Tempat Wisata

Coban Danyang, air terjun penuh legenda dengan panorama alam yang mempesona di Pasuruan

Air terjun yang kaya akan legenda, Air Terjun Coban Danyang di Pasuruan menawarkan panorama alam yang indah dan mempesona.

Harga tiket: Bebas, Jam beroperasi: 07.00-18.00 WIB, Alamat: Kudu, Tempuran, Kecamatan. Pasrepan, Kab.Pasuruan, Jawa Timur; Map: Periksa lokasinya

Mengunjungi Coban Danyang merupakan ide yang bagus jika Anda sedang berlibur di kawasan Pasuruan. Destinasi wisata alam ini terletak di ketinggian 588 meter di atas permukaan laut sehingga memiliki udara yang sejuk.

Kawasan sekitar air terjun masih sangat alami dengan banyak pepohonan yang mampu menyegarkan mata. Jika Anda membutuhkan penyegaran untuk melepas kepenatan dari hiruk pikuk perkotaan, maka Air Terjun Danyang adalah pilihan yang tepat.

Airnya mengalir deras setiap saat, jadi Anda tidak akan rugi jika berkunjung ke sini. Penasaran kan betapa indahnya air terjun tersebut?

Tur Sehari ke Bromo Sunrise, Air Terjun Coban dan Candi Jago

Atraksi yang ditawarkan Coban Danyang

Daya tarik Coban DanyangFoto: Google Maps/Rikoalmukarrom Tukang Slebew

Air terjun yang tidak pernah kering

Kapan pun Anda berkunjung ke Coban Danyang Pasuruan, dijamin Anda tidak akan rugi apa-apa. Karena setiap datang kesini, pengunjung akan melihat aliran air terjun yang mengalir deras di setiap musim.

Aliran airnya diketahui tidak pernah habis dan mengering meski di musim kemarau. Coban berasal dari sungai yang airnya jatuh pada bebatuan besar. Aliran air ini terlihat sangat menarik ketika melintasi celah-celah bebatuan.

Kehadiran batu-batu besar di aliran air terjun memastikan air tidak jatuh terlalu banyak saat mencapai kolam di bawahnya. Jadi cukup aman untuk bermain tepat di bawah air terjun, tapi hati-hati.

Panorama alam yang indah

Tak hanya bagian air terjunnya saja yang menarik perhatian, kawasan di sekitar air terjun juga punya daya tarik tersendiri sehingga membuat Anda betah berlama-lama berada di sini.

Sejauh mata memandang, panorama alam indah penuh pepohonan hijau menanti Anda. Kabupaten Pasrepan, kawasan Coban-Danyang, dikenal sebagai daerah penghasil buah-buahan.

4D3N Bromo Sunrise, Wisata Air Terjun Ijen & Tumpak Sewu

Maka tak heran jika Anda banyak menjumpai pohon buah-buahan di jalan menuju air terjun. Mulai dari pohon durian hingga pohon mangga menghiasi jalanan tak jauh dari air terjun.

Legenda Coban Danyang

Hampir setiap wisata alam di Indonesia, khususnya air terjun, mempunyai legenda. Tak terkecuali Air Terjun Danyang, yang kisahnya diyakini oleh penduduk setempat.

Danyang sendiri dalam bahasa Jawa berarti perintis desa. Konon perintis desa yang disebut juga “penjaga” Coban ini adalah Mbok Rondo Dewi dan Mbok Rondo Kepor.

Menurut kepercayaan masyarakat setempat, terdapat sebuah pohon besar yang menjadi tempat tinggal para penjaga tersebut. Pohon ini bisa ditemukan sebelum Anda mencapai air terjun. Jadi, pastikan Anda berperilaku baik saat berkunjung ke sini.

Kisah mistis seputar air terjun menjadi daya tarik tersendiri hingga saat ini, tidak menyurutkan minat wisatawan sedikit pun.

Hotel murah di Pasuruan

Alamat dan rute menuju air terjun

Alamat Coban DanyangFoto: Google Maps/Indra Sukma

Coban Danyang terletak di Dusun Tuyuwono, Desa Tempuran, Kecamatan Pasrepan, Kabupaten Pasuruan, Provinsi Jawa Timur.

Meski secara administratif merupakan bagian dari Kabupaten Pasrepan, namun untuk menuju air terjun terlebih dahulu harus menempuh perjalanan sekitar 5 kilometer dari wilayah kecamatan.

Jika Anda dari Malang, Anda bisa melewati pertigaan Purwosari menuju Pasuruan. Setelah itu melanjutkan perjalanan menuju Wisata Bhakti Alam dan mengarahkan kendaraan menuju desa Tuwoyono.

