Berita Wisata

Bupati Suwirta: Destinasi di Nusa Penida disiapkan secara maksimal

Jakarta (ANTARA) – Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta mengatakan destinasi kepulauan Nusa Penida Klungkung disiapkan secara optimal karena menawarkan pemandangan alam yang indah untuk dinikmati wisatawan.

“Slogan Nusa Penida yakni The Blue Paradise Island kini terus diasah sebagai salah satu kawasan wisata Klungkung. Slogan tersebut merujuk pada keindahan alam bawah laut dan keindahan alam yang eksotis. Hanya saja belum semuanya demikian. tertata dengan baik sehingga Pemkab Klungkung berencana melakukan penataan objek wisata secara masif,” kata Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, Senin.

Destinasi yang bisa dikunjungi adalah Tanjung Juntil, Pantai Atuh, Pantai Intan, Molenteng, Bukit Teletabis, Pantai Banah/Batu Ring, Pantai Tembeling, Pantai Kelingking, Pantai Lumangan, Pantai Buaya atau Pantai Pandan, Teluk Armtung, Broken Beach atau Pasih Uug . dan Angel Billabong.

Baca Juga: Batur Georpark Salah Satu Destinasi Wisata Favorit Bali
Baca Juga: Kunjungan Wisatawan Mancanegara ke Tempat Wisata Ulundanu Bedugul Bali Meningkat

“Tahun 2022, semua destinasi di Nusa Penida sudah disiapkan secara optimal. Bersama Baperlitbang, Dinas Pariwisata, PUPR, saya turun langsung memantau sistem integrasi dari Nusa Penida menuju One Gate One Destination atau Satu Gerbang Satu Destinasi.” ujar Bupati Suwirta.

Kegiatan yang harus dilakukan adalah menyelam. Nusa Penida sangat kaya akan tempat menyelam. Saat menyelam di taman laut, wisatawan bisa berkenalan dengan salah satu spesies laut besar, yaitu ikan pari yang sering disebut manta. Ikan ini dikenal bersahabat dengan para penyelam.

“Tempat menyelam favorit saya adalah Crystal Bay yang memiliki air jernih dan ombak yang tenang. Crystal Bay semakin memikat dengan banyaknya ikan bluegill atau ikan bluegill yang biasanya muncul pada bulan Juli hingga Oktober. Perkenalkan berbagai jenis biota laut seperti penyu, ikan badut dan berbagai spesies lainnya juga akan menambah pengalaman tersendiri,” kata Suwirta.

Baca juga: Ubud adalah kota terbaik di dunia berkat ini

Pemandangan Nusa Penida tidak hanya pantai, karang dan laut, ada juga bukit-bukit yang keren karena pemandangannya yang tidak biasa. Salah satunya adalah Pantai Klingking, yang menempati peringkat kesembilan dalam daftar pantai terbaik Asia versi CNN Travel dan juga dinobatkan sebagai pantai terbaik ke-19 di dunia oleh platform perjalanan Trip Advicer.

“Bila objek wisata di Nusa Penida dikelola dengan baik, maka biaya retribusi di pelabuhan tidak perlu lagi, tetapi harga tiket masuk ke suatu tujuan akan dikenakan biaya,” katanya.

Nusa Penida dinobatkan sebagai tujuan wisata terbaik dunia untuk backpacker tahun 2020 oleh Hostelworld, platform pemesanan hostel yang berbasis di Dublin, Irlandia. Nusa Penida sudah mendapatkan banyak penghargaan, sehingga harus dikelola secara profesional.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button