Tempat Wisata

Candi Gedong Songo: Fasilitas, Tiket Masuk, Lokasi dan Atraksi

Berkunjung ke Semarang belum lengkap rasanya tanpa menikmati udara pegunungan, seperti halnya di Candi Gedong Songo. Berada di kaki Gunung Ungaran, kompleks candi yang dibangun sejak abad ke-9 Masehi ini menjadi salah satu pusat wisata kota Semarang.

Ini paket lengkap kalau mampir ke sana. Karena di lereng gunung Anda bisa mendapatkan pengalaman liburan yang menyenangkan, menjelajahi bangunan-bangunan tua dan menikmati kuliner. Penasaran apa saja yang bisa kamu uji di sana? Simak artikel berikut ini secara detail.

Tempat wisata di Candi Gedong Songo

Karena kompleks bangunan masing-masing candi terletak di ketinggian sekitar 1.200 meter di atas permukaan laut, letaknya berjauhan. Meski demikian, hal ini tidak akan mempengaruhi aktivitas liburan Anda. Padahal, dengan cara ini semakin banyak aktivitas yang bisa dilakukan di sana.

1. Trekking dari candi ke candi

Sebelum berkunjung, pastikan Anda memiliki tubuh yang fit dan stamina yang cukup. Karena medan yang agak bergelombang, Anda mungkin merasa agak sulit untuk tetap berada di lereng gunung jika Anda merasa tidak nyaman.

Jika Anda ingin mengunjungi semua kuil, Anda dapat melakukan pendakian santai di sepanjang rute yang ditawarkan. Tentunya ini akan menjadi olahraga yang paling tak terlupakan bagi Anda. Karena kereta langsung di lereng Gunung Ungaran.

2. Perasaan menunggang kuda dari puncak gunung

Selain itu, Anda juga bisa menunggangi kuda sewaan untuk memudahkan berkeliling dari satu kompleks candi ke candi lainnya. Jangan lupa untuk mengambil foto kenang-kenangan saat berkendara.

3. Berfoto dengan Mountain Landscape dan Superhero Replica

Lokasinya yang dekat dengan alam dan tentunya outdoor, pemandangan alam yang hijau tidak perlu diragukan lagi. Dari puncak gunung Anda bisa melihat pohon pinus yang menjulang tinggi. Tidak jarang kabut tipis turun langsung dari puncak gunung.

Bunga berwarna-warni juga tumbuh subur di petak taman yang luas. Selain pemandangan gunung dan berbagai pilihan spot foto, ada juga beberapa replika superhero yang bisa kamu gunakan untuk berfoto.

4. Bermain di area outbond

Selain bisa menikmati area pura, anak-anak juga bisa bermain di area outdoor yang disediakan. Dengan keamanan tambahan, anak-anak dapat bermain sepuasnya dan mencoba berbagai wahana. Mulai dari Flying Fox hingga ATV.

5. Mengunjungi Ayanaz Gedong Songo

Puas dengan wisata candi? Anda bisa beralih ke Ayanaz Songo, tempat yang menawarkan pemandangan alam dari puncak gunung. Di sana, sambil berfoto-foto, Anda bisa menikmati keindahan alam dan mengistirahatkan kaki sejenak dengan duduk di kursi yang disediakan.

Tak jauh dari objek wisata Gedong Songo, kedua tempat tersebut hanya berjarak sekitar 40 menit saja. Bahkan, Anda bisa berjalan kaki ke kawasan tersebut dalam waktu sekitar 15 menit.

6. Berkemah

Jika ingin merasakan suasana Semarang lebih lama lagi, jangan lewatkan bermalam di bumi perkemahan. Karena saat bermalam di tenda, Anda bisa merasakan tidur di alam liar dan menyatu dengan alam.

Keesokan paginya Anda akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang luar biasa. Kabut tipis meronta hingga matahari perlahan terbit dari timur.

7. Wisata kuliner

Setelah capek jalan-jalan dan foto-foto sana-sini, liburan bisa dilanjutkan dengan wisata kuliner. Di kawasan sekitar Candi Gedong Songo banyak terdapat warung yang menjajakan aneka makanan. Salah satunya pasti bisa mengenyangkan perut.

