Tempat Wisata

Coban Glotak, Air Terjun Indah Mempesona di Malang

harga tiket: Rp5.000 Waktu aktif: 07.00-17.00 WIB, Alamat: JL.Raya Coban Glothak, Dalisodo, Kec. Wagir, Cab.Malang, Jawa Timur; map: pemeriksaan situs

Coban Glotak merupakan kawasan resort yang menjadi tujuan para wisatawan dan terlihat begitu ramai. Hampir setiap hari, destinasi alam ini tidak pernah sepi. Para tamu dapat menemukan banyak keindahan alam.

Tumbuhan yang tumbuh di sekitar juga tidak kecil. Bahkan hampir seluruh daratan di air terjun ini dikelilingi tanaman hijau untuk menjaga lingkungan. Selain itu, keindahan Coban Glotak Malang tentu menarik perhatian karena begitu menakjubkan. Pengunjung yang suka bermain air bisa langsung menuju kolam di bawah air terjun.

Daya tarik lain dapat ditemukan ketika Anda pindah ke tempat bersantai. Pondok-pondok bambu yang disediakan seringkali menjadi tempat bersantai dan menikmati pemandangan alam. Potret cantik pasti mudah didapat saat traveler mencari background foto.

Daya tarik Coban Glotak

Daya tarik Coban GlotakKredit foto: Google Maps Ikhlaashul Muaasyiqiin

1. Nuansa alami

Coban Glotak masih menyuguhkan nuansa alam yang tak terhitung jumlahnya. Para tamu dari berbagai daerah sudah sering memilih Coban sebagai tempat liburan mereka. Pesona alam yang indah dan mempesona pasti akan membuat kunjungan Anda tak terlupakan. Selain itu, pengunjung akan menjumpai pepohonan tinggi dan rerumputan hijau di sekitar destinasi.

Pemandangan alamnya juga semakin lengkap dengan keindahan hutannya. Wisata hits ini berada tidak jauh dari hutan yang dikelilingi tumbuhan hijau. Bahkan wisatawan yang pergi ke Glotak pada pagi hari pun dapat mendengar kicauan burung yang menandakan bahwa wisata ini masih bernuansa alam. Suasana tenang mudah dicapai oleh setiap pelancong.

2. Keindahan Coban Glotak

Daya tarik yang paling menonjol dari destinasi ini adalah air terjunnya. Coban ini memiliki air yang mengalir dari atas dengan ketinggian sekitar 100 meter. Bahkan, sungai tersebut dipercaya berasal dari gunung di atas dan saat mengalir terlihat begitu bersih. Air terjun ini masih terjaga dengan baik dan wisatawan dapat melihat arus yang cukup deras.

Destinasi memukau ini menampilkan keindahan air terjun yang selalu menarik perhatian. Saat cuaca bagus, Anda bisa bermain air. Selain itu, wisatawan juga bisa menikmati keindahan air terjun dengan berfoto potret. Air terjun yang mengalir melalui tebing dan rimbunnya tanaman bisa dijadikan backdrop untuk mengabadikan momen sepanjang liburan.

3. Santai

Coban Glotak menawarkan tempat bersantai yang menawarkan udara sejuk. Wisatawan yang mencari tempat istirahat sejenak di sela-sela kesibukan bisa langsung memilih bersantai di Coban. Tenang saja, resor ini dilengkapi dengan deretan pondok bambu. Bersantai bersama keluarga tentu menjadi hal yang mudah bagi setiap traveler.

Selain bersantai di dekat air terjun, para tamu juga bisa berkeliling. Area yang luas dengan tanaman yang asri pasti akan menghadirkan keindahan alam yang berbeda. Traveler bisa melihat keindahan Coban dari ujung ke ujung. Saat bermain-main dan bersantai diiringi gemercik air, tidak akan ada yang bosan.

Alamat dan itinerary menuju air terjun

Alamat Coban GlotakSumber Gambar: Google Maps Kumbarakarta Kharisma

Coban Glotak terletak di Jalan Raya Coban Glothak, Malang, Jawa Timur. Resor yang menawarkan keindahan alam tentunya bisa dipilih sebagai destinasi liburan. Wisatawan disambut dengan akses yang cukup baik. Bahkan angkutan umum seperti ojek dan trip bisa disewa jika pengunjung tidak sempat membawa kendaraan pribadi.

