itu, Kang DS, sapaan akrab Bupati Dadang Supriana, menjelaskan hal tersebut melalui program dan inovasi yang dilakukan pemkab. Bandung, tingkat pengangguran yang semula mencapai 8,5%, kini turun menjadi 6,98%. “Untuk menekan angka pengangguran, kami mencoba melakukan terobosan melalui program Bunga Desa dan Rembug Bedas untuk membangkitkan semangat generasi muda Kabupaten Bandung,” ujar Kang DS.

Sementara itu, Menparekraf Indonesia Sandiaga Uno mengatakan pihaknya menilai Kabupaten Bandung sangat serius dalam mengembangkan pariwisata dan ekonomi kreatif. “Saya melihat potensinya sangat besar karena keindahan destinasi dan produk ekonomi kreatifnya sangat mendukung,” ujarnya.

Tahun 2022, kata Sandiaga Uno, Desa Alam Endah di Kec. Rancabali adalah desa wisata terbaik di Indonesia

“Tahun ini kita kembangkan desa wisata Baros dan sebelumnya sudah disetujui SK (keputusan).

Menparekraf meyakini dengan komitmen Pemdes Baros akan menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat di bidang ini untuk meningkatkan kesejahteraan. “Ada bukti bahwa melalui pariwisata masyarakat bisa meningkatkan taraf hidupnya,” kata Sandiaga Uno.

Selain itu, Menteri Sandiaga Uno mengatakan dalam mendukung pengembangan pariwisata, pemerintah pusat telah memberikan dukungan DAK (Dana Alokasi Khusus) ekonomi kreatif dan fisik untuk Kabupaten Bandung. “Saya harap ini bisa mendukung kebangkitan dan bersama-sama kita berjuang bersama masyarakat pascapandemi Covid-19 untuk memulihkan perekonomian masyarakat,” ujarnya.

Sandiaga Uno juga berharap komunitas film Citalutug mengikuti pelatihan dan festival film bulanan yang akan digelar di wilayah Bandung, Jawa Barat, pada Maret 2023. “Agar nantinya bisa mengikuti festival film bulanan dan menjadi juara. untuk dikirim ke festival film internasional. Dengan begitu, bakat-bakat lokal akan muncul dan berkembang. Siapa tahu ini bisa menjadi cikal bakal infrastruktur ekonomi kreatif yang memang kita butuhkan,” harapnya.

Meski dibayangi inflasi dan resesi, Sandiaga Uno juga mengungkapkan desa wisata bisa meningkat dan tumbuh hingga 30%. Turis China sudah mulai berdatangan ke Indonesia. “Saya yakin kekuatan kita ada pada wisatawan domestik,” ujarnya.

Sesuai arahan presiden, Sandiaga Uno mengatakan pihaknya akan terus melakukan revitalisasi destinasi wisata. Mulai dari kebersihan, kesehatan, keselamatan, kelestarian lingkungan, pengelolaan sampah, penyiapan sumber daya manusia agar destinasi wisata unggulan di Kabupaten Bandung bisa menjadi contoh dan menginspirasi banyak kabupaten dan desa wisata lainnya.(uden)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button