Berita Wisata

Catatan! Mulai hari ini, wisatawan dilarang berenang di 3 pantai di Nusa Penida

Klungkung

Catatan! Mulai hari ini, wisatawan dilarang berenang di 3 pantai di Nusa Penida

Dinas Pariwisata Kabupaten Klungkung saat ini sedang meningkatkan fasilitas keamanan di beberapa pantai tujuan utama di Nusa Penida. Pantai termasuk Diamond Beach, Kelingking dan Angel Billabong. Mulai Selasa (24/1/2023) hari ini akan dipasang spanduk larangan berenang di sana.

Namun kondisi pantai saat ini sangat berbahaya bagi wisatawan yang mandi. Hal inilah yang mendorong pemerintah Kabupaten Klungkung untuk sementara melarang wisatawan berenang di ketiga pantai tersebut.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata Klungkung, Ni Made Sulistiawati, ketiga pantai tersebut menjadi primadona wisatawan setiap kali berkunjung ke Nusa Penida. Tak heran jika ketiga situs tersebut selalu dipadati pengunjung.

“Kami tutup sementara. Kami melarang wisatawan berenang karena belum memiliki fasilitas pengamanan. Kami sedang mempersiapkannya dan baru saja mengumumkan dan akan segera meneruskan surat itu ke pengelola pariwisata,” jelas Sulistiawati, Senin (23/ 01/2023).

Diakui Sulistiawati, belakangan ini ada kejadian yang menimpa wisatawan asing yang silih berganti berada di pantai tersebut. Tidak banyak yang bisa dilakukan pihaknya karena secara otoritas dia tidak bisa sepenuhnya melarang turis turun ke pantai.

Seperti diketahui, tiga turis asing terluka di pantai saat berlibur pada Minggu (22/1/2023) lalu. Dua di antaranya terjadi di Pantai Kelingking. Dua pelancong asing terluka setelah diterjang ombak.

“Oleh karena itu, kami akan menyampaikan surat kepada pengelola untuk melarang wisatawan berenang. Khususnya di tiga pantai yang kami sebutkan. Spanduk dan rambu peringatan akan mulai kami pasang mulai besok (Selasa),” ujarnya.

Dinas Pariwisata dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) juga bersiap mengidentifikasi beberapa pantai di Nusa Penida yang dianggap tidak aman bagi wisatawan. “Nanti kami akan tentukan di mana infrastruktur keamanan akan kami tingkatkan,” pungkas Sulis.

Simak Video “Momen Panik Puluhan Wisatawan Saat Jembatan Dermaga Nusa Penida Runtuh”
[Gambas:Video 20detik]
(hsa/irb)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button