Berita Wisata

Bus wisata Semarang memasuki Ngarai Gunung Lawu

7 orang meninggal

Minggu: 4 Desember 2022: 21:22:07


Bus wisata terguling di tebing Gunung Lawu (Foto: IN/fin)

INFOnews.en | Magetan – Sekitar 10 menit sebelum memasuki objek wisata Telaga Sarangan, Magetan, Jawa Timur, sebuah bus wisata PO Semeru Putra Transindo jatuh ke tebing Gunung Lawu, Minggu (12/4/2022).

Akibatnya, kecelakaan tunggal ini menewaskan hingga 7 orang, termasuk sopir bus. Sedangkan 32 penumpang bus lainnya luka-luka, termasuk 3 anak-anak.

Badan bus bernomor H 1470 AG rusak parah di dasar jurang sedalam 31 meter, tersangkut di batang pohon. Termasuk, berbagai barang pribadi penumpang yang awalnya melakukan perjalanan ke Telaga Sarangan, berserakan.

Sejumlah penumpang yang selamat mengatakan rombongan 50 orang berangkat dari Semarang di Jawa Tengah dengan tujuan melakukan perjalanan melalui daerah pegunungan.

Wisatawan domestik memilih dua wisata alam pegunungan yang terletak di punggung Gunung Lawu. Yakni, Tawang Mangu di wilayah Karang Anyar Jawa Tengah dan Telaga Sarangan di wilayah Magetan Jawa Timur.

Sebelum kejadian akhirnya terjadi di titik sekitar 1 kilometer di atas Telaga Sarangan di Dusun Mojosemi, Desa Sarangan, sebelum bus berhenti di Tawang Mangu.

Sesaat kemudian, bus yang dikemudikan Mohamad Barliyan, (52), warga Desa Pejaringan, Kemijen, Semarang, melanjutkan perjalanan ke Telaga Sarangan sebagai tujuan akhir wisata.

“Kita istirahat dua kali. Pertama di rest area Ungaran dan SPBU Karang Anyar. Terus kita lanjut ke Tawang Mangu. Pas mau lanjut ke Sarangan, busnya kandas,” kata seorang penumpang.

Menurut seorang sumber di kepolisian setempat, kecelakaan itu terjadi akibat kurang hati-hatinya pengemudi bus yang mengemudikan kendaraannya. “Jadi saat jalan menurun seharusnya pengemudi belok kiri. Tapi malah lurus hingga menabrak pagar pembatas dan masuk jurang,” kata polisi.

Polisi dibantu PMI, BPBD, relawan dan masyarakat sekitar mengevakuasi para korban. Korban meninggal dibawa ke kamar mayat dr Sayidiman, Magetan.

Di rumah sakit yang sama, para korban luka mendapat perawatan medis.

Untuk mengetahui penyebab pasti kecelakaan itu, polisi setempat masih melakukan penyelidikan. Beberapa saksi mata yang mengetahui kejadian itu juga dimintai keterangan oleh polisi. Termasuk penumpang bus yang selamat. (rendah/akhir/merah)

infonews.id tidak bertanggung jawab atas isi komentar tertulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pemberi komentar sebagaimana diatur dalam undang-undang ITE

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button