Sambungan jalan cukup baik dan beraspal sehingga dapat dilalui kendaraan roda dua atau empat. Setelah memarkir kendaraan, Anda dapat melanjutkan pendakian menuju air terjun dengan berjalan kaki.

Letaknya tidak jauh, Anda hanya perlu berjalan kaki sekitar 50 meter dan menuruni tebing. Tebing ini juga tidak curam sehingga cukup mudah untuk dilintasi.

Biaya masuk wisata alam

Bagi wisatawan yang ingin datang ke Coban Danyang di Pasuruan saat ini tidak dipungut biaya masuk alias gratis.

Jadi Anda hanya perlu membayar biaya parkir saja. Selama jam operasional, wisatawan dapat mengunjungi air terjun setiap hari antara pukul 07.00 hingga 18.00.

Aktivitas yang menyenangkan

Hal menarik yang bisa dilakukan di Coban DanyangFoto: Google Maps/Nanda Kusuma

1. Trekking ke air terjun

Dari tempat parkir yang disediakan, pengunjung harus berjalan kaki terlebih dahulu untuk mencapai Coban Danyang Pasuruan. Kegiatan trekking ini sangat menyenangkan karena Anda bisa menikmati pemandangan hijau yang memanjakan mata selama perjalanan.

Meski hanya berjalan sekitar 50 meter, suasananya sungguh luar biasa. Sebelum sampai di kawasan air terjun, Anda akan melihat banyak pohon buah-buahan milik warga di sisi kiri dan kanannya.

Perjalanannya juga akan sedikit menantang jika harus melintasi tebing. Namun jangan khawatir, tebing ini tidak terlalu curam sehingga cukup aman untuk dilewati.

2. Bermain air di sekitar Coban Danyang

Begitu sampai di air terjun, Anda sudah tidak sabar untuk bermain air. Karena arus air di sini yang cukup deras dan terlihat sangat jernih, mengundang semua orang untuk segera terjun ke kolam alami yang ada di bawahnya.

Kolam alaminya tidak terlalu dalam, jadi Anda bisa bermain atau berenang di air untuk menikmati kesegarannya. Banyak juga orang yang berdiri langsung di bawah air terjun untuk membasahi diri.

Karena banyaknya batu-batu besar di tebing air terjun, aliran airnya tidak terlalu deras meski deras. Jadi aman jika ingin merasakan kesegaran air yang berada tepat di bawah arusnya.

3. Wisata petik buah

Jika senang bermain air, Anda bisa mengikuti wisata petik buah di kebun warga. Pasalnya, Kabupaten Pasrepan dikenal sebagai daerah penghasil buah-buahan, khususnya mangga dan durian.

Banyaknya wisatawan yang datang ke Coban Danyang memberikan ide kepada penduduk setempat untuk memperkenalkan kegiatan wisata petik buah.

Jadi tidak hanya sekedar membeli buah langsung dari kebunnya saja, namun wisatawan juga berkesempatan untuk memetiknya sendiri saat berkunjung saat musim panen.

Buahnya yang manis pasti akan terasa semakin nikmat jika dinikmati sambil menikmati keindahan air terjun.

4. Cari foto yang Instagramable

Sebagai salah satu destinasi wisata alam di Pasuruan, Air Terjun Danyang menjadi tempat yang tepat untuk mencari foto Instagrammable.

Keindahan air terjun bisa menjadi spot foto yang indah untuk diabadikan. Selain itu, banyak pula bebatuan yang bisa dijadikan tempat berfoto dengan latar belakang air terjun.

Fasilitas yang tersedia di kawasan air terjun

Fasilitas Coban DanyangFoto: Google Maps/Rys Aja

Dari segi fasilitas, Air Terjun Danyang belum memiliki sarana dan prasarana yang memadai. Kawasan air terjun tetap alami tanpa adanya penambahan fasilitas tambahan.

Mungkin tempat parkir pengunjung hanya ada satu, terbatas dan tidak terlalu luas. Jika Anda sedang mencari warung untuk membeli makanan atau minuman non-alkohol, Anda harus membelinya terlebih dahulu di desa tersebut sebelum memasuki kawasan wisata air terjun.

Sebab di sekitar air terjun tidak terdapat warung makan. Namun tidak menutup kemungkinan kedepannya akan diberikan fasilitas tambahan di sini, jadi bisa Anda nantikan.

Coban Danyang merupakan salah satu tempat wisata alam di Pasuruan yang sangat direkomendasikan. Meski fasilitas wisata di sini tidak banyak, namun kawasan ini masih sangat alami dan menjadi daya tarik pengunjung. Selain itu, air terjunnya sangat indah dan tidak pernah kering, sehingga Anda bisa bermain air sepuasnya setiap kali datang ke sini.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button