Berita Wisata

Capaian PAD sektor pariwisata Magetan tahun 2022 sesuai dengan target

Magetan (ANTARA) – Pencapaian Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pariwisata di Kabupaten Magetan, Jawa Timur pada tahun 2022 telah mencapai target.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Magetan Joko Trihono mengatakan PAD pariwisata Magetan tahun 2022 ditargetkan sebesar Rp15,3 miliar.

“Sampai akhir tahun ini (2022), target PAD pariwisata Magetan sekitar Rp 15,3 miliar. Jumlah ini tercapai akhir November,” kata Joko Trihono kepada Magetan, Selasa.

Menurutnya, selain keberadaan berbagai destinasi wisata di Magetan, pencapaian tujuan tersebut juga didukung dengan banyaknya agenda wisata yang dilakukan.

Seperti diketahui, Pemkab Magetan telah menjadwalkan 174 kegiatan budaya dan pariwisata dalam Calendar of Events (CoE) sepanjang tahun 2022 dan jadwal tersebut telah diumumkan kepada publik.

Sedangkan CoE 2022 dengan segala agendanya merupakan salah satu program strategis Pemerintah Kabupaten Magetan melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Magetan yang bertujuan untuk memajukan pariwisata Magetan.

Sejumlah program tersebut antara lain Heritage Carnival, Onthel Culture, Labuhan Sarangan, National Paragliding XC, Ledhug Suro, Kirab Nayakapraja dan masih banyak lagi.

Sedangkan tempat wisata yang banyak dikunjungi wisatawan di Magetan antara lain Telaga Sarangan yang menjadi andalan. Selain itu, ada juga tempat wisata: Air Terjun Tirtosari atau Air Terjun Ngadiloyo, Telaga Wahyu, Taman Bunga Refugia, Taman Magetan, Surga Tersembunyi Randugede, Taman Hutan Raya Mojosemi, Taman Geni Langit, Hutan Hijau Lawu, Bukit Parang, Taman Desa Wisata Jabung, Resor Mbah Djoe, Bumi Perkemahan Wisata Alastuwo dan Tirto Gumarang.

Tempat-tempat wisata tersebut banyak dikunjungi wisatawan, sehingga menyemangati PAD Kabupaten Magetan. Puncak kunjungan atau “high season” kunjungan wisatawan ke Magetan terjadi pada saat libur lebaran, libur sekolah, libur natal dan tahun baru.

Angka capaian PAD tersebut optimistis akan terus meningkat seiring dengan tingginya angka kunjungan wisatawan saat liburan Natal dan Tahun Baru.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button