Tempat Wisata

Coban Bidadari, Pesona Air Terjun yang Indah dan Indah di Malang

harga tiket: Rp 15.000 Waktu aktif: 09.00-18.00 WIB, Alamat: J L. Raya Gubugklakah, Kec. Poncokusumo, Cab.Malang, Jawa Timur; map: pemeriksaan situs

Kota Malang memang selalu mampu menampilkan kawasan wisata yang begitu sejuk dan asri. Yang berwisata ke kota dijamin tidak akan kecewa. Salah satu wisata baru yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi adalah Coban Bidadari. Tempat wisata ini memang begitu alami dan bisa menampilkan kesegaran.

Air Terjun Bidadari merupakan wisata berupa air terjun yang sudah ada sejak lama. Hanya saja tempat itu baru saja viral di media sosial. Tak hanya mampu menyuguhkan keindahan air terjun yang mempesona, berbagai spot foto cantik dan kekinian pun menjadi salah satu daya tariknya.

Kawasan wisata Air Terjun Bidadari memiliki spot foto yang banyak dan unik. Spot foto yang begitu kekinian sangat cocok dijadikan latar belakang foto, apalagi pemandangan alam yang dipenuhi pohon pinus dan perbukitan tentu membuat hasil foto semakin sublim.

Daya tarik Coban Bidadari

Daya Tarik Coban AngelsKredit foto: Google Maps Eka Ardi Lazarus (EkaLazarus)

1. Keindahan air terjun

Daya tarik utama Coban Bidadari tentunya adalah keindahan air terjunnya. Air terjun ini memiliki latar belakang berupa hutan lebat. Wisatawan akan langsung merasakan kesegaran dan ketenangan saat memasuki tempat ini.

Dengan suasana yang begitu tenang dan segar, pikiran dan tubuh Anda pasti akan menjadi lebih segar. Selain alamnya yang mempesona, kawasan wisata ini juga terlihat unik karena masih sangat alami. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 50 meter.

Aliran airnya yang deras dan vertikal terasa begitu segar apalagi ketika cipratan air menyentuh wajah Anda. Itu semua udara bertiup perlahan untuk membuat Anda merasa begitu nyaman. Menikmati waktu bersantai di tempat ini tentu sangat mengasyikkan. Apalagi jika Anda datang bersama pasangan.

Tempat wisata di Air Terjun Bidadari ini memiliki pesona alam yang terutama berupa tebing dan pepohonan. Pengunjung bisa merasakan suasana alam yang begitu khas dari dataran tinggi. Karena itu, kawasan wisata ini menjadi pilihan yang tepat jika ingin melihat suasana alam.

2. Air terjun yang sangat keren

Sesampainya di Coban Bidadari Anda harus menuruni area tebing yang cukup terjal. Namun rasa lelah anda hilang begitu saja saat tiba di tempat wisata tersebut. Air Terjun Bidadari memiliki air yang begitu sejuk langsung dari hutan alam, membuat Anda merasa segar kembali.

Untuk itu, tidak jarang wisatawan datang ke sini untuk mandi dan bermain air. Begitu juga jika Anda berada di tempat ini, jangan lewatkan kesempatan ini. Air yang mengalir dari air terjun Bidadari berasal dari kawasan hutan. Hutan di sana merupakan bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Lokasi Air Terjun Bidadari berada pada jalur tracing menuju Gunung Semeru saat wisatawan berangkat kesini dari kota Malang. Oleh karena itu, wajar jika pendaki berhenti di air terjun saat berangkat atau pulang dari perjalanan ke Gunung Semeru.

3. Trek seru ke Coban Bidadari

Daya tarik lain yang membuat Coban Bidadari sangat direkomendasikan untuk dikunjungi adalah air terjun ini memiliki jalur yang sangat seru. Untuk menuju kawasan air terjun, wisatawan harus berjalan kaki.

Jarak yang harus ditempuh untuk sampai ke lokasi air terjun minimal 1 km. Anda perlu mempersiapkan tubuh Anda sebelum akhirnya mengunjungi tempat itu. Sebaiknya bawa bekal berupa air minum atau makanan dari rumah.

Jadi jika Anda merasa lapar atau haus di tengah perjalanan, Anda bisa langsung menikmati bekal yang Anda bawa. Selain karena jarak menuju Curug Bidadari relatif jauh, medan yang harus dilalui juga cukup terjal.

Jalur ini berupa jalan setapak dan belum diaspal. Wisatawan disarankan untuk memakai sepatu atau pakaian yang nyaman saat mengunjungi tempat wisata. Saat musim hujan, Anda harus berhati-hati karena jalanan sering kali licin. Ada juga jurang di kanan dan kiri jalan.

Alamat dan rencana perjalanan ke Coban

Alamat Coban BidadariKredit foto: Google Maps oleh Rizky Pratama

Tempat wisata di Coban Bidadari ini terletak di Desa Gubuk Klakah di Kecamatan Poncokusumo. Lokasi Air Terjun Bidadari berada tepat di bawah naungan kota Malang di provinsi Jawa Timur. Jika Anda berangkat dari Kota Malang, Anda membutuhkan waktu berkendara minimal 1 jam karena jarak tempuhnya adalah 32 km.

