Berita Wisata

Cangar, pemandian air panas dengan nuansa lanskap hutan

JAKARTA – Sesekali berlibur ke pemandian air panas yang terletak di lereng gunung bisa menjadi salah satu alternatif untuk melepas penat. Jika Anda ingin melakukan perjalanan kecil, pergilah ke Pemandian Air Panas Cangar.

Berlokasi di Tulungrejo, Desa Sumber Brantas, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur, pemandian ini memiliki suasana yang sejuk. Apalagi rimbunnya pepohonan yang mengelilingi tempat ini membuat kesan asri dan indah semakin terasa.

Saat berkunjung ke tempat ini, Anda akan menemukan beberapa kolam di sumber air panasnya. Tingkatan setiap kolam berbeda-beda, mulai dari sangat panas, sedang, dan panas. Anda memiliki pilihan antara 5 kolam renang, yaitu 2 kolam renang dan 3 kolam utama.

Di antara tiga kolam utama, ada satu yang khusus diperuntukkan bagi wanita. Anda juga bisa menikmati pemandian yang lebih privat untuk satu orang, yaitu semacam sauna yang berbentuk bilik.

Sebagai salah satu ikon utama taman hutan raya Raden Soerjo (Tahura), objek wisata alam Pemandian Air Panas Cangar (OWA) merupakan sumber air panas belerang tinggi dari Gunung Welirang. Selain menikmati panasnya alam, kita juga bisa melihat beberapa satwa liar yang hidup di sekitar hutan ini. Salah satu fauna yang hidup di kawasan ini adalah lutung jawa.

Kenyamanan berendam akan semakin nikmat diiringi kicauan burung yang saling bersahutan. Anda juga akan betah berendam lama atau sekedar bermain air di sini. Pemandian air panas Cangar merupakan air panas alami dari kaki Gunung Welirang yang masih aktif dengan suhu sekitar 35 hingga 45 derajat Celcius.

Pemandangan objek wisata Air Panas Cangar cenderung landai. Pemandangannya sangat indah dan alami. Adanya berbagai vegetasi pegunungan yang lebat membuat tempat wisata ini menjadi sejuk.

Destinasi wisata ini cocok untuk kunjungan keluarga yang ingin bersantai. Ya, air panas dipercaya memiliki efek menenangkan, sehingga banyak yang betah berendam di pemandian ini. Cocok untuk dijadikan tempat wisata penyembuhan ketika pikiran jenuh dengan rutinitas dan kehidupan kota.

Kealamian dan keaslian pemandian ini masih terjaga dengan sangat baik. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya kawanan monyet yang sering datang ke sini. Monyet-monyet itu tampak tenang dan santai meski pengunjungnya banyak. Ditambah lagi, suara lengkingan serangga dari pepohonan menambah efek relaksasi bagi Anda yang sedang melepas penat menikmati hangatnya kolam.

Air ini awalnya panas kemudian dicampur dengan air alami yang bersuhu lebih rendah. Setelah tercampur, air baru dialirkan ke kolam pemandian agar suhunya menghangat.

Jika Anda mencari destinasi wisata yang tenang dan damai, thermal pool ini adalah jawabannya.

Pemandian ini memiliki fasilitas yang lengkap untuk menunjang aktivitas pengunjung. Beberapa fasilitas utama seperti mushola, gazebo, kamar kecil, kamar siram dengan air panas sudah tersedia lengkap di tempat wisata kolam renang ini.

Anak juga bisa bermain di playpen ramah anak, sehingga orang tua bisa mengajak si kecil bermain dengan aman. Ada juga beberapa warung yang menyajikan makanan khas Cangar dengan rasa yang enak dan murah.

Pesona lain dari pemandian air panas ini adalah gua yang sudah ada sejak lama. Gua tersebut merupakan gua buatan manusia yang berasal dari zaman penjajahan Jepang pada tahun 1942 hingga 1945. Konon, gua tersebut dulunya digunakan untuk menampung tentara Jepang pada masa itu.

Harga tiket masuk sekitar Rp 16.500 per orang, sedangkan wisatawan mancanegara dikenakan biaya Rp 50.000 per orang. Sedangkan tiket masuk family pool Rp 100.000 per jam.

Destinasi wisata ini buka dari Senin hingga Kamis, Sabtu hingga Minggu dan hari libur nasional mulai pukul 08.00 hingga 15.00 WIB. Khusus pada hari jumat, kolam ini akan dikuras agar lebih bersih dan nyaman.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button