Tempat Wisata

Cirebon Waterland Ade Irma Suryani, destinasi populer untuk liburan keluarga

harga tiket: Rp 25.000 Waktu aktif: 09.00-18.00 WIB, Alamat: J L. Yos Sudarso No. 1, Lemahwungkuk, Kec. Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat; map: pemeriksaan situs

Sebagai kawasan waterfront, Cirebon menawarkan tempat wisata yang wajib dikunjungi bersama keluarga. Cirebon Waterland Ade Irma Suryani adalah nama dimana sebelumnya hanya berupa taman serbaguna dengan desain apa adanya. Akhirnya, pada tahun 2015 tepatnya, situs taman ini diubah total menjadi wahana air dengan permainan dan atraksi yang sangat lengkap.

Karena dekat dengan pantai, udaranya lebih sejuk dengan angin sepoi-sepoi khas pantai. Sejak berdirinya objek wisata ini, wisatawan tidak pernah berhenti mengunjunginya. Apalagi taman di Kecamatan Lemahwungkuk ini merupakan satu-satunya di Cirebon. Bukan hanya terpaksa karena memang tidak ada pilihan lain, namun keindahan yang dijanjikan menjadi alasan kuat kenapa banyak pengunjung yang datang setiap saat.

Perlu diketahui bahwa taman yang kini bernama Cirebon Waterland Ade Irma Suryani ini sebenarnya sudah ada sejak dulu kala bernama Taman Lalu Lintas Cirebon. Pada tahun 1966, Kotamadya Cirebon berganti nama menjadi Taman Ade Irma Suryani. Namun ternyata keberadaannya tidak berjalan dengan baik karena tidak ada yang menarik untuk dilakukan selain bersantai dan duduk di bangku yang disediakan.

Objek wisata yang dimiliki Cirebon Waterland

Daya Tarik Cirebon Waterland Ade Irma SuryaniKredit foto: Google Maps Teddy Setiadi

Semua yang ada di taman yang kini menjadi objek wisata andalan di Cirebon ini memiliki pesona tersendiri. Pengunjung yang baru datang akan terkagum-kagum dengan keindahan yang dipamerkan. Bahkan yang sudah pernah berkunjung pun tak sedikit yang ingin kembali karena daya tarik Cirebon Waterland Ade Irma Suryani.

1. Keindahan desain taman

Desainnya yang cantik menjadi daya tarik pertama yang pantas untuk dibahas. Lokasinya yang luas memungkinkan untuk menawarkan berbagai wahana. Ada tiga kolam utama yang sering digunakan pengunjung. Kolam pertama untuk anak-anak dengan kedalaman yang sangat dangkal. Lalu ada kolam khusus dewasa yang memiliki kedalaman air sekitar 1,5 meter. Selain itu, ada juga lazy river yang setiap hari dipadati pengunjung. Anda bisa memilih kolam yang sesuai, namun untuk mendapatkan nuansa yang lebih seru, lazy river bagus untuk dicoba.

Ada wahana lain yang tak kalah seru di pinggir kolam, yaitu seluncuran air dengan ketinggian hingga sepuluh meter yang langsung mengarah ke kolam. Di kolam khusus anak juga terdapat seluncuran yang tidak terlalu tinggi sehingga aman untuk digunakan. Selain itu, desain dengan pola rumah mini pasti menarik bagi anak-anak. Ada total 4 slide dalam satu gedung sehingga Anda tidak perlu mengantri panjang untuk menggunakannya.

2. Suasana pantai yang sejuk

Tentunya bagi pengunjung yang datang dari jauh atau tinggal di tempat yang tidak ada pantainya, suasana khas pantai di Cirebon Waterland menjadi daya tarik tersendiri. Obyek wisata ini berada tepat di tepi laut, Anda bahkan bisa berjalan-jalan sejenak untuk menikmati deburan ombak khas pantai.

Hembusan angin juga bisa dirasakan secara lokal. Tak hanya menyejukkan, pemandangan lautnya pun tak kalah indah. Sesekali deburan ombak menuju bibir pantai terlihat cukup bagus, meski tidak ada bibir pantai karena tertutup bangunan taman. Daya tarik ini tidak hanya menarik wisatawan lokal, tetapi juga mereka yang berada jauh dari Kabupaten Cirebon.

3. Miniatur Kapal Cheng Ho

Atraksi yang dimiliki Cirebon Waterland Ade Irma SuryaniKredit Foto: Google Maps Cirebon Terbaru

Sebenarnya bukan miniatur, lebih tepatnya replika kapal Zheng He yang dibuat khusus untuk menambah daya tarik. Selain itu, fungsi utamanya adalah sebagai rumah makan atau rumah makan. Selain desainnya yang persis seperti kapal kayu, ada yang unik dari restoran Kapal Cheng Ho. Keunikan yang dimaksud adalah pramusaji didandani oleh nakhoda sehingga memberikan kesan sedang berada di tengah laut.

Di malam hari, suasananya lebih bagus dengan lampu kuning. Warna ini sengaja digunakan untuk memberikan kesan klasik, biasanya digunakan untuk kapal yang tambat di dermaga. Sekilas desain yang digunakan sangat romantis sehingga sangat cocok untuk dikunjungi saat bersama istri atau kekasih. Namun siapkan budget lebih karena daftar menunya tidak dijual murah seperti warung pinggir jalan.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Cirebon Waterland Ade Irma SuryaniKredit foto: Google Maps yunianti arif

Wisatawan lokasi tentunya tidak masalah jika ingin berkunjung ke lokasi tersebut, karena alamat lengkapnya adalah Jl. Yos Sudarso No.1, Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat. Namun bagi wisatawan luar kota perlu mengetahui rute menuju Cirebon Waterland Ade Irma Suryani. Silakan gunakan kendaraan pribadi agar tidak kehabisan waktu selama perjalanan.

