Tempat Wisata

Candi Surowono: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Apakah Anda ingin mengunjungi suatu tempat bersama teman atau keluarga tetapi belum yakin ke mana harus pergi? Cobalah untuk mengunjungi tempat wisata yang satu ini yaitu Candi Surowono. Objek wisata ini terletak di Desa Canggu, Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri, sekitar 30 kilometer timur laut Kediri. Candi Surowono merupakan salah satu alternatif objek wisata yang perlu diperhatikan. Selain banyaknya relief dan patung yang indah, objek wisata ini juga menawarkan nilai sejarah dan edukasi yang sangat baik. Sayang sekali jika Anda sedang berada di Kediri namun tidak sempat mengunjungi objek wisata yang satu ini.

Candi yang sebenarnya bernama Wisnubhawanapura ini merupakan candi Hindu yang diperkirakan dibangun pada abad ke-14 untuk memuja Bhre Wengker, seorang raja dari Kerajaan Wengker yang berada di bawah kekuasaan Kerajaan Majapahit. Dikisahkan pula Hayam Wuruk mengunjungi Candi Surowono bahkan menginap di sana. Ukuran Candi Surowono tidak terlalu besar, sekitar 8 x 8 meter persegi. Saat ini seluruh badan dan atap candi telah hancur dan tidak ada yang tersisa. Hanya kaki candi setinggi 3 meter yang masih berdiri di tempatnya.

Fasilitas dan akomodasi yang tersedia di objek wisata Candi Surowono

Anda yang ingin berkunjung ke objek wisata ini perlu mengetahui sarana dan prasarana apa saja yang ditawarkan Candi Surowono. Tempat parkir untuk kendaraan roda dua atau empat sudah disiapkan tak jauh dari kawasan wisata. Jadi Anda tidak perlu lagi khawatir untuk mencari tempat parkir. Di sekitar Candi Surowono juga terdapat tempat ibadah bagi pengunjung yang ingin menunaikan ibadah di sana.

Tempat ibadah juga menyediakan toilet bagi pengunjung yang ingin buang air kecil dan besar. Objek wisata ini selain memiliki nilai sejarah dan edukasi yang tinggi, juga cocok bagi Anda yang ingin berfoto bersama teman atau keluarga. Selain mengetahui sedikit sejarahnya, liburanmu pasti akan semakin menyenangkan jika berkumpul bersama teman dan keluarga.

Berburu Foto Kekinian di Objek Wisata Candi Surowono

Jika Anda ingin mengunjungi objek wisata Candi Surowono bersama teman atau keluarga dan mengambil foto-foto seru, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui. Pekerjaan Ambil foto untuk membuat foto Anda terlihat keren nantinya. Anda bisa mengambil foto di Candi Surowono sendiri atau di taman yang menjadi objek wisata. Atau Anda bisa mengambil foto dengan latar belakang relief di sekitar candi. Saya yakin foto Anda akan terlihat lebih keren dan terupdate!

Anda juga bisa mengambil foto pengunjung yang sedang bersantai di sekitar objek wisata, namun harus mendapatkan izin terlebih dahulu. Karena mungkin tidak nyaman jika diam-diam memotret mereka. Jika Anda belum pernah mengunjungi tempat wisata ini, ada baiknya segera menyiapkan segala rencana atau bekal untuk berlibur ke sini. Liburan Anda bersama keluarga atau teman pasti akan lebih menyenangkan.

Baca Juga: Gambar Candi Wetan, Candi Eksotis di Blitar

Akses jalan menuju obyek wisata Candi Surowono

Bagi anda yang ingin mengunjungi objek wisata ini tentunya perlu mengetahui lokasi dan akses jalan untuk menuju Candi Surowono. Jangan sampai tersesat jika ingin ke tempat wisata ini, karena akan membuang waktu anda, karena sebenarnya akses jalan menuju tempat wisata ini cukup mudah. Saat Anda berada di Kediri, melalui Jl. Pare – Wates merupakan jalur atau cara tercepat untuk menuju situs Candi Surowono. Silakan lihat peta di bawah ini untuk lebih jelasnya:

Bisa juga melalui Jl. Panglima Polim dan Jl. Pare – Wates dan Cisadane yang merupakan jalur atau jalur alternatif. Jika Anda menggunakan kendaraan umum, Anda bisa berhenti di halte terdekat kemudian melanjutkan perjalanan dengan ojek atau berjalan kaki. Jalan kaki bukan hanya lebih hemat, tapi juga bisa membuat tubuh lebih sehat, bukan?

Harga tiket objek wisata di Candi Surowono

  • Biaya masuk: Rp 5.000/orang (belum termasuk parkir kendaraan)

(Diperbarui Agustus 2023)

Jam buka Wisata Candi Surowono

  • Buka setiap hari dari jam 7 pagi sampai jam 8 malam

Tips liburan ke tempat wisata Candi Surowono

Jika Anda sudah setuju untuk datang ke sini bersama teman atau keluarga, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama, untuk menghormati pejabat yang bekerja di sini, Anda diminta untuk tidak membuang sampah sembarangan di kawasan objek wisata ini. Jangan lupa juga untuk memiliki kamera atau handphone dengan baterai yang terisi penuh jika diperlukan berburu foto-foto selama di sini.

Hal ini dikarenakan objek wisata ini berada di lingkungan terbuka. Gunakan topi atau krim matahari karena pada siang hari cuaca di Candi Surowono sangat panas dan menyengat. Dan yang terpenting, jangan lupa berdoa dan memohon keselamatan di kemudian hari dalam perjalanan.

Ini adalah ulasan singkat tentang Candi Surowono, peninggalan kerajaan Majapahit di Kediri. Jangan lupa terapkan berbagai tips yang sudah disebutkan di atas. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan Anda dapat menikmati liburan Anda!

Galeri foto Candi Surowono

Candi Surowono di Kediri
Potret bebatuan di belakang candi
Potret pengunjung
Informasi tentang Candi Surowono

berburu foto
Keindahan Candi Surowono

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button