Tempat Wisata

BUYUK HARBOR Pintu masuk surga wisata Nusa Penida Februari 2023

BUYUK HARBOR Pintu masuk surga wisata Nusa Penida Februari 2023

Harga Tiket Masuk Pelabuhan Buyuk: 0-Rp 200.000. Jam buka: 06.00-18.00 WITA. Nomor telepon : -. Alamat / Tempat : Jl. Nusa Indah No.53, Kutampi Kaler, , Nusa Penida, Klungkung, Bali, Indonesia, 80771.

Nusa Penida sebenarnya hanya sebuah pulau kecil di kawasan Bali. Namun berkat keindahannya, saat ini menjadi tujuan wisata yang sangat populer. Di pulau ini terdapat sebuah pelabuhan utama bernama pelabuhan Buyuk. Pelabuhan ini sangat ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Pelabuhan Buyuk adalah dermaga tempat kapal RoRo dan feri berlabuh. Dari Bali, rute melayani tujuan ke Kusamba, Padangbai, Serangan dan Sanur. Selain itu juga dilayani rute Lombok seperti Gili Gede, Gili Trawangan, Bangsal dan Gili Air yang lokasinya sendiri tepat berada di bagian utara pulau Nusa Penida.

Harga tiket penyeberangan dari Sanur ke Pelabuhan Bunyuk

Harga tiket ferry dari Sanur ke Pelabuhan Buyuk bervariasi. Pengunjung biasanya ramai menggunakan jasa fast boat. Kalau promosi, harga tiket bisa lebih murah. Berikut harga yang disepakati Asosiasi Kapal Cepat Sanur sejak 7 September 2022.

Harga tiket speedboat dari Sanur ke Pelabuhan Bunyuk
Lokal 100.000
Luar negeri 200.000

Baca: PANTAI BERLIAN Nusa Penida Daya Tarik yang Mempesona

jam buka

Dibutuhkan sekitar 45 menit dari Pelabuhan Sanur ke Pelabuhan Buyuk kapal cepat. Penyeberangan Sanur – Büyük biasanya dimulai pada pukul 8 pagi. Untuk rute Büyük – Sanur, pemberangkatan dilakukan pada pukul 16.30. Namun, jadwal keberangkatan dapat berubah tergantung kondisi cuaca.

Jam operasional pelabuhan Buyuk
Sehari-hari 06.00-18.00 WITA

Daya tarik pelabuhan Bunyuk

Padahal, fungsi utama dermaga ini adalah untuk sandar kapal dari Sanur. Namun jangan salah, dermaga ini juga memiliki daya tarik tersendiri. Mulai dari jembatan unik hingga pantainya. Tak heran jika cukup banyak pengunjung yang berlabuh di dermaga ini dan berfoto.

Pintu masuk pelabuhan Buyuk ke Nusa Penida

Tidak dipungkiri Pulau Nusa Penida memiliki beberapa tempat wisata yang indah. Maka tidak heran jika nama Nusa Penida juga dikenal di luar negeri. Sebut saja Bukit Teletubbies, Angel Billabong, beserta deretan pantai di Nusa Penida. Destinasi yang sudah disebutkan sangat populer di kalangan anak muda.

Pelabuhan Buyuk merupakan pintu masuk dan keluar bagi wisatawan. Sehingga setiap hari operasional penyeberangan hampir tidak pernah berhenti.

Baca: Tiket & Aktivitas CRYSTAL BAY Nusa Penida

pantai yang indah

Pantai di kawasan Pelabuhan BuyukPantai di kawasan Pelabuhan Buyuk ini sangat menawan. Foto: Google Maps/Dian Eka Puspitasari

Pantai yang indah, bersih, dan jarang tercemar terbentang di sekitar pelabuhan. Dihiasi pasir bersih berwarna coklat susu. Di perairan dangkal dekat pantai, pengunjung bisa menghabiskan waktu dengan berenang. Air laut memantulkan warna biru jernih, mengundang untuk berenang atau sekedar bersantai menghadap ke laut.