Dari Pintu Tol Palimanan Cirebon, silahkan ambil rute Jalan Panglima Soedirman. Jika Anda datang dari Jakarta, rute terbaik adalah Jalan Raya Aryawinangun – Palimanan. Lokasinya tidak jauh dari pusat kota Cirebon, hanya sekitar 2 km dan dapat ditempuh dengan mobil dalam waktu 10 menit. Harap perhatikan tanda informasi saat mengemudi. Jika bisa menemukan cabang Bank Indonesia, berarti tempat wisata tersebut dekat.

Biaya masuk ke objek wisata

Tiket Cirebon Waterland Ade Irma SuryaniKredit foto: wahyu malachi Google Maps

Harus jelas bahwa taksi wisata yang menawarkan permainan atau wahana memang cukup mahal. Namun pengalaman serunya tentu saja lebih mahal dari harga tersebut. Ada biaya 25.000 rupiah untuk satu orang masuk ke Cirebon Waterland. Bagi yang ingin berenang, ada lagi tarif 15.000 rupiah. Bayi di bawah 1 tahun masuk gratis, termasuk tiket renang.

Tempat wisata seru ini buka setiap hari dengan dua waktu yang berbeda. Pada hari aktif, tempat wisata ini buka mulai pukul 09.00 hingga 17.00. Sedangkan jika ke lokasi pada hari libur tutup pada pukul 18.00. Sedikit tips buat kamu yang ingin bahagia dengan segala aktivitasnya. Sebaiknya datang dari Senin sampai Jumat karena pengunjungnya tidak terlalu banyak.

Hal menarik yang bisa dilakukan di Cirebon Waterland

Kegiatan Waterland Cirebon Ade Irma SuryaniSumber gambar: Twitter Muhammad Arif Rahman

Seperti halnya wisata air atau water boom, kegiatan yang bisa dilakukan pasti berhubungan dengan air. Namun karena letaknya di tepi laut, terdapat beberapa kekhasan dalam hal aktivitas. Pengunjung bebas melakukan aktivitas seru selama memperhatikan keselamatan dan etika atau peraturan yang berlaku di Cirebon Waterland Ade Irma Suryani.

1. Main Wahana Waterboom

Sudah dikatakan bahwa aktivitas menarik tidak keluar dari air. Namun kali ini tidak hanya bisa berenang saja, masih banyak yang lainnya. Aktivitas paling populer yang banyak dilakukan pengunjung adalah seluncuran air. Cukup ekstrim jika dilihat dari ketinggiannya. Namun, desain dan polanya aman, jadi Anda tidak perlu khawatir.

Untuk anak-anak juga bisa bermain mini slide di tengah kolam. Ada juga ember raksasa yang sesekali memuntahkan air dari atas. Kendaraan ini mungkin terlihat pasif, tetapi menyenangkan, terutama untuk bersenang-senang dengan anak-anak. Di tempat ini juga terdapat persewaan pelampung. Namun ada harga lain yang harus dibayar karena tidak masuk dalam paket tiket masuk kolam renang.

2. Wisata Kuliner

Jika harga Restoran Kapal Cheng Ho membuat Anda merasa kemahalan, masih ada alternatif untuk berburu kuliner lainnya. Ada stand atau rumah makan sederhana yang selalu ramai dikunjungi. Beberapa warung bahkan menawarkan masakan khas Cirebon yang sebagian besar menggunakan ikan laut sebagai bahan dasarnya. Ada udang, cumi, kepiting dan jenis ikan lainnya.

Tentunya tidak hanya makanan dengan bahan dasar lain saja yang tersedia seperti daging ayam, bebek, telur dan masih banyak lagi. Tidak lengkap rasanya jika tidak membawa pulang oleh-oleh. Silakan mampir ke toko suvenir atau pedagang kaki lima terdekat. Soal harga jangan khawatir karena beberapa jajanan khas Cirebon tersedia dengan harga murah.

3. Berburu spot foto

Keunikan desain Cirebon Waterland Ade Irma Suryani bukan satu-satunya yang dijadikan spot foto unik. Kapan pun, Anda bisa menggunakannya sebagai spot foto yang layak diunggah ke media sosial. Misalnya, kapal Cheng Ho menghadap langsung ke laut. Anda dapat menggunakannya sebagai latar belakang yang indah dengan desainnya yang unik.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Furnishing Cirebon Waterland Ade Irma SuryaniSumber Gambar: Google Maps Dendra Nurshaftiawan

Sebuah properti wisata dianggap lengkap dan layak dikunjungi apabila fasilitas yang disediakan memadai. Dalam hal ini, Taman Ade Irma Suryani memiliki berbagai fasilitas, sehingga dapat dinilai layak untuk dilakukan. Fasilitas yang dimaksud antara lain toilet umum, mushola, kafetaria dan warung, serta tempat parkir yang luas.

Bagi yang ingin bermalam ada fasilitas penginapan yang sangat unik yaitu rumah terapung. Lokasinya tepat bersebelahan dengan objek wisata populer yang Anda kunjungi, sehingga Anda tidak memerlukan kendaraan untuk mencapainya.

Ada banyak hal yang perlu dipersiapkan saat akan berlibur. Sebaiknya buat rencana sebelum ke Cirebon Waterland Ade Irma Suryani. Hal ini dilakukan agar suasana liburan menjadi lebih nyaman. Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah selalu menjaga kondisi tubuh sebelum melakukan perjalanan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button