Berita Wisata

Bupati NTT Manggarai Barat Sorot Manfaat Digitalisasi Desa Wisata – ANTARA News Mataram

Labuan Bajo (ANTARA) – Bupati Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) Edistasius Endi menyoroti pemanfaatan teknologi digital atau digitalisasi di desa wisata untuk meningkatkan kunjungan wisatawan dan meningkatkan perekonomian desa.

“Seluruh potensi desa dapat dikelola secara digital sehingga dapat diakses lebih luas oleh masyarakat, khususnya yang ingin berkunjung ke Manggarai Barat,” kata Bupati Edistasius di Labuan Bajo, Senin.

Dikatakannya, Pemkab Manggarai Barat saat ini sedang fokus pada pembangunan infrastruktur, baik jalan maupun sarana komunikasi menuju desa wisata.

Oleh karena itu, Bupati yang akrab disapa Edi Endi ini mendorong partisipasi aktif Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) untuk memanfaatkan perkembangan yang ada guna meningkatkan perekonomian desa.

Desa wisata Manggarai Barat, lanjutnya, memiliki berbagai daya tarik, baik wisata alam, budaya, kuliner, maupun kerajinan tangan. Selain itu, aktivitas sosial warga sehari-hari dapat dikonsolidasikan menjadi daya tarik wisata. Selain itu, kata dia, Pokdarwis dan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dapat bersinergi memanfaatkan teknologi digital yang ada untuk menjual paket wisata kepada masyarakat.

Bupati mengatakan, mempromosikan desa wisata dengan dukungan digitalisasi akan memudahkan desa tersebut. “Desa wisata harus memaksimalkan penggunaan teknologi untuk mempromosikan potensi desanya,” ujarnya.

Beberapa waktu lalu, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) melalui Direktorat Ekonomi Digital membantu dua desa wisata di Manggarai Barat untuk mengadopsi teknologi digital di sektor pariwisata.

Di desa Liang Ndara dan Batu Cermin, Kemenkominfo memberikan pendampingan dalam pembuatan konten wisata seperti desa wisata dan adopsi teknologi digital, penggunaan media sosial dan pembuat kontenfotografi dan videografi, gunakan dengungpromosi desa wisata, analisis instagram, bercerita dan menulisserta tur virtual.

Manajer Komunikasi dan Informasi Kabupaten Manggarai Barat Paulus Setahu mengatakan, Pemkab Manggarai Barat ingin memaksimalkan penggunaan teknologi digital untuk membantu usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di desa-desa wisatawan untuk memasarkan produknya secara online.

Baca Juga: DBS Tingkatkan Literasi Digital dan Keuangan untuk Cegah Ketimpangan
Baca juga: Polres Sumbawa Barat imbau jajarannya manfaatkan digitalisasi

Menurutnya, ekonomi berbasis digital atau perdagangan elektronik juga memiliki potensi ekonomi yang tinggi dan dapat dimanfaatkan oleh desa wisata di Manggarai Barat.

“Semoga desa wisata memiliki kemampuan mengadopsi teknologi digital yang mumpuni untuk mengembangkan dan meningkatkan promosi wisata desa wisata di destinasi wisata super prioritas ini,” harap Paulus.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button