Tempat Wisata

Cicipi 11 menu kuliner khas Asia Tenggara dalam seribu rasa

Pernahkah Anda mendengar restoran yang menyajikan menu kuliner dari berbagai negara Asia Tenggara? Jika belum, Anda patut mencoba mampir ke restoran Seribu Rasa.

Berkolaborasi dengan Chef Chandra, restoran ini menyajikan beragam cita rasa Asia Tenggara. Inspirasi restoran ini berasal dari penggunaan bumbu dan rempah yang membuat masakan Asia Tenggara begitu menarik.

Didirikan pada tahun 2008, restoran ini berharap pelanggannya dapat menemukan keragaman kuliner Asia Tenggara sambil bersantap di Seribu Rasa. Sesuai dengan nama restorannya, cukup banyak menu yang ditawarkan di sini dan tentunya ada juga menu Indonesia.

Seribu Rasa menyajikan ayam, daging sapi, ikan, makanan laut, sayuran dari berbagai negara. Yuk, kita lihat menunya!

1. Cakwee Hidangan Laut Oriental

Review menu di Seribu Rasa diawali dari menunya starter yang diulas secara detail oleh pengulas. Nama menunya adalah Oriental Seafood Cakwee. Menu ini sangat direkomendasikan oleh pengunjung Restoran Seribu Rasa.

Jadi, hidangan ini adalah cakwee diisi dengan puree cumi dan udang. Cakwee Di atasnya diberi biji wijen dan disajikan dengan saus asam manis. Tekstur luar cakweeRenyah dan renyah namun isiannya begitu empuk dan lembut.

Makan dengan saus dan bumbui sesuai selera cakweeitu sangat cocok. Kenikmatan cakweeAnda langsung merasakannya pada gigitan pertama.

2. Udang Tempoe Doeloe

Juga menu lainnya sangat dianjurkan adalah Gulungan Udang Tempoe Doeloe. Meskipun namanya “udang gulung”, hidangan ini tidak seperti udang yang digulung dalam tepung tempura. Menu udang ini lebih mirip Nugget Udang atau Kue Udang.

Udang Gulung Tempoe Doeloe ini bentuknya tidak seperti udang utuh, melainkan menyerupai udang yang dicincang lalu dibentuk menjadi potongan-potongan panjang. Hidangan udang ini disertai dengan menyelam dalam bentuk saus mayonaise.

Tekstur udangnya sendiri kenyal seperti siomay, dan rasa udangnya pun begitu khas. Ini adalah kulit terluarnya renyah dan bagian dalamnya lembut. Satu porsi Tempoe Doeloe Shrimp Rolls isi 5 bagian-bagian.

3. Ayam Goreng Binjai

Menu ayam goreng banyak sekali di Indonesia. Setiap daerah mempunyai menu ayam gorengnya masing-masing. Seperti dari daerah Binjai, Sumatera Utara. Menu Ayam Goreng Binjai tersedia di Seribu Rasa.

Ayamnya disajikan renyah dan digoreng. Namun sebelum digoreng, potongan ayamnya direndam terlebih dahulu dengan bumbu khas binjai. Setelah digoreng, ayamnya disajikan dengan sambal khas Binjai.

Saat disantap hangat-hangat, rasa gurih ayamnya langsung meresap di mulut. Tekstur ayamnya empuk banget tapi kulit luarnya renyah banget.

4. Tahu pot tanah liat dengan seribu rasa

Tahu pot tanah liat adalah masakan khas Tiongkok yang terbuat dari tembikar. Isinya terdiri dari tahu dan sayuran serta bahan tambahan lainnya. Di Seribu Rasa, hidangan besar ini berisi tahu, cumi, udang, jamur, dan berbagai macam sayuran. Tambahan lainnya adalah irisan jahe dan daun bawang.

Pot Tanah Liat Tahu Seribu Rasa ini bekas saus tiram. Dari segi rasa, masakan ini sangat enak. tiram Sausnya terasa nikmat dengan konsistensi yang kental. Kematangan cumi dan udangnya pas sehingga rasanya enak.

Tahunya empuk banget sampai pecah di mulut. Penggunaan irisan jahe memberikan aroma yang sedap pada masakan ini. Bagian Peninjau mengatakan mereka sangat menyukai menu ini.

5. Cumi Lada Hitam Malioboro

    Cumi Lada Hitam Malioboro

Menu makanan laut satu lagi untuk penggemar seafood: Cumi Lada Hitam Malioboro. Hidangan ini terdiri dari cumi-cumi yang digoreng lalu diolah sesuai menu lada hitam dan bumbu kecap kemudian disajikan bersama dengan paprika.

Tekstur cumi-cumi itu sendiri adalah sesuatu keras tapi mudah pecah saat dikunyah. Rasanya lada hitamRasanya gurih sekali, terasa sedikit pedas dan juga ada kecap manisnya. Penambahan paprika yang sudah jadi akan memperkaya cita rasa masakan. Hidangan ini terdiri dari 2 potong cumi per porsi. Untuk penggemar makanan lautpastikan kamu memilih menu yang satu itu ya.

