Berita Wisata

Butuh terminal transit bus wisata untuk menuju tempat wisata

YOGYAKARTA, KOMPAS.com – Banyak orang mencari tempat wisata yang masih asri seperti pantai, bukit dan gunung. Tempat-tempat tersebut menjadi destinasi favorit para wisatawan karena dapat membuat pikiran menjadi lebih tenang.

Sayangnya, untuk bisa mencapai tempat-tempat tersebut biasanya harus melalui jalan yang sempit dan terjal, bahkan terkadang tidak bisa diakses menggunakan bus wisata.

Oleh karena itu, Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) menyarankan agar setiap tempat wisata yang akses jalannya sulit membutuhkan terminal transit bus wisata.

Baca Juga: 7 Orang Tewas Setelah Bus Wisata Terjun ke Jurang di Jalan Sarangan-Tawangmangu

Bus wisata PO Sumex 97 Dermaga. Bus Wisata Hino PO Sumex 97

Ketua Penyidik ​​Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Achmad Wildan mengatakan, banyak ruas jalan di objek wisata yang berisiko tinggi dilewati bus wisata dan harus diperhatikan pemerintah.

“Biasanya supir bus mengandalkan peta untuk mencari rute menuju lokasi wisata, dan di peta tidak ada informasi lengkap mengenai lebar jalan dll, sehingga menjadi berbahaya ketika jalan kecil dilintasi bus besar,” kata Wildan di depan umum. . Forum Relasi dan Siaran Pers “Keselamatan Bus Wisata di Indonesia (Studi Kasus Kecelakaan Bus Wisata di Tebing Bego Bantul)”.

Dia mengatakan pemerintah; baik Otoritas Perhubungan maupun pemerintah daerah harus melakukan pemetaan jalan untuk menentukan lokasi terminal transit.

Baca Juga: Pentingnya Memastikan Bus Wisata Memiliki Izin

Bus wisata baru PO VircansaDERMAGA. LAKSANABUS Bus wisata baru PO Vircansa

“Dengan melakukan survei akan diketahui jalan mana saja yang masih bisa ditoleransi untuk dilalui bus besar, nah terminal transit ini diperlukan untuk menghindari peluang terjadinya kecelakaan lalu lintas akibat medan jalan,” kata Wildan.

Dikatakannya, dengan adanya terminal transit, akses menuju lokasi wisata yang tidak dapat dijangkau oleh bus pariwisata dapat dialihkan dengan moda transportasi lain yang lebih kecil dan berisiko lebih rendah.

Dengan demikian, terminal transit di suatu objek wisata memiliki fungsi yang cukup penting, diharapkan terminal transit ini disediakan untuk setiap objek wisata yang memiliki akses jalan yang tidak memadai.

Dapatkan pembaruan berita terpilih dan berita Baru setiap hari di Kompas.com. Yuk gabung di grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link lalu gabung. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button