Tempat Wisata

Candi Reog, salah satu situs sejarah unik di Magetan

Traveling lebih menyenangkan ketika kita mengajak keluarga, teman atau bahkan pasangan kita. Namun tidak ada salahnya juga jika Anda ingin melepaskan diri dari keramaian dan hanya ingin menikmati waktu sendiri. Banyak jenis tempat wisata yang bisa Anda kunjungi, mulai dari wisata alam hingga wisata bahari, wisata religi hingga wisata sejarah. Sebagian besar dari kita mungkin akan memilih wisata alam atau laut karena “lebih menyenangkan”, namun ternyata wisata religi dan sejarah juga tidak kalah menarik. Apalagi jika Anda membawa anak-anak Anda berlibur, ada tempat di mana Anda bisa belajar lebih banyak tentang sejarah. Begitu pula di Magetan, di mana Candi Reog berada.

Candi Reog merupakan wisata sejarah yang terletak di Dusun Sadon, Desa Cepoko, Kecamatan Panekan, Kabupaten Magetan, Provinsi Jawa Timur, lebih tepatnya di sebelah jalan raya Magetan – Panekan. Nama candi ini sendiri sebenarnya adalah Candi Sadon, sesuai dengan nama dusun tempatnya berdiri, namun sepertinya masyarakat lebih familiar dengan nama Candi Reog karena di reruntuhan candi ini terdapat Kalamakara atau Kalamakara. Arca Kala yang wajahnya menyerupai kepala harimau dalam “Dhadhakmerah”. Dhadhakmerak sendiri merupakan topeng berbentuk kepala harimau dengan susunan bulu merak di sekelilingnya. Topeng ini merupakan atribut dari tokoh Singabarong dalam kesenian Reog.

Sayangnya, tidak banyak informasi yang tersedia tentang Candi Reog ini, meskipun bangunan kuno tersebut telah ditetapkan sebagai cagar budaya kuno. Candi ini konon merupakan peninggalan Raja Airlangga, namun tidak diketahui secara pasti kapan dan untuk tujuan apa candi ini dibangun. Upaya pemulihan oleh pemerintah kabupaten setempat belum juga dilakukan, hal ini juga terlihat dari hanya tinggal kumpulan puing-puing.

Selain Candi Reog atau yang disebut Candi Sadon, saat berkunjung ke sana, Anda juga bisa menjumpai candi kecil lainnya di sebelah timur kompleks Candi Sadon, lebih tepatnya di depan kuburan desa, yang disebut Candi Reca Sapi (patung sapi). ). Ukuran candi ini sendiri relatif kecil dibanding kebanyakan candi di Jawa Timur. Candi yang diyakini sebagai candi Hindu ini pertama kali ditemukan pada tahun 1971 oleh Sudiro, seorang warga setempat. Saat ditemukan, candi tersebut tertutup rumpun bambu dan tidak terawat dengan baik.

Fasilitas di Candi Reog

Bicara soal fasilitas, di tempat wisata ini kamu sudah bisa memanfaatkan beberapa fasilitas yang disediakan oleh pihak pengelola, seperti:

– Area parkir

Anda yang memilih menggunakan kendaraan pribadi atau sewaan seperti mobil dan motor tidak perlu lagi khawatir soal parkir karena fasilitas sudah disediakan di sini. Meski tidak terlalu luas, namun tetap menawarkan ruang yang cukup untuk kendaraan para pengunjung yang datang

– Tempat peristirahatan umum

Fasilitas yang satu ini sepertinya wajib dimiliki oleh semua tempat wisata karena memang penting ketika ada wisatawan yang perlu ke toilet agar tidak perlu mencarinya. Dan disini anda harus senang, karena ada toilet umum yang layak pakai.

– Bilik atau tempat makan

Saat Anda keluar dari area Candi Reog, Anda akan menjumpai warung-warung yang sebagian besar milik penduduk setempat menjual berbagai macam jajanan, makanan dan minuman dengan harga yang sangat terjangkau. Jadi tidak perlu takut kelaparan.

– Paviliun

Setelah puas melihat-lihat kawasan Candi Reog, Anda bisa bersantai di paviliun yang ada di sana.

– Masjid

Bepergian juga harus mengarah pada tidak lupa berdoa. Beruntung di tempat ini terdapat musholla yang bisa digunakan saat azan berkumandang.

Berburu foto di Candi Reog

Berlibur ke suatu tempat, kemanapun tujuan wisatanya, pasti terasa kurang lengkap jika kita tidak melakukan “ritual” berfoto ria. Di tempat ini, Anda bisa menekuni hobi foto dengan mengarahkan lensa kamera ke reruntuhan candi yang akan membuat hasil foto Anda terlihat indah dan unik. Reruntuhan candi juga bisa Anda gunakan sebagai background foto Anda bersama keluarga atau teman. Lingkungan yang ditumbuhi tanaman juga bisa menjadi sasaran kamera Anda. Jangan lupa: jika sudah puas dengan banyak foto, Anda bisa mengunggahnya ke berbagai media sosial sekaligus memperkenalkan objek wisata ini kepada masyarakat umum.

Baca juga: Air Terjun Jauh, Sulap Cantik di Magetan yang Wajib Dikunjungi

Akses jalan menuju Candi Reog

Bagi anda yang ingin ke Candi Sadon atau Candi Reog, anda memiliki dua alternatif yaitu dengan kendaraan pribadi atau angkutan umum yang tentunya banyak. Letak Candi Reog yang masih tergolong sentral di kota membuat Anda sulit untuk mengunjunginya. Cukup arahkan kendaraan Anda menuju jalan raya Magetan – Panekan. Jika mengalami kesulitan, Anda selalu dapat menggunakan aplikasi Google Maps untuk memandu Anda menuju lokasi. Atau jika tidak ingin khawatir, Anda bisa menggunakan angkutan umum dengan harga terjangkau yang akan mengantarkan Anda langsung ke tempat tujuan.

Biaya masuk ke Candi Reog

  • Biaya masuk: 0 IDR (gratis)

(Diperbarui Juni 2023)

Jam buka Candi Reog

Tips Liburan ke Candi Reog

  • Pastikan kendaraan Anda dalam kondisi baik
  • Disarankan untuk membawa makanan dan minuman sendiri
  • Jangan mencoret-coret candi di sana
  • Jangan dibuang
  • Hormati tempat-tempat yang memiliki nilai sejarah

Galeri Foto Candi Reog

Potret Candi Reog
Kunjungan ke Candi Reog
Berbagai peninggalan sejarah
Kolam kecil di Candi Reog
Potret Candi Reog
Kunjungan siswa di Candi Reog

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button