Tempat Wisata

Candi Dermo: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Di negeri kita tercinta Indonesia memang selalu kaya akan budaya termasuk di Pulau Jawa sendiri Kerajaan-kerajaan yang muncul di berbagai wilayah Jawa Timur pada zaman dahulu tentu banyak meninggalkan benda-benda bersejarah antara lain senjata, perhiasan, prasasti, candi dan lain-lain. orang lain. Sesekali tidak ada salahnya kita orang yang tinggal di Indonesia lebih banyak belajar tentang hal-hal bersejarah di sekitar kita. Caranya sederhana dan Anda bisa membuatnya menyenangkan dengan mengunjungi tempat-tempat bersejarah. Minum air saat menyelam. Sambil bersenang-senang, Anda bisa belajar tentang sejarah negara kita. Di Sidoarjo, pastikan Anda tidak melewatkan Candi Dermo yang masuk dalam daftar tempat wisata untuk dikunjungi.

Candi Dermo merupakan salah satu candi yang dapat anda temukan di Dusun Candi Santren, Desa Candi Negoro, Kec. Wonoayu, Kab.Sidoarjo, Jawa Timur. Di Sidoarjo memang sudah terkenal dengan tas dan dompet handmade yang membuat tempat wisata lain di sana sedikit tertutup. Tidak banyak orang yang mengetahui bahwa di Sidoarjo terdapat sebuah bangunan bersejarah yaitu sebuah candi bernama Candi Dermo.

Beruntung, sebagai salah satu tempat wisata sejarah di Sidoarjo, Candi Dermo sangat terjaga dan terawat (karena banyak juga candi yang tidak terawat). Candi Dermo berusia sekitar 14 abad, namun bangunan candi ini telah mengalami banyak perbaikan dan saat ini sedang dalam proses pemugaran. Banyak bagian candi yang mengalami kerusakan, kemungkinan disebabkan oleh tangan-tangan pengunjung yang tidak bertanggung jawab, atau sudah lama rusak. Dulu terdapat empat buah arca yang menempel pada dinding di candi Dermo ini, namun kini sudah disingkirkan oleh juru kunci candi karena sebagian dari arca tersebut hilang. Namun candi ini masih terlihat jernih dan bagus.

Di areal kompleks candi Dermo terdapat empat buah arca dengan dua jenis yaitu arca manusia bersayap dan arca Kolo. Namun sangat disayangkan saat ini salah satu arca telah dimusnahkan, sehingga saat ini candi Dermo hanya memiliki tiga arca dan pemugaran dilakukan sebanyak dua kali antara tahun 1905 sampai dengan tahun 1914 yaitu pada masa penjajahan Belanda menyisakan sebagian tubuh patung. candi sudah direnovasi.

Luas kompleks candi tidak begitu besar. Bangunan candi memiliki tinggi 11,05 m, panjang 10,84 m, dan lebar 10,77 m. Memiliki halaman seluas kurang lebih 22m x 20m dengan tiang kecil di halaman depan. Meski demikian, tetap sangat menarik untuk mengunjungi tempat ini, apalagi bersama anak-anak Anda agar bisa belajar tentang kekayaan budaya sejarah kerajaan-kerajaan yang pernah ada di Indonesia.

Fasilitas di Candi Dermo

Sedangkan fasilitas objek wisata Candi Dermo tidak terlalu banyak atau lengkap, namun ada beberapa yang bisa anda temukan seperti :

– Area parkir

Anda yang datang dengan kendaraan pribadi baik itu mobil atau motor tidak perlu khawatir dengan masalah parkir karena tersedia tempat parkir mobil yang cukup luas dan luas.

– Bilik atau tempat makan

Berjam-jam bermain di pantai dijamin bikin lapar. Tak perlu bingung jika tidak sempat atau lupa menyiapkan bekal. Di sekitar kawasan wisata Anda akan menemukan warung-warung lokal yang menjual makanan dan minuman dengan harga terjangkau.

– Paviliun

Berkat paviliun yang dibangun di sana, Anda bisa bersantai sambil menikmati pemandangan candi.

– Akomodasi

Di kawasan wisata, Anda yang membutuhkan akomodasi bisa mencari yang sesuai dengan budget dan kebutuhan.

– Tempat peristirahatan umum

Salah satu fasilitas penting tersebut juga ada, jadi Anda tidak perlu repot mencari kamar kecil.

– Masjid

Siapa saja yang ingin mengadakan kebaktian bisa langsung menuju musala yang ada.

Berburu foto di Kuil Dermo

Meski kawasan objek wisata ini tidak terlalu luas dan bukan wisata alam, namun Anda tetap bisa memanjakan hobi foto dengan menikmati pemandangan dari berbagai objek bersejarah seperti Candi Dermo dan lain-lain. Ada juga tempat menarik yang populer untuk digunakan pengunjung sebagai latar foto Anda bersama teman atau keluarga, yaitu di depan patung ada Patung Manusia Bersayap dan Patung Kolo. Jika sudah puas mendapatkan banyak foto, Anda bisa mengunggahnya ke berbagai media sosial. Dengan begitu, Anda dapat membantu untuk lebih memperkenalkan objek wisata sejarah ini kepada masyarakat luas agar mereka tertarik untuk berkunjung.

Baca Juga: Tumpak Rinjing Memorial, Perjalanan Mengenang Jasa Pahlawan

Akses jalan menuju Candi Dermo

Bagi anda yang ingin ke tempat wisata ini, anda bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau motor dan langsung mengarahkan dengan kendaraan anda. Sulit untuk menemukan tempat itu. Anda dapat mengaktifkan aplikasi GPS untuk memandu Anda ke Kuil Dermo. Agar lebih mudah, Anda juga bisa menggunakan angkutan umum yang sering melintas di sana.

Biaya masuk ke Candi Dermo

  • Biaya masuk: 0 IDR (gratis)

(Diperbarui Mei 2023)

Jam buka Kuil Dermo

Tips liburan di Candi Dermo

  • Pastikan Anda dalam kondisi prima
  • Kenakan sepatu yang nyaman
  • Siapkan kendaraan yang ingin digunakan
  • Bawa makanan dan minuman dari rumah
  • Jangan mencoret-coret dinding candi
  • Buanglah sampah pada tempatnya

Galeri Foto Candi Dermo di Sidoarjo

Selamat datang di Kuil Dermo
Candi Dermo di Sidoarjo
Taman bunga di Kuil Dermo
Spot foto di pintu masuk candi
berburu foto
Bersepeda ke Kuil Dermo
Potret udara Kuil Dermo

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button