Mulai dari masakan khas dengan cita rasa Indonesia hingga masakan modern. Selain itu, mereka menjual berbagai jajanan yang bisa Anda coba sambil menunggu makanan berat.

8. Beli oleh-oleh di Pusat Suvenir

Sebelum pulang, tidak lengkap rasanya jika tidak membawa oleh-oleh. Di pintu keluar Gedong Songo, Anda bisa mengunjungi Pusat Oleh-Oleh yang menjual berbagai oleh-oleh sebagai kenang-kenangan untuk dibawa pulang.

Mulai dari pakaian, sendal, tempat minum, pajangan meja, tas, pulpen dan masih banyak barang menarik lainnya. Harganya pun bervariasi dan cukup terjangkau untuk melengkapi liburan Anda dan keluarga.

Fasilitas Wisata Candi Gedong Songo

Dianggap sebagai salah satu tujuan wisata di Semarang, Candi Gedong Songo tentunya dilengkapi dengan beberapa fasilitas yang dapat menambah kenyamanan perjalanan pengunjung.

1. Parkir kendaraan

Tempat wisata di Gedong Songo ini memiliki tempat parkir yang cukup luas dan aman. Dapat menampung beberapa bus, puluhan mobil dan motor, sehingga nyaman untuk memarkir kendaraan pengunjung.

Namun, pada hari-hari tertentu seperti hari libur, tempat parkir cukup ramai dan harus antre. Jadi lebih baik datang lebih awal.

2. Masjid

Bagi Anda yang beragama Islam, bahkan tidak perlu repot lagi mencari tempat ibadah. Karena Gedong Songo juga menyediakan mushola bagi setiap muslim yang ingin beribadah.

3. Toilet

Salah satu hal yang paling dibutuhkan pengunjung saat berwisata adalah ketersediaan toilet. Bagi Anda yang datang ke Gedong Songo, jangan khawatir. Karena kawasan wisata ini dilengkapi dengan toilet yang cukup, bagus dan bersih. Bahkan mandi dimungkinkan dengan itu.

4. Akomodasi

Tak jauh dari Gedong Songo, beberapa tempat menawarkan penginapan bagi wisatawan yang berkunjung ke Semarang. Beberapa di antaranya menawarkan akomodasi dengan kamar yang disewakan, sementara yang lain juga menyewakan vila yang bisa Anda gunakan untuk seluruh keluarga.

Rute menuju Kuil Dinasti Sanjaya

Akses jalan menuju Candi Gedong Songo cukup mudah. Mengingat rute saat ini, kedatangannya sangat bagus. Sebuah tanda yang mengarahkan Anda ke tempat wisata Gedong Songo juga akan membantu Anda.

Alamat wisata Gedong Songo terletak di Dusun Darum, Krajan, Candi, Kecamatan Bandungan, Semarang, Jawa Tengah. Dibutuhkan waktu kurang dari satu jam untuk menempuh jarak 40 kilometer dari pusat kota Semarang.

Disarankan untuk berangkat pagi-pagi sekali untuk menghindari kemacetan lalu lintas. Apalagi saat liburan sekolah. Selama perjalanan Anda akan disuguhkan perkebunan sayur yang luas. Udaranya sejuk, pepohonan masih rindang dan kicauan burung terdengar di sana-sini.

Biaya masuk

Anda tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk menikmati pemandangan indah, udara sejuk dan berbagai aktivitas menarik di sana. Pasalnya, harga tiket masuk wisata Gedong Songo hanya Rp 10.000 per orang.

Destinasi wisata ini bisa Anda nikmati setiap hari mulai pukul 06:30 WIB hingga 18:00 WIB. Namun perlu diketahui juga bahwa jam operasional dan harga tiket dapat berubah sewaktu-waktu. Apalagi saat musim libur panjang.

Menutup

Tempat wisata di Candi Gedong Songo ini tentunya sangat cocok bagi anda yang ingin berlibur bersama keluarga. Tentu saja, ini adalah tujuan yang tidak boleh dilewatkan.

Meski kaki Anda akan lelah setelah berkeliling kompleks candi, rasa lelah Anda akan terbayar dengan pemandangan alam dan kota dari atas. Yuk, rencanakan liburanmu sekarang!

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button