Tempat Wisata

Candi Abang Yogyakarta: HTM, lokasi dan daya tarik wisata

Candi Abang Yogyakarta merupakan tempat wisata yang dibangun di atas kawasan perbukitan. Perbukitan di destinasi-destinasi tersebut kerap menjadi spot epic untuk selfie bersama pasangan, sahabat, dan keluarga.

Berbeda dengan bangunan candi pada umumnya yang memiliki bentuk arsitektur kuno yang seolah memberi tahu dunia bahwa ada peradaban di masa lalu, tidak ada bangunan utuh di candi Abang ini.

Bangunannya sendiri telah runtuh, hanya menyisakan reruntuhan lukisan batu. Meski tidak ada bangunan fisik yang lengkap seperti candi pada umumnya, tempat ini tetap menjadi tujuan wisata yang unik dan menarik karena pemandangan puncak bukitnya.

Yuk simak ulasan lainnya tentang tempat wisata ini!

Alamat dan akses ke situs

Terletak di Desa Jogotirto yang masuk dalam wilayah Kecamatan Berbah, Kabupaten Sleman, DKI Yogyakarta.

Tempat wisata ini dapat diakses dengan kendaraan baik sepeda motor maupun mobil dengan jarak tempuh sekitar 16 kilometer dan dapat ditempuh dalam waktu sekitar 40 menit hingga satu jam, tergantung kondisi jalan.

Akses menuju objek wisata cukup mudah, melalui Jl. Jogja menuju Wonosari, selanjutnya Anda akan bertemu dengan pertigaan Piyungan dan belok kiri tepatnya ke utara untuk menuju jalur Prambanan-Piyungan.

Setelah itu anda tinggal mengikuti petunjuk jalan yang ada di papan penunjuk jalan dan anda akan melihat papan petunjuk yang bertuliskan Candi Abang.

Tiket masuk dan jam buka

Untuk objek wisata candi terkenal yang menghadap ke bukit ini, tiket masuknya dikenakan biaya Rp 5.000 per orang. Tentu bukan harga yang mahal untuk menikmati pemandangan yang indah.

Jadwal pembukaan atau jam operasionalnya adalah dari pukul 07.00 hingga 18.00 waktu setempat.

daya tarik

Destinasi wisata candi di Sleman ini memiliki daya tarik yang luar biasa, meski secara fisik bangunannya sudah tidak utuh lagi. Berikut daftar hal-hal unik yang berhasil menarik wisatawan!

1. Tempatkan foto

Seperti yang sudah dijelaskan di awal artikel ini, daerah perbukitan menjadi salah satu faktor yang menarik wisatawan untuk berkunjung ke tempat wisata ini.

Anda dapat mengambil banyak foto dengan area berumput hijau di sekitar area candi. Meski begitu, atraksi gundukan ala film Teletubbies ini sebenarnya menjadi spot foto yang diincar oleh sepasang kekasih dan calon pengantin untuk masa prewedding.

2. Pelajari tentang peninggalan sejarah

Candi peninggalan zaman Kerajaan Mataram ini ditemukan sebagai salah satu situs sejarah yang berasal dari abad ke-9 dan berakhir pada abad ke-10. Sangat kaya akan peninggalan sejarah.

Begitu juga dengan namanya yaitu Abang yang berasal dari batu bata merah. Diketahui bangunan candi dibangun dari batu bata merah, oleh karena itu disebut Abang atau merah.

3. Mitos

Atraksi berikutnya adalah menyebarnya mitos di masyarakat bahwa di Candi Abang terdapat harta karun yang digali oleh oknum pemburu harta karun pada tahun 2002 silam.

Tentu saja kabar tentang harta karun itu hanyalah rumor yang belum bisa dibuktikan kebenarannya. Meski demikian, mitos ini masih diperdebatkan oleh banyak orang.

4. Bukit Teletubies

Pernahkah Anda mendengar tentang Bukit Teletubbies? Biasanya para penggemar serial Teletubbies mengetahui suasana perbukitan yang hijau.

