Berita Wisata

Cara Yogyakarta menarik wisatawan Eropa melalui bandara YIA

TEMPO.CO, Yogyakarta – Asosiasi Biro Perjalanan Wisata Indonesia atau Asita Daerah Istimewa Yogyakarta menilai Malaysia bisa menjadi entry point untuk mendongkrak kunjungan wisatawan dari Eropa ke Indonesia di masa pemulihan pariwisata saat ini.

“Bandara YIA (Bandara Internasional Yogyakarta) kini memiliki dua maskapai yang melayani penerbangan langsung dari Malaysia ke Yogyakarta yang menjadi pintu gerbang wisatawan Eropa ke Indonesia,” kata Tasbir Abdullah, Penasihat Asita DIY, di sela-sela pembukaan MATTA. Acara Travel Exchange di Yogyakarta, Selasa, 13 Desember 2022.

Dalam acara yang diprakarsai oleh Malaysia Association of Tour and Travel Agents dari 12 hingga 15 Desember 2022, Tazbir mengatakan bahwa dalam dunia pariwisata, Malaysia dan Indonesia merupakan hub yang saling menguntungkan yang menghubungkan negara-negara Eropa dan dunia.’Australia. Juga dengan beberapa negara Asia.

“Malaysia ini hub game untuk Indonesia, Indonesia juga hub game untuk Malaysia, yang dibutuhkan sekarang adalah bagaimana bandara YIA dapat melayani lebih banyak penerbangan langsung,” kata Tazbir.

Direktur Pariwisata Malaysia Junus Suhid mengatakan operator jasa travel di Malaysia memposisikan Indonesia sebagai pasar paling potensial untuk kunjungan wisata mereka. Malaysia menargetkan hingga 9 juta turis mancanegara datang ke Malaysia tahun ini dan Indonesia merupakan penyumbang kedatangan turis terbesar kedua setelah Singapura.

“Malaysia dikunjungi sedikitnya 799.000 wisman Indonesia sejak pembukaan perbatasan pada 1 April 2022 hingga September 2022,” kata Junus.

Yogyakarta juga, kata Junus, diincar oleh jasa perjalanan karena merupakan pusat tujuan wisatawan, baik domestik maupun mancanegara di Indonesia, tidak termasuk Bali. “Oleh karena itu, kami meningkatkan jumlah acara B2B (business-to-business) seperti pertukaran perjalanan Ini tentang memperluas peluang wisata dari Indonesia,” katanya.

Pada acara MATTA Travel Exchange, Malaysia mendatangkan 20 seller dari industri pariwisata negaranya bersama dengan buyer dari Yogyakarta dan Surabaya.

Baca juga : Pantai selatan Yogyakarta sepanjang 133 kilometer akan dipagari tanaman bakau

Selalu update informasi terbaru. Saksikan berita terkini dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate Ikuti. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button