Berita Wisata

Cegah Abrasi Pantai, Babinsa Kodim 1202-03/Sui Raya Tanam Bibit Mangrouve – Suarapemredkalbar.com

BENGKAYANG, SP- Babinsa Koramil 1202-03/Sungai Raya, Sertu Sugiyanto didampingi warganya turun ke bibir pantai untuk menanam bibit Mangrove di Teluk Suak, Desa Karimunting, Kecamatan Sungai Raya Kepulauan, Kabupaten Bengkayang pada Jumat (25/11/2022).

Untuk membendung air laut saat air pasang guna mengurangi abrasi di masa mendatang di wilayah pesisir, Babinsa Koramil 1202-03/Karimunting Sertu Sugiyanto bekerja sama dengan masyarakat menanam 1.600 pohon bakau siap tanam.

Dalam kesempatan tersebut, Babinsa menyampaikan bahwa kegiatan ini bekerjasama dengan kelompok pecinta alam dalam rangka mendukung program pemerintah penghijauan kawasan pesisir untuk mencegah abrasi pantai.

“Pohon mangrove berfungsi sebagai penahan dan pencegah abrasi, hutan mangrove juga sebagai penahan pengaman dari ancaman gelombang pasang (tsunami) dan mendukung kehidupan biota laut,” ujar Babinsa.

Selalu dikatakan Sertu Sugiyanto yang merupakan anggota Kodim 1202/Skw, jangan remehkan mangrove yang berdiri di tepi pantai dengan keberadaan hutan mangrove yang memiliki sejuta manfaat bagi lingkungan sekitar.

“Hutan mangrove dapat menyediakan keanekaragaman hayati dan menjadi sumber penghidupan berbagai jenis hewan laut, seperti ikan, kepiting, dan lain-lain,” ujar Sertu Sugiyanto.

Untuk sementara waktu yang terpisah. Danramil 1202/Sui Raya, Serma Mario menyebut keberadaan Koramil 1202-03/Sui Raya, khususnya Babinsa, selain membantu dan hadir mendukung kegiatan masyarakat di wilayah yang dibantunya.

“Babinsa juga peduli terhadap kelestarian lingkungan alam, salah satunya penanaman pohon mangrove. Penanaman bibit mangrove sebagai bagian dari pengelolaan dan rehabilitasi ekosistem pesisir dan laut sangat penting dan sangat bermanfaat bagi masyarakat yang tinggal di wilayah pesisir seperti dapat mencegah abrasi pantai dan menjaga ekosistem laut,” pungkasnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button