Anda juga bisa melihat area berumput di atas bukit di tempat wisata candi di Yogyakarta ini. Pantas saja tempat ini menjadi spot paling digemari anak muda, meski bangunan candi sudah tidak utuh lagi.

fasilitas penunjang pariwisata

Fasilitas penunjang di lokasi candi wisata ini bisa dibilang kurang lengkap. Hanya ada tempat parkir, papan informasi dan toilet. Meski fasilitas terbatas, destinasi wisata ini akan terus berkembang seiring berjalannya waktu dan tidak menutup kemungkinan fasilitas pendukung akan terus ditingkatkan.

Serangkaian kegiatan menarik

Selain daya tariknya, Candi Abang juga menawarkan sejumlah aktivitas menarik yang bisa dilakukan bersama keluarga dan pasangan. Ini detailnya!

1. Piknik

Siapa yang tidak tahu tentang piknik? Kegiatan ini biasanya satu paket dengan kegiatan berkemah atau membangun tenda. Namun, sebaiknya Anda tidak mendirikan tenda di atas bukit ini karena dapat merusak tanah.

Namun tak perlu bersedih, karena momen piknik bersama keluarga dan pasangan tak kalah menyenangkannya saat memandang pemandangan indah mempesona dari atas bukit. Anda bisa berkreasi dengan kegiatan piknik ini dengan membawa makanan dan minuman, tikar untuk duduk bersila, dan lainnya.

Namun, jangan lupa untuk mengurus pembuangan limbah. Jangan membuang sampah sembarangan dan pastikan sampah bekas pakai dibersihkan sebelum meninggalkan tempat wisata.

2. Pemotretan

Kegiatan seru lainnya adalah berfoto untuk foto keluarga, foto bersama teman sekelas, dan lainnya. Anda dapat mengunggah foto ke halaman media sosial Anda masing-masing!

Apalagi jika Anda menggunakan kamera berkualitas tinggi, hasil fotonya akan luar biasa karena menampilkan tampilan cloud yang estetis. Jika ingin membuatnya lebih keren, Anda bisa menambahkan efek atau filter yang bisa meningkatkan hasil.

3. Wisata Sejarah

Meskipun tidak terbuat dari batuan andesit (batuan vulkanik) atau letusan gunung berapi yang masif. Sisa-sisa bangunan candi bata merah ini konon memiliki nilai seni yang tinggi.

Bebatuan yang terbentuk dari bata merah objek wisata ini akhirnya menjadi daya tarik tersendiri sebagai warisan budaya sejarah dengan keunikan tersendiri.

Gundukan reruntuhan candi yang tersisa di atas bukit memiliki sejarahnya sendiri, sehingga penggemar sejarah bisa datang langsung ke lokasi dan menikmati liburan santai sendiri atau bersama keluarga.

Tips mengunjungi Candi Abang

Ada beberapa tips singkat yang perlu diperhatikan saat mengunjungi destinasi wisata candi ini. Yuk simak detailnya di bawah ini!

1. Datanglah di akhir pekan

Waktu liburan terbaik adalah di akhir pekan, karena Anda tidak perlu melewatkan pekerjaan atau aktivitas penting lainnya.

2. Siapkan kamera

Tidak lengkap rasanya jika lupa membawa kamera. Namun, jika Anda tidak memilikinya, jangan khawatir karena Anda dapat menggunakan kamera smartphone atau fungsi efek dari aplikasi Instagram.

3. Jangan merusak

Hal terpenting saat mengunjungi suatu tempat adalah jangan merusaknya dan selalu menjaga kelestariannya. Sebagai bagian dari warisan sejarah bangsa Indonesia, sudah selayaknya warisan ini dijaga bersama.

Diploma

Berbeda dengan bangunan candi pada umumnya, candi Abang ini kini tinggal reruntuhan, namun tetap menarik karena bukit Teletubbies menjadi daya tarik utamanya. Jangan lupa biaya tournya sangat murah dan tidak akan membuat dompet tipis.

Demikian ulasan yang dapat diberikan artikel ini tentang wisata candi di Yogyakarta, kaya akan informasi sejarah, keindahan perbukitan dan tempat wisata lainnya.

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button