Tempat yang bagus untuk bersantai

Tempat bersantai di pelabuhan BuyukTempat bersantai di pelabuhan Buyuk. Foto: Google Maps/Hanks Wu (Kiamat)

Banyak turis asing yang berkunjung ke Pelabuhan Buyuk jatuh cinta dengan pantainya. Sering dijumpai turis asing berjemur di bawah sinar matahari. Tak sedikit pula wisatawan yang mengajak anaknya bermain pasir. Di pantai pelabuhan Büyük juga bisa menjadi tempat piknik keluarga.

Baca: Manta Point Nusa Penida Melihat Ikan Pari di Habitat Aslinya

Surga bagi pecinta snorkeling dan diving

Nusa Penida sudah lama dikenal memiliki bintik-bintik Menyelam dan snorkeling terkenal di Bali. Dan wisatawan bisa melakukan aktivitas laut tersebut di dekat pelabuhan ini. Pengunjung bisa merasakan serunya snorkeling di perairan dangkal. Ombak air yang tenang juga mendukung kegiatan snorkeling dan diving.

Lautan di Pelabuhan Buyuk memiliki berbagai macam biota laut yang menghiasi biota lautnya. Ada belut moray, belut besar yang habitatnya di celah-celah karang. Ada juga mola-mola, spesies ikan yang sudah ada sejak zaman dahulu. Dan tentunya masih banyak spesies makhluk laut lain yang menarik untuk dijelajahi di sana.

jembatan ponton

Jembatan ponton di pelabuhan BuyukJembatan ponton di pelabuhan Buyuk. Foto: Google Maps/Dian Eka Puspitasari

Jembatan ponton merupakan jembatan terapung yang menjorok ke laut. Itu juga berfungsi sebagai pangkalan kecil untuk kapal. Jembatan ponton yang dibangun di Pelabuhan Buyuk berfungsi sebagai jalan setapak. Kehadiran jembatan ponton membuat para tamu tidak perlu kebasahan saat menaiki kapal.

Menjadi pangkalan multi-kapal

Kapal di pelabuhan BuyukBeberapa kapal berlabuh di pelabuhan Büyük. Foto: Google Maps/James Oahuwaii

Beberapa perahu atau perahu nelayan berlabuh di pelabuhan Buyuk. Diantaranya kapal dari PT Caspla Bali, Yamuna Express, Wijaya Buyuk dan Gangga Express. Beberapa kapal roro dari Pelabuhan Padang Bai juga sering singgah di Pelabuhan Buyuk.

Dekat dengan restoran

Berbagai restoran yang pengunjung dapat temukan di kawasan pantai dekat pelabuhan. Mulai dari warung, rumah makan hingga rumah makan minang. Banyak warung yang menyajikan makanan khas Bali Nusa Penida. Pengunjung Muslim tidak perlu khawatir karena banyak warung makan juga menawarkan menu halal.

Dekat properti

Bicara soal akomodasi bagi pengunjung Nusa Penida, ada banyak pilihan. Setelah turun di Pelabuhan Buyuk, wisatawan bisa menyusuri Jalan Nusa Indah. Ada banyak homestay yang bisa disewa pengunjung dengan budget di bawah 200.000 per malam. Tersedia juga bungalow, hotel, resort, cottage, villa dengan harga yang berbeda-beda.

Peralatan lengkap dan pelayanan yang baik

Fasilitas cukup lengkap dan bersih. Di Pelabuhan Buyuk, pengunjung dapat dengan mudah menemukan persewaan sepeda motor seharga Rp 70.000 per hari. Toilet hanya tersedia untuk satu kali pembayaran sebesar 2.000. Tempat parkir yang luas membuat pengunjung merasa lega.

Kemudian terdapat ruang tunggu yang nyaman bagi pengunjung. Pelayanan awak kapal cukup baik dimana mereka selalu berusaha tepat waktu untuk pemberangkatan. Jangan lupa untuk memastikan keselamatan penumpang sampai tujuan.

Lokasi

Pelabuhan Buyuk terletak di Jl. Nusa Indah No.53, Kutampi Kaler, Kec. Nusa Penida. Dan masih termasuk Kabupaten Klungkung, Bali (80771). Penyeberangan dari Pelabuhan Sanur ke Pelabuhan Buyuk menempuh perjalanan laut sejauh 25 km. Penyeberangan bisa dilakukan dengan speedboat.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button