Tak Berkategori

CIBURIAL CURUG: Tiket & Aktivitas Januari 2024

Air Terjun Ciburial

  • Biaya masuk: Rp20.000
  • Jam buka: 07.00 – 17.00
  • Nomor telepon:
  • Alamat Lokasi : Karang Tengah, Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat, Indonesia, 16810

Air Terjun Ciburial merupakan air terjun tingkat pertama, dari ketiga air terjun tersebut dua diantaranya adalah Curug Kembar dan Hordeng. Air terjun ini terletak di kawasan Sentul Bogor. Inilah tempat yang tepat bagi wisatawan yang menyukai suasana keheningan alam. Meski tidak terlalu tinggi, namun tempat ini sangat indah. Apalagi airnya masih sangat jernih.

Biaya masuk Air Terjun Ciburial Bogor

Objek wisata ini bisa dinikmati dengan tiket masuk terjangkau hanya Rp 20.000 saja. Wisatawan juga tetap dikenakan biaya satu tiket masuk per kendaraan yang memasuki kawasan wisata. Tapi jangan khawatir, semuanya masih sangat terjangkau.

Biaya masuk air terjun Ciburial

Baca: Tiket Masuk dan Objek Wisata CURUG CIBALIUNG Bogor

Jam buka Air Terjun Ciburial Bogor

Objek wisata ini dapat dinikmati mulai pukul 07.00 hingga 17.00. Wisatawan yang ingin merasakan kesejukan bisa datang dari pagi hari.

Menikmati keindahan Air Terjun Ciburial Bogor

Kolam air terjun jernih berwarna hijau kebiruanKolam air terjun jernih berwarna hijau kebiruanKolam air terjun jernih berwarna hijau kebiruan. Foto: Gmap/hasan sadiq

Curug Ciburial, air terjun cantik yang berada di tengah hutan. Siapa sangka di tengah belantara Kota Bogor masih ada keindahan alam berupa air terjun ini. Meski arusnya tidak terlalu besar, hanya sekitar 5 meter. Namun pesonanya tak kalah dengan air terjun lain yang lebih tinggi.

Air terjun ini mengalir deras dan membelah bebatuan besar di kedua sisinya. Batu-batu tersebut seolah memberi jalan bagi air terjun untuk mengalir bebas ke kolam di bawahnya. Air kolamnya terlihat begitu jernih, bahkan terkadang terlihat berwarna hijau kebiruan. Sangat cocok dengan warna coklat bebatuan di sekitarnya.

Baca: 10 Tempat Wisata Terbaik di Sentul

Udaranya masih sangat sejuk. Selain itu, masih banyak tumbuh tanaman disekitarnya berupa semak dan pepohonan. Hal ini membuat pemandangan semakin indah. Air terjunnya yang tidak terlalu tinggi dan kolamnya yang tidak dalam menjadi keunggulan tersendiri bagi wisatawan.

Berenang di air kolam yang jernih

Berenang santai di kolam renangBerenang santai di kolam renangBerenang santai di kolam renang. Foto: Gmap/Ade Saif Ali

Cekungan air terjun Ciburial begitu jernih. Warnanya juga terlihat hijau kebiruan jika terkena sinar matahari. Kolamnya tidak terlalu dalam, sehingga wisatawan bisa berenang dengan leluasa. Wisatawan bisa berenang dengan atau tanpa pelampung.

Bahkan tak jarang wisatawan membawa gerobak mainan sekadar untuk berfoto. Waktu yang tepat untuk bermain kolam adalah musim kemarau. Sebab drainase airnya tidak terlalu tinggi dan aliran airnya tidak terlalu deras. Apalagi air kolam terlihat sangat jernih di musim kemarau.

Baca: Tiket Masuk CURUG BIDADAARI Sentul dan Aktivitas

Saat musim hujan, aliran air terjun menjadi lebih deras. Sehingga tentu membahayakan wisatawan yang bermain di kolam tersebut.

