Berita Wisata

Bupati Mabar mendampingi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam forum Folu Net Sink 2030 di Indonesia

Labuan Bajo, Kominfo Mabar- Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, Dr Ir Siti Nurbaya Bakar melakukan kunjungan kerja ke Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat. Menteri Siti Nurbaya berada di Labuan Bajo dari Selasa (31/01) hingga Kamis (02/02), sesuai dengan program kunjungannya.

Salah satu program yang direncanakan dalam kunjungan kerja Menteri Siti Nurbaya adalah kick off sosialisasi jaringan FOLU di Indonesia tahun 2030. Kegiatan sosialisasi yang berlangsung di ballroom hotel Meruorah ini dilaksanakan pada Rabu (01/02) pagi. Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi tampak setia menemani Menteri Siti Nurbaya di setiap momen kegiatan.

Sebelum membuka kegiatan peluncuran sosialisasi jaringan FOLU 2030 di Indonesia, Menteri Susi mengunjungi booth pameran foto kegiatan FOLU (kehutanan dan penggunaan lahan lainnya) di NTT dan produk UMKM binaan LHK NTT.

Dalam kunjungan ke stan pameran foto, Menteri Siti Nurbaya mendapat penjelasan dari masing-masing pihak yang mewakili taman nasional di wilayah NTT terkait foto-foto yang dipamerkan. Perwakilan Taman Nasional Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Iqbal, misalnya, memberikan penjelasan kepada Menteri Susi terkait banyaknya foto yang dipamerkan yang diambil dari sejumlah lokasi di kawasan taman nasional dari Komodo.

Selain menjelaskan foto-foto tersebut, perwakilan Taman Nasional Komodo Iqbal juga menjelaskan alur operasi pengawasan di Taman Nasional Komodo baik di darat maupun di laut.

Ditanya soal anggaran operasional pengawasan, Iqbal dengan polosnya menjawab sebisanya. Iqbal mengeluhkan terbatasnya anggaran untuk pengawasan. Karena keterbatasan anggaran, pemantauan tidak dapat mencakup Taman Nasional Komodo setiap hari, tetapi pemantauan dilakukan secara berkala.

“Kita menghabiskan anggaran sekitar 1 Milyar untuk jangka waktu 1 tahun. Seluruh anggaran ini digunakan untuk operasional tim patroli. Kami ucapkan terima kasih atas peningkatan anggaran patroli pengawasan ini Ibu Menteri. Karena, masih ada miliar hilang,” jelas Iqbal.

Begitu juga dengan perwakilan taman nasional lainnya di wilayah NTT. Masing-masing memberikan penjelasan kepada Menteri Siti Nurbaya pada foto-foto yang dipamerkan.

Usai mengunjungi stan pameran foto, Menteri Siti Nurbaya mengunjungi stan pameran produk UMKM binaan LHK NTT.

Selain itu, Menteri Susi berkunjung ke Ballroom Hotel Meruorah untuk memberikan sambutan dan pengarahan pembukaan workshop Folu Net Sink dan sosialisasi kegiatan launching di Indonesia tahun 2030 Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi, tetap setia membantu. Senada dengan Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat. (*-Tim IKP Kominfo Mabar)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button