Berita Wisata

Cliff Palace, objek wisata para pemburu sunrise dan sunset

Antv – Tebing Keraton adalah salah satu wisata di Bandung Jawa Barat yang menurut anda sangat wajib untuk dikunjungi. Seperti diketahui, Bandung memiliki banyak tempat wisata yang didominasi oleh wisata alamnya yang sangat indah.

Salah satu dari sekian banyak tempat wisata yang indah di Bandung adalah Tebing Keraton. Tempat ini memang sangat populer akhir-akhir ini di kalangan masyarakat Bandung sendiri maupun luar kota.

Tempat wisata ini menjadi populer terutama di kalangan remaja karena menawarkan tempat ambil foto Instagramable.

Jika Anda mengunjungi tempat wisata ini, Anda akan menemukan keindahan alam yang luar biasa dan menawan yang dapat memanjakan mata Anda.

Apalagi tempat wisata ini juga cocok bagi Anda yang ingin menyegarkan pikiran dengan segala rutinitas yang padat dan melelahkan.

Berikut penjelasan mengunjungi Tebing Keraton di Bandung, mulai dari harga tiket, rute, fasilitas, tempat yang tersedia dan hal-hal menarik di kawasan wisata ini, dilansir dari VIVA.

Atraksi Tebing Keraton

img_title

Tebing Keraton. (Foto: Instagram @in_fittt)

Tempat wisata Tebing Keraton ini sangat kaya akan pemandangan dan suasana yang indah. Tempat ini juga memiliki banyak tempat yang nyaman untuk dinikmati bersama teman, sahabat, kekasih atau bersama keluarga tercinta.

Berbicara tentang Tebing Keraton, tentunya tempat ini memiliki daya tarik tersendiri dibandingkan dengan tempat lain. Apakah mereka? Lihat ulasannya di bawah ini.

1. Pemandangan alam yang sangat indah

Daya tarik pertama dari tebing keraton ini adalah menyuguhkan pemandangan yang sangat indah yang bisa Anda nikmati. Jika anda mengunjungi tempat satyu ini, maka anda menuju ke atas tebing dan anda bisa melihat hamparan hutan dan perbukitan yang diselimuti kabut tebal.

Pemandangan alam ini begitu indah dan asri sehingga pengunjung bisa menjadikan tempat ini sebagai tempat berfoto dengan latar belakang pemandangan yang menawan.

Bahkan tebing-tebing di sana sangat Instagrammable yang sangat cocok untuk anak muda. Sehingga Anda bisa membawa pulang momen indah setelah berlibur di salah satu tempat wisata di Bandung ini.

2. Menikmati matahari terbit

Jika Anda memang menyukai dan menjadi pemburu matahari terbit dan terbenam, maka menara tebing ini sangat cocok sebagai objek untuk melihat matahari terbit di pagi hari. Anda harus datang pagi-pagi sekali untuk melihat matahari terbit.

Jadi, bukan hanya pemandangan bukit dan hutan saja yang bisa Anda lihat. Selain melihat matahari terbit, background yang Anda lihat juga merupakan pemandangan Gunung Guntur yang disuguhkan kepada pengunjung yang dapat menyegarkan mata dan pikiran.

Pemandangan dari tempat ini akan jauh lebih eksotis ketika hamparan hutan masih diselimuti kabut bila Anda datang di waktu yang tepat. Sinar matahari terbit akan jauh lebih indah dan indah ketika Anda datang dalam cuaca cerah.

Sinar matahari yang terpancar akan menembus kabut saat menyelimuti hutan. Mata Anda pasti akan tertunduk dan Anda akan merasa seperti tidak akan terburu-buru untuk pulang.

3. Menikmati matahari terbenam

Selain bisa menikmati sunrise, pengunjung yang datang ke Cliff Palace juga bisa menikmati sunset di sore hari. Sunset ini tak kalah indahnya dengan sunrise di pagi hari, hal ini dikarenakan warna langit senja yang jingga kemerahan berpadu dengan hamparan hutan.

Jadi inilah yang membuat sunset di atas tebing ini semakin indah dan wajib dikunjungi bagi para pemburu sunset.

4. Perhentian Elang

Biasanya elang akan berhenti di tebing ini saat bermigrasi, jika beruntung akan melihat elang. Juga akan ada jenis burung lain yang bisa Anda temukan di tebing ini.