Baca juga: 10 Makanan Khas Indonesia Yang Enak dan Terkenal Mendunia

6. Bebek renyah Vietnam

Bebek renyah Vietnam

Secara umum masakan bebek terkenal berasal dari Tiongkok bebek peking. Namun ternyata Vietnam juga punya menu bebek yang tak kalah nikmatnya. Bebek Renyah Vietnam adalah hidangan bebek panggang renyah ala Vietnam.

Warna daging bebeknya masih merah jambu. Bebeknya dipotong-potong dan disajikan dengan daun ubi dan kuahnya Hoisin. Konsistensi daging bebeknya sangat lembut, rasanya enak dan tidak berbau amis. Bagian luarnya bertekstur renyah. Penggunaan saus Hoisin sangat cocok untuk bebek.

7. Nasi Lemak Malaka

Nasi Lemak adalah masakan khas Malaysia. Nasi Lemak Malaka atau dikenal juga dengan Nasi Lemak Melaka merupakan variasi Nasi Lemak dari Melaka. Di Seribu Rasa kamu bisa menikmati hidangan khas negeri jiran ini.

Menu ini antara lain nasi, balado daging sapi, telur goreng, udang goreng, tahu petai, serundeng, ikan kecil goreng, dan kacang tanah. Rasa hidangan ini sangat enak dan semua rasa menyatu. Rasanya seperti menambahkan sesuatu menendang bila disantap dengan sambal. Selain itu menu ini juga mengenyangkan.

8. Udang emas ala siam

Udang emas gaya siam

Jika sebelumnya ada menu gurita, kali ini ada menu udang. Hidangan ini terdiri dari udang yang dibumbui dengan saus telur asin. Saat ini penggunaan kuning telur asin sebagai bumbu masakan sudah sangat populer.

Menu ini disajikan dengan bihun yang digoreng dengan minyak panas sehingga teksturnya menjadi renyah seperti kerupuk. Bihunnya ditaruh di bawah udang, udangnya harus besar. Meski dibumbui dengan kuning telur asin, namun masakannya tidak seperti itu berminyak. Soal rasanya tidak perlu ditanyakan, yang pasti enak.

9. Ayam goreng dan sambal mangga

Saus Mangga Ayam Goreng

Menu ayam goreng lainnya di Seribu Rasa adalah Ayam Goreng Saus Mangga. Kalau Ayam Goreng Binjai adalah ayam tanpa tepung yang diolah dengan bumbu Binjai, maka menu ini adalah menu ayam goreng yang diolah dengan tepung. Ayam goreng jenis ini sangat digemari.

Nah karena namanya “Ayam Goreng Saus Mangga”, maka ayam goreng tepung ini dibumbui dengan saus mangga. Menu ini menawarkan perpaduan rasa asam dan manis yang pas di lidah. Sausnya cukup enak sehingga ayamnya terasa enak.

10. Nasi Bogana Prambanan

Nasi bogana prambanan terdiri dari nasi yang dimasak dengan santan dan dibungkus dengan daun pisang. Selain nasi, Nasi Bogana juga biasa disajikan dengan berbagai lauk dan pendamping seperti ayam atau ikan goreng, telur rebus, sambal pedas, irisan timun, dan kerupuk.

Di Seribu Rasa, nasi bogana prambanan terdiri dari nasi empuk disertai beberapa lauk pauk, seperti B. Sambal Hati Goreng yang rasanya enak dengan banyak petai.

Selain itu ada juga chicken schnitzel yang dibumbui bumbu spesial, tumis kacang panjang, daging empal, dan orek tempe cabai hijau. Ada juga sejumput ebi. Semua makanan pendamping ini membuat Nasi Bogana sangat lezat.

11. Mie jawa

mie jawa

Mie jawa merupakan masakan yang sangat digemari. Hidangan ini sering ditemukan tidak hanya di restoran, tetapi juga di warung-warung kecil pinggir jalan. Ciri-cirinya adalah “mengisap” sehingga piring tidak menjadi kering atau basah.

Porsi mie jawa di Seribu Rasa cukup banyak dan bervariasi topping. Penggunaan bumbunya juga cukup berani. Rasa mienya perpaduan antara manis, gurih dan a sedikit tendangan karena rasanya juga pedas. Tekstur mienya cukup unik lengket. Mie ini disajikan dengan irisan udang dan cumi yang agak besar. Inilah cara sempurna menikmati mie jawa dari Seribu Rasa.

Jika Anda tertarik untuk mengunjungi restoran Seribu Rasa, Anda bisa mengunjungi lokasi restoran tersebut di wilayah Jabodetabek. Restoran ini memiliki gaya modern dan kasual, memungkinkan para tamu untuk bersantai dan menikmati hidangan lezat.

Seribu Rasa tidak hanya cocok sebagai tempat menikmati santapan saja, tapi juga sebagai tempat bertemu teman, keluarga, bahkan untuk acara hal-hal tertentu seperti pernikahan.

Jika Anda memeriksa secara resmi Di Instagram Seribu Rasa, Anda akan menemukan banyak foto pernikahan di restoran tersebut. Ingin mencoba menu kuliner khas Asia Tenggara di Seribu Rasa?

Source: keluyuran.com

Related Articles

Back to top button