Berita Wisata

Camat Darmaraja: Tempat wisata lestari masih berkait dengan budaya

SUMEDANGONLINE – Camat Darmaraja, Widodo Heru P, saat menjadi salah satu narasumber dalam acara Teras Pendopo Darmaraja, mengungkapkan pendapatnya bahwa rata-rata sejumlah tempat wisata bisa bertahan (survive) masih terikat budaya.

“Terikat budaya, jadi mereka konsisten. Pengunjung tidak pernah sepi, karena ada yang bisa dilihat,” kata Camat Darmaraja.

Ia mengatakan ketika orang lain berbicara tentang milenial, digital, dan beberapa di antaranya mempertahankan keaslian budayanya sehingga membuat pengunjung penasaran.

“Selain mengikuti era milenium, kita masih melihat budayanya. Itu harus dilestarikan,” ujarnya.

Dikatakannya, terkait pengembangan potensi seni dan budaya di Darmaraja, camat telah menyampaikannya kepada para seniman, salah satunya dengan mengadakan Teras Pendopo Darmaraja. Sebagai tempat pelatihan dan pendidikan pementasan bagi para seniman.

“Nanti kami jadwalkan seni budaya Kabupaten Sumedang tampil setiap malam minggu di sini di Teras Pendodo Darmaraja. Yang kami undang bukan hanya teman-teman yang hadir serentak, tanpa undangan, tapi nanti akan kami perkenalkan lebih lanjut. Misalnya para mahasiswa sehingga mereka adalah generasi penerus untuk kelangsungan budaya ini. Bisa menjaga budaya ini,” jelasnya.

Tak hanya itu, kata Camat, Teras Pendopo Darmaraja juga harus bisa mengundang budayawan dan seniman.

“Kenapa, karena menurut agama sanadnya harus jelas. Jadi tentang budaya sunda misalnya seperti apa keceriaan itu. Agar tidak salah dalam memperkenalkannya, harus ada ahlinya, agar karakter seni gambus tetap terjaga,” ujarnya. ***

WARTAWAN

: Fitriyani Gunawan

EDITOR

: Fitriyani Gunawan

KREDIT FOTO

: Kosam Darusman

NAIK

: Minggu 11/12/2022 15:56

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button