Berita Wisata

Bupati Zahir Sebut Batubara Punya Wisata Kuliner

centralnews|Batubara~ Bupati Batubara, Zahir, mendukung penuh pelaksanaan Ekspedisi Geopark Kaldera Toba, 4-7 Februari 2023 oleh Persatuan Media Siber Indonesia (WSIS) Sumut dalam rangkaian Hari Pers Nasional 2023 (HPN).

Menurut Zahir, pers merupakan mitra strategis yang sangat diperlukan dalam mempublikasikan dan menginformasikan program kerja pembangunan Kabupaten Batubara kepada masyarakat pada umumnya dan masyarakat Kabupaten Batubara pada khususnya.

Demikian disampaikan Zahir saat menerima kunjungan Pengurus WSIS Sumut dan WSIS Kabupaten Batubara di Kantor Bupati, Kecamatan Sei Suka, Tanjung Gading, Kabupaten Batubara, Sumut, Sabtu (28/2).

“Kami menyadari pers berperan ketika ingin mempublikasikan perkembangan pembangunan di Kabupaten Batubara, maka Bupati I sangat mendukung pelaksanaan Ujian Kemampuan Wartawan (UKW) yang dilakukan Dewan Pers. Pemkab Batubara mewujudkan UKW, tujuannya agar wartawan Pemkab Batubara semakin maju dan profesional dalam bekerja,” ujarnya.-tegasnya.

Meski demikian, Zahir mengaku tidak anti jurnalistik dan terbuka untuk komentar dan kritik yang membangun. “Jurnalis juga harus bisa mencari narasumber agar informasi yang disampaikan tidak hoax dan bisa diperhitungkan,” ujarnya.

Dalam Ekspedisi Geopark Kaldera Toba yang akan dipimpin WSIS Sumut, Zahir berharap seluruh jurnalis Indonesia peserta rangkaian HPN 2023 dapat menikmati keindahan wisata alam Danau Toba. “Termasuk objek wisata lainnya, diharapkan potensi pariwisata Sumut khususnya kawasan Danau Toba bisa semakin tinggi di dalam dan luar negeri.”

“Apa saja yang dibutuhkan dalam kegiatan ini akan saya koordinasikan dengan WSIS Kabupaten Batubara,” ujarnya seraya menyebutkan Kabupaten Batubara juga memiliki destinasi wisata kuliner yang patut diekspos.

Sementara itu, Ketua WSIS Sumut, Eris J. Napitupulu yang juga Ketua Panitia HPN 2023 WSIS Sumut menyampaikan rasa terima kasihnya karena diterima langsung oleh Bupati di Rumah Dinas.

Erris menjelaskan, Sumut sebagai tuan rumah HPN 2023 WSIS menyelenggarakan Ekspedisi Geopark Kaldera Toba, dimana agenda tersebut merupakan kegiatan utama event tahun ini.

“Selain itu, kami juga akan mengadakan gathering berskala nasional yang akan dihadiri oleh para pemilik media online dari seluruh Indonesia Februari 2023,” kata Erris.

Wartawan senior dari Kantor Gubernur Sumut ini juga memaparkan status pelaksanaan HPN WSIS 2023. Diantaranya penyiapan titik kunjungan wisata di Kabupaten Tapanuli Utara, Samosir, Pematang Siantar dan Serdang Bedagai.

“Sekitar 200 perwakilan pemilik media akan ikut serta menggali potensi wisata ekspedisi Geopark Kaldera Toba. Ini untuk menjaga Kaldera Toba agar tetap diklasifikasikan sebagai kekayaan alam dunia oleh UNESCO”, ungkapnya.

Kegiatan ini, lanjut Erris, harus menarik perhatian dunia internasional terhadap potensi alam Sumut. “Dunia akan melihat betapa luar biasa kekayaan alam kita (Sumatera Utara). Negara asing akan melihat, kita tidak hanya memiliki Bali, Lombok dan potensi daerah lain. Terutama Danau Toba, pemerintah memilikinya. dinyatakan super destinasi wisata prioritas,” katanya.

Dalam rangkaian kegiatan HPN 2023 WSIS Sumut, lanjut Erris, juga akan diberikan hadiah berupa penghargaan kepada sejumlah pimpinan daerah, termasuk BUMD di Sumut.

“Pada tanggal 7 Februari 2023, WSIS juga akan menyerahkan bingkisan berupa penghargaan kepada sejumlah kepala daerah dan 2 (dua) BUMD milik Pemprov Sumut,” jelas Erris yang didampingi anggota dewan Pemprov Sumut. WSIS Sumut, Rony. Purba, Bendahara Agus S. Lubis dan Wakil Ketua Divisi OKK Irwan Manalu, Ketua WSIS Coal District Yaser Hambali dan Sekretaris Fadzlan.

Turut hadir mendampingi Bupati Pemkab Batubara, Asisten III Renold Asmara AP SH, Kepala Pembagpem Muhammad Yasir, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Edwin AS.

Di akhir pertemuan, Bupati Batubara juga menyerahkan plakat kepada Presiden WSIS Sumut, Erris J Napitupulu untuk mengenangnya. (SB/01)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button