Tempat Wisata

Ciwidey Rabbit Park, Wisata seru bermain dengan binatang lucu di Bandung

harga tiket: Rp 15.000 Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Cimbangan, Panundan, Kec. Ciwidey, Cab.Bandung Jawa Barat; map: pemeriksaan situs

Melihat kelinci makan di dalam kandang memang sangat lucu dan menggemaskan apalagi jika melihat mereka makan dan melompat keluar dari kandang dengan area yang luas. Bagi Anda yang senang bermain dengan binatang-binatang lucu berbulu halus di luar ruangan, liburan di Taman Kelinci Ciwidey menjadi tempat yang seru dan menyenangkan.

Destinasi wisata ini merupakan kawasan liburan untuk keluarga, sangat cocok untuk zona bermain anak-anak sekaligus mengasah jiwa lembutnya. Namun, tidak sedikit remaja yang berbondong-bondong datang ke tempat piknik yang asyik dan menarik ini, terutama para pecinta hewan pemakan wortel dan sayur.

Atraksi Taman Kelinci Ciwidey

Objek wisata Taman Kelinci CiwideyKredit foto: Google Maps Shincinin Samurai

Beragam tempat liburan keluarga, di Taman Kelinci Ciwidey wisatawan disuguhkan dengan berbagai atraksi yang dapat memukau para pelancong. Selain itu, kawasan wisata ini juga banyak diminati oleh para traveler dari segala usia, mulai dari balita hingga remaja hingga dewasa.

1. Sebagai wisata edukasi

Salah satu strategi paling efektif untuk menjaga anak dari kecanduan judi adalah dengan mengajak mereka bermain di luar. Saat libur kerja atau sekolah tiba dan keluarga mengajak piknik, taman ini menjadi alternatif yang wajib dicoba. Selain untuk rekreasi, kawasan ini juga digunakan sebagai wisata alam.

Saat anak-anak bermain di taman, mereka bisa lebih leluasa mengekspresikan diri dalam berbagai aktivitas. Dukungan orang tua sangat dibutuhkan dengan memberikan arahan tentang pentingnya menjaga, merawat dan menjaga alam. Jadi ini adalah cara mengasuh anak yang sederhana namun efektif.

Apalagi ketika spesies dan warna hewan yang berbeda, yaitu kelinci, melompat di ruang terbuka yang hijau, bersih dan nyaman. Mereka bisa bermain dengan cara mengejar, memegang dan memberi makan hewan-hewan menggemaskan tersebut. Selain itu, orang tua juga bisa memberikan pelajaran dalam merawat dan memelihara kelinci.

2. Seluruh spesies kelinci

Bukan hanya wisata edukasi, namun ada daya tarik lain di Taman Kelinci Ciwidey yaitu terdapat spesies kelinci yang lengkap. Wisatawan senang tidak hanya pada kelinci domestik, tetapi juga pada berbagai spesies dari luar negeri. Sehingga pengunjung bisa lebih mengenal berbagai jenis dan warna kelinci dari negara lain.

Spesies kelinci yang ada di destinasi keluarga ini adalah Lion Head. Hewan imut dan lucu ini berasal dari Amerika dan Belgia. Keunikannya adalah ia memiliki kepala seperti singa, tetapi para pelancong tidak perlu takut dilompati. Meski berwajah seperti singa, kelembutan dan kelucuan hewan ini tetap terpancar kuat.

3. Penataan taman kelinci yang rapi

Daya tarik lain dari Taman Kelinci CiwideySumber gambar: Twitter Moh Irvan Frdynsh

Hal lain yang menarik dari Taman Kelinci Ciwidey adalah penataan tempat yang tertata rapi untuk memberikan kenyamanan bagi wisatawan dan melindungi hewan-hewan tersebut. Penataan ini bisa dikenali dengan membuat kandang dengan ukuran tertentu di area taman terbuka. Selain itu, hal yang menarik dari tempat ini adalah setiap jenis kandang kelinci berbeda dengan jenis lainnya.

Jadi jika wisatawan ingin menikmati kelinci peliharaan, ada area untuk melihat berbagai jenis kelinci peliharaan. Namun, bagi pengunjung yang ingin melihat kelinci asing, tersedia kandang khusus untuk mengamati kelinci dengan seksama. Namun, biasanya mereka tidak diperbolehkan masuk kandang karena pihak pengelola mengharapkan hal-hal yang tidak diinginkan.

4. Lokasi dingin, sejuk dan asri

Melengkapi atraksi di Taman Kelinci Ciwidey, destinasi wisata ini berada di ketinggian 1.400 mdpl. Keberadaannya tidak hanya untuk kenyamanan wisatawan, hewan berbulu halus ini juga membutuhkan kondisi cuaca yang dingin, sejuk, dan nyaman. Karena kelinci adalah hewan yang fisiknya lemah dan cenderung rapuh di suasana panas.

Selain itu, lokasinya yang berada di ketinggian ribuan meter di atas permukaan laut menawarkan keunggulan lain yaitu pengunjung dapat menikmati pemandangan alam yang sangat indah. Berbagai jenis pohon yang hijau dan asri, persawahan warga yang terlihat sejuk dan meluas juga bisa dinikmati. Wisatawan secara otomatis menerima bonus udara kaya oksigen.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Taman Kelinci CiwideyKredit foto: Google Maps Oo Suharto

Destinasi Wisata Keluarga Taman Kelinci Ciwidey terletak di Desa Cikembang, Panundaan, Kecamatan Ciwidey, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat. Bagi wisatawan yang datang dari Jalan Gambung Kabupaten Bandung, jarak yang harus ditempuh untuk sampai ke tempat tersebut sekitar 40,3 km. B. untuk waktu yang diperlukan 1 jam 50 menit.

