Tak Berkategori

Cave Tubing Kalisuci, sebuah tempat wisata caving di Gunung Kidul yang menakjubkan

Nikmati petualangan caving yang menakjubkan di Kalisuci Cave Tubing, sebuah objek wisata yang menawarkan pengalaman memacu adrenalin di Gunung Kidul.

Harga tiket: Rp5.000, Jam beroperasi: 08.00-16.00 WIB, Alamat: Jetis, Pacarejo, Kab. Semanu, Kab.Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Map: Periksa lokasinya

Berbicara mengenai tempat wisata di Jogja pasti banyak sekali yang bisa dijelajahi. Satu hari saja tidak cukup untuk menjelajahi semua tempat yang ada di sana.

Masing-masing mempunyai daya tarik yang membuatnya menjadi pusat daya tarik bagi banyak wisatawan. Sebut saja Cave Tubing Kalisuci yang menawarkan penjelajahan penuh petualangan di dalam gua.

Objek wisata ini tidak hanya dikunjungi oleh wisatawan lokal saja namun ada juga yang datang dari luar. Keindahannya tidak dapat dipungkiri meski bukan satu-satunya tempat yang mengarah pada jalur gua.

Anda mungkin pernah mendengar tentang Gua Pindul yang sangat populer. Ini adalah pengalaman yang Anda alami selama berada di sini.

Aktivitas utama yang dapat dilakukan di Gua Kalisuci adalah eksplorasi dengan ban karet. Berbeda dengan gua pada umumnya yang hanya berisi daratan. Seluruh area gua tergenang air mengalir.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Ada yang cukup kuat, namun sebagian besar lemah, jadi tetap aman. Kedalamannya 1 hingga 2 meter dengan air yang sangat jernih.

Daya tarik Gua Tabung Kalisuci

Daya tarik Gua Tabung KalisuciFoto oleh Amin Rahmadi di Google Maps

Cave Tubing Kalisuci mempunyai daya tarik yang juga menjadi alasan wisatawan untuk berkunjung. Meski selalu ramai dikunjungi wisatawan, namun alamnya tetap terasa sangat asri. Gua eksotis berhiaskan stalaktit ini membuat siapapun yang melihatnya terpesona.

Gua Kalisuci yang eksotis

Masing-masing gua mempunyai keunikannya masing-masing, termasuk yang kita bahas kali ini. Tidak seperti gua pada umumnya yang berada di daratan. Ini adalah gua karst yang tercipta dari aktivitas alam.

Gua ini tercipta dari adanya air di dalam tanah dan hujan yang terus menerus sehingga menimbulkan rongga di beberapa tempat. Meski bukan satu-satunya di Indonesia, namun wisata Cave Tubing Kalisuci termasuk yang pertama.

Bahkan sebelum Jalur Gua Pindul populer, gua ini sudah tercipta sejak lama. Menariknya, hanya ada tiga negara yang memiliki objek wisata goa tersebut. Selain Indonesia, ada juga Meksiko dan Selandia Baru yang sebelumnya sudah ada.

Hanya ada satu cara untuk menikmati semua pesona yang ditawarkannya. Rugi kalau hanya melihat dari luar tanpa harus masuk ke dalam. Menjelajahi gua adalah satu-satunya cara untuk menemukan keindahan gua ini.

Dengan berbekal ban karet dan perlengkapan keselamatan, Anda akan terbawa arus air dari pintu masuk hingga keluar gua.

Suasana damai yang menyenangkan

Susana yang cantik dan sejuk menjadi daya tarik selanjutnya saat Anda berada di Cave Tubing Kalisuci Gunung Kidul. Wisata gua ini banyak dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah.

Setiap harinya ada ratusan orang yang ingin menikmati keeksotisan di dalam gua. Namun jumlah tersebut jelas tidak bisa menghilangkan rasa indah dan menyenangkan.

Suasana ini tercipta dari banyaknya vegetasi hijau yang mengelilingi gua. Saat memasuki mulut goa, Anda bisa melihat tebing-tebing eksotis yang sebagian besar dihiasi lumut.

Hal ini tentu saja wajar, karena setiap hari selalu basah oleh genangan air dan tetesan air. Ini membuatnya terasa lebih sejuk dan menghadirkan rona hijau yang tenang.

Biru, air jernih

Daya tarik Cave Tubing Kalisuci selanjutnya adalah airnya yang terkesan bersih. Sebenarnya banyak sekali gua yang sejenis, namun tidak semuanya memiliki air yang jernih berwarna kebiruan.

Beberapa tampak coklat dan kusam, sehingga mengurangi suasana hati. Kali ini tidak demikian, kejernihan airnya bahkan bisa menembus dasar sungai.

Wisatawan diperbolehkan berenang di beberapa tempat untuk merasakan kesegaran airnya. Airnya semakin jernih saat memasuki lorong goa yang sempit karena jarang terjamah.

Gua ini memiliki panjang kurang lebih 500 meter dan diperkirakan membutuhkan waktu 2 jam untuk menjelajah. Cukup panjang dan dijamin seru, apalagi jika berkelompok.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Cave Tubing KalisuciFoto oleh Hana Panjaitan di Google Maps

Gua umumnya terletak di pedalaman atau di daerah terpencil. Namun wisata Cave tubing Kalisuci kali ini berbeda karena kawasannya memiliki kepentingan strategis.

