Tempat Wisata

Citumang Pangandaran: Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Spot

Pangandaran memang selalu menarik untuk dikunjungi, memang pulau jawa bagian selatan dan barat terkenal dengan tempat wisatanya yang indah. Mulai dari keindahan pantai dan Taman Nasional Satwa hingga pesona wisata air. Di Pangandaran sendiri terdapat wisata alam yang menampilkan pesona keindahan aliran sungai.

Citumang Pangandaran adalah sungai yang membelah hutan dengan aliran sedang dan menuju ke sebuah gua. Jika diperhatikan wisata Pangandaran ini memang begitu mempesona, keindahan alam di sekitar sungai begitu asri dengan tumbuhan hutan yang masih bisa dinikmati. Selain itu, kejernihan air Sungai Citumang juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Fasilitas di Citumang Pangandaran

Sebagai salah satu tempat wisata di Pangandaran, Citumang merupakan kawasan body rafting terbaik di Pangandaran. Karena letak sungai yang ideal dan lokasi dengan debit aliran yang tenang namun menantang, kawasan ini menawarkan kesempatan body rafting untuk Anda coba.

Jika ingin menikmati serunya arung jeram Pangandaran, Anda juga bisa menyewa peralatan arung jeram di sana. Banyak alat arung jeram yang disediakan oleh pemandu. Selain fasilitas body rafting, body rafting di Citumang Pangandaran juga dilengkapi dengan fasilitas penunjang seperti toilet umum, ruang ganti, warung sembako, tempat parkir dan lain-lain.

Kisah Citumang Pangandaran

Selain terkenal dengan keindahan dan pesona sungai Citumang Pangandaran di Jawa Barat, ternyata ada mitos dibalik itu semua yang masih melekat kuat pada masyarakat sekitar. Sebelumnya, ketika Kekaisaran Indonesia akan runtuh. Ada utusan yang secara khusus mencari informasi penyebab runtuhnya beberapa kerajaan di Indonesia.

Dalam perjalanannya ia melintasi banyak sungai. Namun, di antara sungai-sungai yang dilaluinya terdapat sungai-sungai kering yang membuatnya berhenti sejenak. Keringnya sungai menyebabkan para utusan dan rombongan tidak melanjutkan perjalanan dan memutuskan untuk pergi ke sungai.

Anehnya, Messenger dan rombongannya menghilang lagi, sehingga tidak ada yang tahu alasannya. Periksa kalibrasi. Di aliran sungai tersebut ada sosok astral yang menyerupai buaya putih. Diyakini utusan dan rombongannya menjadi sasaran makhluk astral buaya putih di Sungai Citumang.

Di balik cerita mitos Citumang Pangandaran, nama Citumang sendiri bukan tanpa alasan. Sungai yang mengalir deras setelah kehilangan utusan dan rombongannya, ternyata berupa air terjun berbentuk oven. Tumang atau yang berarti “oven” inilah yang menjadi dasar asal muasal nama sungai Citumang Pangandaran ini.

Berburu foto di Citumang Pangandaran

Jika ingin menjelajahi keindahan alam Indonesia, jangan ragu untuk mengunjungi kawasan sungai Citumang Pangandaran di Jawa Barat. Keindahan wisata sungai ini begitu memikat sehingga bisa Anda jadikan tempat terbaik untuk hunting foto.

Anda dapat mengambil kursi terbaik dari sudut manapun. Panorama alam dengan hutan yang masih alami dan hijau diselingi aliran sungai yang jernih. Akan lebih menarik lagi jika anda memotret tempat wisata di Pangandaran ini. Sebagai solusinya, Anda bisa mengunjungi objek wisata ini untuk mencari angle foto terbaik.

Biaya masuk ke Citumang Pangandaran

  • Biaya masuk: Rp 20.000/orang

(Diperbarui Agustus 2023)

Jam buka Citumang Pangandaran

  • Buka setiap hari dari jam 8 pagi sampai jam 4 sore

Jalur akses menuju Citumang Pangandaran

Sungai Citumang terletak di Komplek Tempat Wisata Citumang, Desa Bojong, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Medan lokasi belum sempurna dan membutuhkan kesabaran khusus dari para pengunjung. Sesampainya di Desa Bojong di Pangandaran, Anda akan melewati aspal yang rusak dan berlubang.

Jika Anda datang dari arah pusat Pangandaran, silakan berkendara ke arah barat Pangandaran. Jarak antara objek wisata dengan pusat kota pangandaran sekitar 15 km. Dengan kendaraan pribadi, Anda bisa langsung menuju ke kecamatan Parigi.

Selain itu, Anda bisa mulai menuju Jalan Raya Pangandaran – Cijulang. Jika memilih jalur ini, tempatnya lebih dekat lagi, hanya sekitar 4 km. Namun sayang jalannya masih sangat jelek dan berbatu, sehingga jarang sekali pengunjung yang ingin melihat keindahan alam sungai Citumang Pangandaran melintas di Jawa Barat.

Tips Liburan di Citumang Pangandaran

Bagi Anda yang ingin menikmati keindahan dan pesona wisata Citumang di Pangandaran, Anda bisa mengikuti beberapa tips berikut ini. Pertama, rencanakan liburan Anda dengan mengundang grup Anda untuk menjadikan masa inap lokal lebih menyenangkan dan mengasyikkan. Kedua, berkunjunglah saat musim kemarau, selain pemandangan indah yang menyertainya. Akses menuju lokasi Citumang, Jawa Barat juga tidak terlalu sulit. Karena pada musim hujan sebagian besar jalan licin dan berlumpur.

Persiapkan segala kebutuhan mulai dari pakaian ganti, makanan, minuman, perlengkapan arung jeram, kamera dan kebutuhan lainnya. Jika Anda mencari liburan yang lebih lama, Anda bisa mencari penginapan di pesisir selatan Pangandaran. Banyak pilihan akomodasi tersedia bagi wisatawan yang berkunjung ke kawasan Pangandaran.

Demikian sekilas tentang tempat wisata Citumang Pangandaran, Jawa Barat, Indonesia. Jika Anda ingin menikmati waktu liburan dengan aktivitas yang seru dan menantang. Maka keindahan dan pesona Sungai Citumang bisa menjadi salah satu tempat terbaik untuk liburan Anda.

Galeri Foto Citumang Pangandaran

Selamat datang di Citumang
Mandi di sungai
Seperti Grand Canyon di Pangandaran
kegembiraan pengunjung

keindahan sungai
Fasilitas kuliner

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button