Karena rutenya sendiri menuju kawasan wisata ini tidak terlalu sulit. Wisatawan nantinya bisa masuk ke Bromo melalui Malang. Nantinya Anda tinggal mengikuti petunjuk dan kemudian menemukan kawasan air terjun sebelum memasuki pintu masuk Gunung Bromo.

Harga Tiket Masuk Coban Bidadari

Harga Tiket Masuk Coban BidadariKredit foto: Google Maps Sanny Octavia Kusnadi

Seperti tempat wisata lainnya, pengunjung yang ingin menyaksikan keindahan dan keseruan Coban Bidadari nantinya akan dikenakan biaya masuk. Harganya sendiri tidak terlalu mahal untuk itu. Biaya parkir juga dikenakan.

Biaya tiketnya sendiri adalah Rp 15.000. tidak ada perbedaan antara anak-anak atau orang dewasa, serta pada hari libur atau hari kerja. Parkir mobil dikenakan biaya Rp 10.000 sedangkan wisatawan yang membawa sepeda motor dikenakan biaya parkir Rp 5.000.

Di kawasan wisata yang masih sangat alami ini terdapat jam operasional dan hal ini penting untuk Anda ketahui. Waktu terbaik untuk berkunjung tentunya pada pagi hari, karena dengan begitu matahari tidak terlalu terik. Pilih juga cuaca yang cerah agar Anda bisa menyaksikan keindahan matahari terbit dan terbenam.

Aktivitas seru di Coban Bidadari

Aktivitas seru di Coban BidadariSumber gambar: Google Maps Wibisono Autopia

1. Menikmati senja

Coban Bidadari yang terletak di Kota Malang ini menawarkan suasana senja yang tidak bisa ditandingi tempat lain. Kegiatan bersantai sore hari tentunya akan sangat menyenangkan di tempat ini, apalagi bersama pasangan.

Sambil menunggu saat matahari berangsur-angsur terbenam, Anda bisa menyajikan makanan atau minuman apa saja. Di ketinggian ini sebenarnya ada warung yang menjual makanan enak dan minuman enak dengan harga yang cukup terjangkau.

Saat senja, dari puncak Air Terjun Bidadari, saksikan langit perlahan berubah warna menjadi jingga yang sangat indah. Hal ini tentunya akan terlihat begitu kontras dengan hijaunya pepohonan di sekitar. Sinar matahari jingga akan menyapu tanaman hijau dan mengubah warna menjadi emas.

Matahari tampak terbenam perlahan, disertai semburat merah di langit. Suara riak air akan terdengar lebih tenang di telinga. Suasana senja yang indah ini sangat cocok bagi Anda untuk mencari waktu yang tepat untuk bersantai.

2. Abadikan momen di spot foto kekinian

Memang, Coban Bidadari sangat populer sebagai destinasi bagi Anda yang ingin mencari foto Instagram. Hal ini dikarenakan banyaknya spot foto yang keren dan rata-rata spot foto yang disediakan berada di kisaran ketinggian.

Salah satu tempat yang cukup terkenal dan menjadi favorit pengunjung adalah Sky Garden Swing. Turis tampak bermain ayunan di atas awan. Spot foto lain yang tidak boleh dilewatkan adalah rumah pohon, sarang burung dan lain sebagainya.

3. Alami keindahan Coban Bidadari dari ketinggian

Panorama yang terletak di tempat wisata indah ini sungguh memukau semua mata. Tumbuhan hijau yang tumbuh lebat dan menutupi wilayah Kuba menjadi saksi akan hal ini. Vegetasi tumbuh subur di area tebing yang mengelilingi area air terjun.

Pemandangan yang memanjakan mata ini bahkan lebih mengasyikkan dari ketinggian. Ada banyak tempat di mana Anda bisa membersihkan panorama.

Fasilitas yang tersedia di kawasan Coban

Pabrik di Coban BidadariSumber Gambar: Google Maps Lilia Alstroemeria

Fasilitas yang tersedia di Coban Bidadari cukup lengkap dan memadai. Karena itu, Anda bisa leluasa menggunakan fasilitas yang ada di sana, yang tentunya membuat aktivitas semakin menyenangkan.

Beberapa fasilitas seperti toilet sudah tersedia. Kondisi toilet di tempat ini cukup bersih dan nyaman digunakan. Ada juga tempat parkir mobil yang aman di lokasi ini dan juga cukup luas.

Pengelola wisata juga membangun musholla bagi anda yang ingin sholat. Pengunjung yang ingin menikmati makanan enak bisa mampir ke warung yang sudah ada.

Demikian ulasan tentang Coban Bidadari di Kabupaten Malang. Jika anda sedang merencanakan liburan, Air Terjun Bidadari ini bisa anda jadikan salah satu tempat wisata favorit khususnya di daerah Malang.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button