Jika Anda datang dari Tugu Jogja, jaraknya cukup jauh yakni sekitar 50 kilometer. Pada kecepatan normal perjalanan memakan waktu minimal 1 jam 50 menit.

Berbeda jika Anda datang dari Alun-Alun Wonosari, tempat goa ini berada. Pasalnya, jarak yang ditempuh hanya sekitar 9 kilometer dan bisa ditempuh dalam waktu 15 menit.

Jalur yang ditempuh relatif mudah, apalagi banyak rambu-rambu jalan. Dari pusat kota silakan menuju Jalan Kolonel Sugiyono lalu ke Jalan Nasional III.

Belok kiri sebelum RSU Pelita Husada dan lanjutkan sekitar 2,5 kilometer. Lokasi tubing Gua Kalisuci berada di dekatnya. Cukup lanjutkan perjalanan sekitar 1,5 kilometer dan ikuti rambu yang tersedia.

Secara administratif, objek wisata ini terletak di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul, DIY.

Biaya masuk dan jam buka

Ada banyak cara untuk membuat liburan Anda menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Salah satunya dengan mengunjungi tempat wisata terdekat. Tentu saja perlu persiapan, termasuk biaya tiketnya.

Jika Anda juga berada di gua ini, jangan lupa berhemat untuk menjelajahi semua keindahan yang ada di sana.

Harga tiket masuk Cave Tubing Kalisuci di Gunung Kidul tergolong murah, yakni 5.000 rupiah per orang. Namun hal tersebut hanya berlaku untuk memasuki lokasi wisata saja, belum termasuk penjelajahan gua.

Jika ingin melihat betapa eksotisnya pemandangan di dalam gua, siapkan biaya sebesar 70.000 per orang. Harga tersebut sudah termasuk perlengkapan keselamatan dan panduan.

Kegiatan yang menarik

Kegiatan tubing di Gua KalisuciFoto oleh Amin Rahmadi di Google Maps

Pastinya Anda sudah bisa membayangkan bagaimana kondisi goa yang sedang kita bicarakan kali ini. Suasananya asri, pemandangannya indah dan udaranya terasa sejuk. Selain itu, ada beberapa aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan. Berikut detailnya!

1. Jelajahi gua dengan Cave Tubing Kalisuci

Namanya juga Kalisuci Cave Tubing yang artinya berburu gua adalah kegiatan utamanya. Kegiatan ini sangat seru apalagi jika dilakukan secara tim. Agak menakutkan bagi mereka yang belum terbiasa.

Namun setelah melihat keindahan gua, semua ketakutan itu seolah hilang. Jarak 500 meter dengan waktu berkendara 2 jam terasa hanya beberapa menit saja.

2. Mendayung santai sambil menikmati keindahan

Tak hanya aktivitas caving saja yang ditawarkan, Anda juga bisa memilih aktivitas yang lebih menenangkan. Mendayung misalnya, kegiatan ini tidak kalah serunya dengan yang pertama. Tak ada rasa seram karena kali ini mengambil lokasi di luar Cave Tubing Kalisuci Gunung Kidul.

Pengunjung dapat menikmati keindahan dan suasana alam sambil mengayuh kano yang berbentuk khusus.

3. Rasakan sensasi arung jeram

Meski jarang populer, tak ada salahnya mencoba arung jeram. Hampir sama dengan Cave Tubing Kalisuci Gunung Kidul, namun kali ini tidak masuk ke kedalaman goa. Rifting sangat cocok bagi wisatawan yang ingin memacu adrenalin.

Dengan perahu karet dan perlengkapan keselamatan yang lengkap, Anda harus melintasi medan sungai yang berbatu-batu sesuai aliran air.

4. Cari titik foto

Aktivitas terakhir yang tidak boleh dilewatkan adalah mencari spot foto terbaik. Bahkan, semua tempat wisata mempesona ini layak untuk dijadikan latar foto. Namun, yang terpenting adalah saat Anda berada di dalam gua.

Saat cuaca cerah, sinar matahari menembus rongga gua dan menciptakan cahaya latar yang menakjubkan.

Fasilitas tersedia

Sistem tabung gua KalisuciFoto oleh Syahrir Mahyudin di Google Maps

Kawasan wisata Cave Tubing Kalisuci menawarkan berbagai fasilitas penunjang yang membuat wisatawan betah. Jika Anda datang dengan kendaraan bermotor, harap parkir di tempat parkir yang telah ditentukan.

Kios-kios yang menjual jajanan, makanan berat, dan berbagai jenis minuman berjejer rapi. Fasilitas lainnya meliputi toilet, musala, pendopo, pusat informasi, dan layanan pemandu.

Jogja diberkati dengan topografi perbukitan yang menyimpan keindahan alam. Potensi wisatanya besar, namun hanya sebagian saja yang bisa dimanfaatkan.

Jika Anda ingin merasakan sensasi liburan yang semakin tak terlupakan, Cave Tubing Kalisuci di Gunung Kidul adalah pilihan yang tepat. Di sini Anda akan menemukan keindahan alam, aktivitas yang memacu adrenalin, dan suasana yang asri.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button