Rute yang harus ditempuh adalah mengarahkan kendaraan menuju Cimaung kemudian dilanjutkan menuju kawasan Cangkuang. Setelah sampai di Cangkuang, berkendaralah ke Jalan Ciputih dan susuri jalan provinsi hingga sampai di Jalan Ciwidey. Sesampainya di kawasan tersebut, berkendaralah dengan kecepatan rendah sesuai petunjuk arah menuju tempat wisata ini tidak jauh dari Masjid Jami Al Mujahidin.

Tiket masuk Taman Kelinci Ciwidey

Tiket masuk Taman Kelinci CiwideySumber Gambar: Google Maps Hendra Karunia

Meski Ciwidey Rabbit Park menawarkan berbagai atraksi unik dan menarik, namun tiket masuk ke tempat ini tidak mahal, hanya Rp 15.000 per orang. Kreativitas pengelola terlihat jelas, karena setiap pengunjung yang membayar tiket masuk menerima dua wortel untuk memberi makan kelinci.

Namun disediakan 3 wortel seharga Rp bagi pengunjung yang mengobrol lebih lama dengan kelinci. 5.000. Perlu diingat dan bila perlu diperhatikan bahwa destinasi keluarga ini buka dari hari Senin sampai Jumat mulai pukul 10.00 WIB hingga 20.00 WIB. Sementara pada hari Sabtu, Minggu dan hari libur buka pada pukul 09.00 WIB – 21.00 WIB.

Kegiatan menarik di taman kelinci

Kegiatan Taman Kelinci CiwideySumber gambar: Google Maps Rini Inggriani

Tentunya saat melihat-lihat objek wisata yang ada di Taman Kelinci Ciwidey ini, terdapat berbagai aktivitas seru yang bisa dilakukan. Karena citra objek wisata di sana begitu memikat dan membuat wisatawan tidak sabar untuk tiba di tempat ini. Beberapa kegiatan menarik yang bisa dilakukan antara lain:

1. Bermain dengan kelinci

Hal utama yang digemari, digandrungi dan dicintai wisatawan saat berada disini adalah bermain dengan kelinci. Ada berbagai spesies langka, sehingga banyak pengunjung yang berburu, memegang, dan memberi makan hewan lucu dan lembut ini. Kegiatan seru ini mendorong pengunjung untuk secara spontan mengabadikan momen dengan kamera dan ponsel mereka.

2. Menikmati suasana alam yang sejuk

Ketinggian 1.400 mdpl di Taman Kelinci Ciwidey menjadikan destinasi wisata menarik ini sebagai kawasan yang sejuk dan segar. Oleh karena itu, selain bermain dengan kelinci, menikmati suasana alam yang sejuk menjadi kegiatan yang menarik. Itulah yang biasanya dilakukan orang tua ketika mereka ada. Sembari menunggu putra-putrinya bermain dengan kelinci, para ibu dan bapak mengenang pemandangan alam di sana.

3. Wisata Kuliner

Kegiatan Lainnya Ciwidey Rabbit ParkKredit foto: Google Maps Shincinin Samurai

Setelah selesai bermain dengan kelinci dan menikmati suasana alam yang sejuk di Taman Kelinci Ciwidey dan perut sudah lapar, saatnya nongkrong di penjual makanan. Destinasi wisata keluarga ini juga dilengkapi dengan berbagai warung makan yang bisa dinikmati wisatawan, sehingga Anda juga bisa mengajak keluarga berwisata kuliner di tempat-tempat tersebut.

Selain itu, warung makan di kawasan ini terletak di ruang terbuka yang hijau, bersih, dan asri. Pecinta kuliner akan merasakan sensasi berbeda saat menikmati santapan di tempat. Makanan setelah digigit selalu ditemani dengan pepohonan yang hijau, rerumputan yang bersih, udara yang sejuk dan udara yang segar.

4. Belanja oleh-oleh

Saat berlibur di Taman Kelinci Ciwidey, banyak orang yang mengetahui sedang membeli oleh-oleh meski tidak ada barang titipan dari teman, keluarga, atau tetangga. Jadi, jika berbagai kegiatan menarik sudah dilakukan dan masih banyak sisa uang, jangan pulang dengan tangan kosong, belanja oleh-oleh.

Tempat wisata keluarga ini tidak hanya menjual oleh-oleh dan makanan khas daerah, tetapi juga kelinci di daerah tersebut dengan harga terjangkau. Oleh karena itu, bagi pengunjung yang tertarik dengan kelinci, tidak sulit menemukan tempat yang menjual hewan tersebut.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Taman Kelinci CiwideyKredit foto: Google Maps Shincinin Samurai

Fasilitas pendukung di Taman Kelinci Ciwidey cukup lengkap, yang dapat menghadirkan keamanan dan kenyamanan bagi para wisatawan. Fasilitas tersebut meliputi tempat parkir sepeda motor dan mobil. Selain itu, terdapat juga toilet umum, musala untuk tempat ibadah dan juga bangku untuk bersantai menikmati pemandangan alam.

Jika anda sedang mencari tempat liburan keluarga yang seru, menarik, seru, seru dan menyenangkan, liburan di Taman Kelinci Ciwidey adalah pilihan yang tepat. Karena objek wisata ini menawarkan beragam atraksi dan aktivitas menarik yang cocok untuk berbagai kalangan usia, mulai dari anak kecil hingga remaja hingga dewasa.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button