Berita Wisata

Bupati Kaimana telah meminta dukungan Wakil Presiden untuk mengembangkan pariwisata

Kaimana (ANTARA) – Bupati Kaimana, Papua Barat Freddy Thie meminta dukungan pemerintah pusat melalui Wakil Presiden Ma’ruf Amin untuk mengembangkan potensi wisata daerah guna meningkatkan kesejahteraan penduduk masyarakat setempat.

Ditemui Wakil Presiden Ma’ruf Amin dan rombongan yang melakukan kunjungan kerja ke Kaimana, Kamis, Bupati Freddy mengatakan daerahnya memiliki segudang potensi wisata menarik yang dapat dikembangkan untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. populasi.

“Saya ingin menyampaikan kepada wapres yang datang berkunjung ke Kaimana, kita memiliki potensi wisata yang luar biasa di sini, bahkan lebih indah dari wilayah Papua Barat lainnya,” kata Freddy.

Berbagai potensi wisata seperti wisata bahari, wisata sejarah, wisata alam dan lain-lain yang dimiliki Kaimana, kata dia, terus dikembangkan oleh pemerintah kabupaten setempat agar mampu menarik sebanyak mungkin wisatawan baik nasional maupun mancanegara.

Dalam rangka mengembangkan pariwisata di Kaimana, pemerintah kabupaten setempat menjalin kerjasama dan kolaborasi dengan berbagai pihak, salah satunya Universitas Udayana Denpasar Bali.

“Kita hormati Wapres, potensi ini akan terus kita garap agar mendapat perhatian Pusat, kita sudah bekerja sama dengan Udayana untuk menyusun rencana utama pengembangan kawasan wisata di Kaimana”, jelas Freddy yang akrab disapa Kaibus ini.

rencana utama atau master plan pengembangan pariwisata di Kaimana secara garis besar adalah pengembangan kawasan wisata Teluk Triton yang sangat terkenal dengan keindahan alam bawah laut dan pulau karang dengan berbagai biota.

Untuk menarik arus wisatawan sebanyak-banyaknya ke Kaimana, khususnya Teluk Triton, pemerintah kabupaten setempat berencana menggelar festival bertajuk ‘Sail Triton’ setelah kegiatan Sail Teluk Cenderawasih pada Juli 2023.

“Kami mohon dukungannya agar ke depan kegiatan Sail Triton bisa rutin digelar di Kaimana,” ujar orang nomor satu Kabupaten Kaimana itu.

Baca juga: Jakarta Experience Board jajaki kerja sama pariwisata dengan Papua Barat

 
Warga Kaimana bersama pejabat pemerintah dan mahasiswa membentuk rombongan di sepanjang jalan yang dipimpin rombongan Wakil Presiden Ma’ruf Amin dari Bandara Utarom Kaimana menuju kawasan Taman Jokowi-Iriana saat berkunjung ke Kaimana, Rabu (30/11/2022). (ANTARA/HO-Isabela Wisang)

Wakil Presiden Ma’ruf Amin didampingi istri Ibu Wury Ma’ruf Amin beserta rombongan tiba di Bandara Utarom, Kaimana pada Rabu malam (30/11) usai melakukan kunjungan kerja ke Jayapura, Merauke dan Timika.

Kehadiran Wapres di Kaimana disambut antusias masyarakat setempat. Warga bersama ribuan mahasiswa Kaimana membentuk rombongan di sepanjang jalan yang dilalui rombongan Wapres dari Bandara Utarom Kaimana menuju Taman Jokowi-Iriana.

Agenda utama kunjungan Wakil Presiden Ma’ruf Amin ke Kaimana adalah meresmikan fasilitas Foodcourt UMKM sekaligus menyapa warga Taman Jokowi-Iriana pada Kamis siang.

Selain itu, Wapres juga melakukan pertemuan dengan Pj Gubernur Papua Barat, Paulus Waterpauw, serta seluruh Bupati dan Walikota Papua Barat, Tokoh Adat dan Tokoh Agama di Wilayah Adat Bomberay.

Sebelum melanjutkan kunjungannya ke Biak, Provinsi Papua, Wakil Presiden juga menyerahkan bantuan Baznas ke Masjid Baitul Rahim di Kampung Seram, Kota Kaimana.

Baca Juga: UNESCO Global Geopark Apresiasi Destinasi Wisata Raja Ampat

Pengkhotbah: Evarianus Supar
Penerbit : M Razi Rahman
HAK CIPTA © ANTARA 2022

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button