Berita Wisata

Bupati Nina Apresiasi TIOCI Gelar Penanaman Mangrove

DISKOMINFO INDRAMAYU – Bupati Indramayu Nina Agustina Da’i Bachtiar menyambut baik keputusan Toyota Innova OwnersClub Indonesia (TIOCI) melakukan penanaman mangrove bersama pemerintah Kabupaten Indramayu, di Pantai Tambak Raya (PATAYA) Kabupaten Indramayu.

Hal itu disampaikan Bupati Indramayu Nina Agustina saat ramah tamah bersama TIOCI dan tamu lainnya, di Warung Kopi Manis (WKM) Jl Margadadi Desa Pahlawan, Indramayu pada Sabtu (19/11/2022) pagi.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Idramayu Nina Agustina didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Indramayu (DLH), Aep Surahma, dan Ketua Umum TIOCI, Iwan Setiawan saling bertukar kenangan dan melanjutkan penyerahan bantuan kepada aktivis mangrove. .

Penanaman mangrove dilakukan oleh TIOCI dan Pemerintah Kabupaten Indramayu di Pantai Pataya, Kabupaten Indramayu, dalam rangka memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia 2022 yang jatuh pada 28 November sesuai Keputusan Presiden (KEPRES) no. 24 tahun 2008.

Bupati Indramayu Nina Agustina yang dalam sambutannya disampaikan oleh staf ahli kebijakan, hukum, dan pemerintahan dari Sekretariat Daerah Kabupaten Indramayu Sugeng Heryanto mengatakan, pohon memiliki manfaat yang luar biasa bagi lingkungan, bahkan bagi kelangsungan hidup manusia.

“Menanam dan merawat pohon merupakan investasi yang nilainya terus meningkat, oleh karena itu gerakan menanam dan merawat pohon harus menjadi pedoman hidup budaya bangsa yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat serta sebagai bentuk mitigasi dan adaptasi perubahan iklim global,” katanya.

Sugeng menambahkan, Kabupaten Indramayu memiliki hutan mangrove yang luas. Melihat potensi kawasan mangrove tersebut, diperlukan upaya untuk menjaga dan mengembangkannya karena selain mampu mengendalikan abrasi dan menyerap karbon, mangrove juga merupakan penunjang ekowisata kawasan sehingga mendukung peningkatan perekonomian masyarakat. menuju ekonomi Indramayu (Bermartabat) yang Bersih, Religius, Maju, Berkeadilan, Sejahtera dan Hebat.

“Untuk itu, secara pribadi dan Pemerintah Kabupaten Indramayu menyambut baik dan mendukung kegiatan ini dan mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada TIOCI dan semua pihak yang telah berkontribusi mensukseskan kegiatan penanaman pohon sebagai bentuk dukungan mitigasi dan adaptasi perubahan iklim serta kepedulian terhadap lingkungan. masyarakat dalam upaya mengembangkan Pantai Pataya sebagai ekowisata pantai,” tambahnya.

Seperti yang dijelaskan oleh Kepala DLH Kabupaten Indramayu Aep Surahman, ada berbagai manfaat yang diperoleh dari kegiatan tersebut, salah satunya untuk mengedukasi masyarakat tentang mangrove, dimana mangrove merupakan salah satu jenis tumbuhan yang ekosistemnya dipengaruhi oleh iklim laut.

“Dalam kegiatan ini telah ditanam beberapa jenis pohon antara lain pohon bakau dan cemara laut yang akan ditanami 1.000 pohon bakau dan 1.000 pohon cemara laut untuk menghindari abrasi pantai serta peneduh dan penjernih udara, serta mengundang para masyarakat untuk berpartisipasi dalam pemeliharaan dan perlindungan pantai,” jelasnya.

Aep juga mengajak para hadirin untuk bersama-sama menjaga pohon dan menjaga lingkungan untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik di masa depan.
“Mari kita jaga pohon dan lingkungan untuk kehidupan yang lebih baik dan masa depan anak cucu kita, semoga acara ini dapat dijadikan pengingat dan barometer bagi kita semua untuk selalu menjaga tanah air kita, Indonesia khususnya Indramayu, untuk tetap hijau dan asri,” katanya. .

Selain itu, Presiden TIOCI, Iwan Setiawan, menyampaikan rasa terima kasihnya karena organisasi yang dipimpinnya dapat melanjutkan realisasi berbagai kegiatan, terutama kegiatan yang berkaitan dengan pelestarian lingkungan. Melalui kegiatan ini, ia berharap dapat meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat akan pentingnya pemulihan dan pemeliharaan sumberdaya hutan dan lahan melalui kegiatan penanaman pohon.

“Alhamdulillah, setelah pandemi Covid 19 yang semakin membaik, acara ini dapat berlangsung dimana TIOCI ingin memberikan kontribusi walaupun sedikit kepada lingkungan melalui kegiatan penanaman mangrove dan semoga bermanfaat bagi ekosistem pesisir Pantai Pataya,” ujarnya. dikatakan. (MTQ—Tim Publikasi Diskominfo Indramayu)

Tampilan postingan: 2

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button