Burung-burung biasanya berhenti di dekat tebing sekitar bulan Agustus. Tempat wisata ini juga telah membekali wisatawan yang tertarik mengamati burung dengan dibangunnya menara pengamatan burung berlantai dua.

5. Berjalan dan bersepeda

Bagi Anda yang berkunjung ke Tebing Keraton, ada segudang aktivitas seru yang bisa Anda lakukan di sana. Satu hal yang dapat Anda lakukan adalah trekking, berjalan kaki atau bersepeda, untuk mengelilingi pemandangan.

Saat mendaki, pengunjung akan merasa lebih tenang dan nyaman karena udara yang begitu sejuk dan sejuk di area tebing.

Tidak hanya itu, Anda juga akan dibuat takjub dengan lingkungan hutan yang sangat asri dan asri saat hiking atau bersepeda. Intinya, tempat wisata ini sangat cocok bagi Anda yang menyukai alam bebas.

6. Pergi berkemah

Di tempat wisata ini, pengunjung bisa menghabiskan malam dengan berkemah. Sebab, di tempat ini banyak dikelilingi oleh hutan yang asri dan lebat yang tentunya sangat asri dan membuat nyaman pengunjungnya.

Tak hanya itu, ternyata di tempat ini juga telah disediakan camping ground yang dilengkapi dengan fasilitas yang cukup lengkap seperti mushola, toilet, dan gazebo.

Jalan Menuju Tebing Istana

img_title

Tebing Keraton. (Foto: Instagram @_kopites_man)

Mungkin sebagian dari Anda masih belum mengetahui rute yang harus ditempuh untuk menuju Tebing Keraton. Rutenya juga cukup mudah dan akses jalan masih mudah untuk dicapai.

Oleh karena itu berikut ini akan diuraikan penjelasan mengenai rute tersebut sebagai panduan bagi pengunjung yang ingin berkunjung ke tempat wisata ini.

  1. Rute pertama bisa dimulai dari Stasiun Kereta Api Bandung dan dilanjutkan ke Jalan Ir. H Djuanda kemudian dilanjutkan ke Institut Teknologi Bandung (ITB).
  2. Anda akan melewati jembatan udara Pasopati dan kemudian Anda akan tiba di terminal Dago. Jalan terus sampai ketemu dua cabang jalan kalau tidak berhenti di Dago.
  3. Saat melewati dua pertigaan jalan, pilih pertigaan kanan yang mengarah ke Bukit Dago Pakar. Setelah melewati bukit Dago Pakar, Anda akan menemukan pertigaan, belok kiri menuju Taman Hutan Raya Juanda. Terus berjalan sampai Anda menemukan persimpangan.
  4. Ambil jalan ke kanan ketika Anda berada di persimpangan dua dan terus sampai Anda menemukan toko bandrek yang biasanya menjadi tempat istirahat pengunjung.
  5. Tidak jauh dari toko bandrek Anda akan menemukan persimpangan lain dan berbelok ke kiri sampai Anda menemukan pintu masuk tebing Keraton.
  6. Bagi Anda yang naik angkutan umum, memang belum ada yang mampir ke sana karena tempatnya masih jauh untuk dilalui.

Biaya masuk Istana Tebing

img_title

Tebing Keraton. (Foto: VIVA)

Jika Anda akan mengunjungi Tebing Keraton ini, Anda harus mengeluarkan sejumlah uang untuk membayar tiket masuk. Jangan khawatir, harga tiketnya masih sangat terjangkau dan tidak akan merogoh kocek terlalu dalam.

Namun perlu Anda ketahui bahwa informasi harga tiket ini dapat berubah sewaktu-waktu, baik lebih mahal maupun sebaliknya. Namun, menurut informasi yang tersedia saat ini, harga tiket masuk untuk wisatawan lokal hanya Rp 11.000 per orang.

Sedangkan wisatawan manca negara atau manca negara dikenakan biaya sebesar Rp 76.000 per orang. Selain itu, pengunjung yang membawa kendaraan akan dikenakan biaya parkir yang tetap terjangkau.

Parkir kendaraan roda dua atau motor dikenakan biaya Rp 5.000, sedangkan parkir kendaraan roda empat atau mobil dikenakan biaya Rp 10.000. Perlu diingat kembali, meskipun harga di atas dapat berubah saat ini.

Demikian informasi mengenai tempat wisata di Tebing Keraton Bandung Jawa Barat. Tempat ini bisa menjadi rekomendasi Anda untuk dikunjungi saat liburan tiba.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button