Berita Wisata

Bupati Solok berharap Gowes Salingka Danau dan Festival Kesenian bisa mendongkrak pariwisata

Solok (ANTARA) – Bupati Solok Epyardi Asda berharap event Salingka Danau Tourism Gowes dalam rangka memperingati Youth Engagement Day 28 Oktober 2022 dapat mendongkrak pariwisata di Alahan Panjang Resort.

Acara Gowes Salingka Danau merupakan acara perdana sekaligus jejak dari acara wisata Singkarak yang semakin memperindah tamasya sambil bersepeda menikmati alam Kabupaten Solok.

Acara ini berkolaborasi antara seni, UKM Bazaar dan ekonomi kreatif dan bersepeda.

Acara ini mengambil timing dari Youth Engagement Day ke-94, dengan harapan semangat Youth Engagement menjadi inspirasi kebangkitan pariwisata Kabupaten Solok untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

Kegiatan tersebut berlangsung selama dua hari mulai 29 Oktober hingga 30 Oktober 2022 kemarin.

Kegiatan tersebut juga didukung oleh pejabat daerah terkait seperti Dinas Kominfo, Dinas Kesehatan, Satpol PP dan Pemadam Kebakaran, Dinas KUKMKPP, Dinas Perhubungan, Dinas Lingkungan Hidup, Kecamatan Lembah Gumanti, Kecamatan Danau Kembar, Bagian Setda dan Gumanti serta Polisi Twin Lakes Valley, organisasi RAPI.

Kegiatan ini juga dapat disponsori oleh perusahaan publik dan perusahaan di Solok seperti Bank Nagari, Mandiri, BRI, BPJS Kesehatan.

Bupati Solok Epyardi Asda juga mengapresiasi panitia dan semua pihak yang telah berusaha dan bekerja keras selama dua bulan terakhir untuk mempersiapkan acara Gowes Salingka Danau.

Meski masih ada kekurangan dalam persiapannya, Epyardi berharap acara yang berlangsung selama dua hari ini dapat berjalan dengan lancar dan semarak.

Ia mengatakan acara ini bertujuan untuk menarik wisatawan ke Alahan Panjang Resort,

Yang akan berdampak pada sektor ekonomi masyarakat Alahan Panjang, dan mungkin ada investor yang mau bekerjasama dengan pemerintah setempat, untuk membangun dan mempercantik tampilan tempat wisata seperti Danau Diatas, Danau Bawah dan Danau Talang.

Terkait hal itu, Bupati Solok juga menginginkan agar kesenian anak-anak Nagari dibina dengan membentuk dewan kesenian yang melapor ke Badan Pariwisata.

Ia menginstruksikan instansi terkait untuk menerbitkan surat edaran yang berisi himbauan kepada seluruh Nagari Wali di Kabupaten Solok agar menganggarkan dana untuk pengembangan seni anak Nagari.

“Kesenian kita tidak kalah dengan daerah lain. Kita harus serius melatih anak-anak muda kita, agar nanti yang tampil benar-benar siap dan orang-orang yang baik,” ujarnya.

Akhir kata Epyardi berharap kedepannya untuk event-event besar seperti Gowes Salingka Danau pihak terkait harus benar-benar siap dan matang, jika berhasil akan berdampak positif baik dari segi promosi daerah, promosi pariwisata, promosi UKM dan seni.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button