Ambil foto keindahan Ciburial

Spot foto paling digemari wisatawanSpot foto paling digemari wisatawanSpot foto paling digemari wisatawan. Foto: SALURAN Gmap/UDAR1DER

Jika tidak ingin bermain air, Anda juga bisa menikmati hal lain di sini. Yakni dengan berfoto dengan latar belakang air terjun yang mempesona. Selain itu, bebatuan di sekitarnya menambah keindahan bingkai foto.

Batu besar di depan air terjun biasanya menjadi spot populer para wisatawan. Wisatawan akan duduk di atas batu tersebut dan berpose cantik. Dari sini Anda bisa melihat dengan jelas air terjun Ciburial yang mempesona. Wisatawan juga membawa alat peraga foto seperti kain tenun.

Baca: Tiket Masuk Air Terjun PURI KENCANA Sentul dan Aktivitas Serunya

Selain itu, pihak manajemen telah menyediakan spot foto khusus. Di sini wisatawan bisa mengambil foto di spot-spot yang disediakan dengan biaya tertentu. Wisatawan hanya perlu membayar Rp 3.000 untuk setiap spot foto.

Asal Usul Air Terjun Ciburial

Keindahan air terjun Ciburial yang mempesonaKeindahan air terjun Ciburial yang mempesonaKeindahan air terjun Ciburial yang mempesona. Foto: Gmap/Vivi asr

Saat berwisata ke suatu tempat pastinya menjadi penasaran dengan asal muasalnya. Seperti mengunjungi air terjun ini. Air Terjun Ciburial ditemukan secara kebetulan oleh seorang warga desa yang sedang mencari kayu. Di sana, warga mendengar gemericik air deras di balik semak tinggi.

Suara gemericik itu terlacak dan berujung pada sebuah air terjun yang tidak disebutkan namanya. Hingga akhirnya warga sekitar menyarankan nama “Ciburial” untuk air terjun tersebut. Yang artinya “air yang datang dari bawah” dalam bahasa Indonesia.

Baca: Tempat Wisata CURUG HORDENG Sentul

Kemudian penduduk setempat mulai membuka tempat itu sebagai objek wisata umum. Yang juga bisa dikunjungi oleh orang lain selain penduduk setempat. Dan hingga saat ini menjadi objek wisata yang tak pernah sepi pengunjung. Utamanya pengunjung yang mendambakan kedamaian dan ketenangan tanpa harus bepergian jauh ke luar kota.

Nikmati masakan sederhana di Warung

Di sekitar air terjun terdapat stand-stand dengan bangunan semi permanen. Kios-kios ini menjual segala sesuatu mulai dari bahan makanan pokok hingga makanan ringan dan minuman. Ada mie instan, kopi, teh, dan gorengan untuk mengenyangkan perut. Meski sederhana, namun akan terasa nikmat bila disantap hangat-hangat.

Apalagi saya menikmatinya dari tempat yang indah dan sangat sejuk. Menjadikan suasana semakin menyenangkan dan membuat semua orang yang menikmatinya menjadi bahagia.

Baca: 20+ Air Terjun Terbaik di Bogor

Perabot

Tempat wisata ini dilengkapi dengan fasilitas umum. Misalnya tempat parkir kendaraan, tempat penyimpanan helm, toilet dan lapak. Pendakian menuju air terjun ini cukup menantang, menanjak dan terdapat bagian yang terjal. Wisatawan sebaiknya memakai alas kaki yang nyaman dan aman saat trekking.

Lokasi Air Terjun Ciburial

Terletak di Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Air terjun ini terletak tidak jauh dari pusat kota Jakarta, hanya berjarak 60 kilometer. Dapat ditempuh dalam waktu 2 jam perjalanan. Kini hanya berjarak 32 kilometer dari Kota Bogor dan perjalanan memakan waktu 1,5 jam.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button