Berita Wisata

Bupati dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jayawijaya meresmikan objek wisata mumi di Aikima

Wamena, Jubi – Bupati Jayawijaya bersama Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Jayawijaya Provinsi Pegunungan Papua meresmikan objek wisata mumi di Desa Aikima, Kecamatan Pisugi, Wamena, Selasa (31/1/2023) pagi.

Bupati Jayawijaya, Jhon Banua mengatakan, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata terus berupaya dan peduli terhadap pengembangan dan peningkatan sektor pariwisata di Kabupaten Jayawijaya.

“Sejak tahun 2019 kami sudah bergelut dengan situasi Covid-19, namun alhamdulillah kami masih berusaha bekerja sama dengan rombongan tour, sehingga hari ini kami dapat meresmikan salah satu tempat wisata di Jayawijaya”, ungkapnya.

Bupati berharap melalui pengembangan di sektor pariwisata ini dapat meningkatkan pendapatan ekonomi penduduk. Ia juga berpesan kepada masyarakat untuk menjaga keamanan dan kenyamanan di lingkungan wisata mumi dan honai tradisional desa tersebut.

“Juga untuk menarik simpati dan menjaga kenyamanan pengunjung, wisatawan mancanegara maupun lokal,” ujarnya.

Banua menambahkan, untuk meningkatkan potensi wisata Kabupaten Jayawijaya, akan terus dilakukan promosi terkait potensi wisata alam yang dimiliki oleh kelompok wisata, di setiap lokasi atau kawasan wisata.

“Kalau ada objek wisata baru akan kita buka di mana-mana, tidak hanya di satu tempat. Contoh objek wisata yang sedang dikembangkan adalah air terjun di kecamatan Bpiri, dan salah satu potensi besar bagi wisatawan adalah birunya air danau di Kabupaten Maima, namun permasalahannya telaga biru tersebut dianggap keramat oleh masyarakat setempat, sehingga tidak bisa dilakukan.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Engelbertus Sorabut menjelaskan, sekitar 20 destinasi wisata di Kabupaten Jayawijaya telah didaftarkan. Ada juga beberapa tempat wisata baru yang ingin dibuka, namun pihak agensi kewalahan mencari kesepakatan dengan pemilik tempat.

“Sementara ini, kami masih berupaya menjadikan tempat-tempat ini sebagai tempat wisata. Jika kesepakatan bersama tercapai, Dinas Pariwisata tidak akan mempermasalahkan pemilik tempat saat masuk,” ujarnya.

Dapatkan update berita terbaru dari Jubi Newsroom setiap hari. Ayo gabung di grup Telegram “News Room Jubi” dengan klik link, lalu gabung. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button