Anda bisa berkendara ke Coban dari arah barat kota Malang dan menuju ke Jalan Joyo Agung. Berjalan lurus hingga bertemu dengan Jalan Raya Tegalweru dan melihat ramainya keramaian. Lanjut saja ke Jalan Ahmad Yani menuju Desa Bedalisodo. Setelah itu Anda harus meninggalkan kendaraan di depan dan dilanjutkan dengan berjalan kaki menuju Coban yang indah.

Jalan menuju Coban masih terjal berkerikil dan berbatu. Pengunjung perlu berhati-hati saat berjalan di sepanjang objek wisata alam ini. Lalu ada tumpukan batu dan jalan masih sangat licin, bahkan tidak ada pagar di sudut kanan dan kirinya. Tapi trekking ke destinasi membuat traveler senang karena bisa menikmati alam.

Harga tiket masuk Coban Glotak

Harga tiket masuk Coban GlotakSumber gambar: Google Maps Wiwin Oktavianti

Air Terjun Glotak tergolong resort yang menawarkan tiket masuk murah. Jika Anda melakukan tur dengan beberapa keluarga, kantong kering tidak akan dibuat. Biaya liburan di Coban diketahui Rp 5.000 per orang. Bagi yang mengajak anak kecil tidak perlu lagi membeli tiket, karena mengikuti wisata gratis yang khusus dirancang untuk anak-anak.

Pengunjung yang ingin menjelajahi Coban Glotak harus berjalan kaki. Kendaraan tentunya bisa diparkir di depan pintu masuk, untuk sepeda motor Rp 3.000. Pelancong yang mengendarai mobil bisa menghabiskan Rp 5.000. Harga masuk dan parkir adalah untuk sehari penuh, bagi yang ingin berkemah bisa menambah biaya tiket.

Di pedesaan sekitar Coban Anda bisa melihat kios makanan ringan yang menjual minuman dan menu lainnya. Wisatawan bisa menyiapkan budget mulai dari Rp 10.000 untuk membeli makanan ringan atau makanan siap saji. Semua biaya yang dikeluarkan wisatawan untuk berlibur di wisata indah ini pasti sebanding dengan keindahan lokalnya. Selain itu, semua harga tersebut berlaku setiap hari.

Aktivitas seru di Coban Glotak

Aktivitas seru di Coban GlotakSumber Gambar: Google Maps Assaifi Mc

1. Mainkan air

Coban Glotak dengan ketinggian tertentu cocok sebagai tempat permainan air. Aliran air terjun disana dingin namun terlihat sangat jernih. Rasa lelah pun akan hilang di sekitar coban hits ini setelah mandi atau bermain air. Pengunjung bisa duduk di atas batu karang yang dikelilingi air terjun atau langsung berenang di kolam penampungan.

2. Ambil foto

Pesona indah yang membuat Coban semakin ramai kerap dijadikan latar foto. Pada waktu-waktu tertentu, pengunjung juga bisa melihat pelangi muncul di bawah air terjun. Tentu saja Anda bisa memotret pelangi dan sungai. Berpose dengan pemandangan air terjun dijamin membuat hasil foto terlihat lebih estetik dan unik.

3. Berkemah

Coban Glotak memiliki nuansa alam yang tidak diragukan lagi. Anak muda sering memilih untuk berkemah ketika mereka datang berkunjung karena ingin menikmati suasana tenang Coban lebih lama. Anda bisa membawa tenda, tikar, dan peralatan makan untuk menginap di sana. Kemudian pilih tempat di mana Anda bisa mendirikan tenda tidak jauh dari air terjun.

4. Lihat pemandangan alam

Panorama Coban selalu menjadi sorotan pengunjung. Menikmati alam bisa membuat pikiran lebih rileks dan segar. Tumbuhan yang asri juga memberikan udara segar, membuat tempat ini selalu terasa sejuk. Wisatawan bisa menikmati semua pemandangan itu dengan duduk sejenak di gubuk bambu.

5. Berkeliling

Menjelajah atau traveling saat liburan adalah salah satu kegiatan yang wajib dilakukan. Kawasan Coban masih alami karena jalan masih berupa tanah tandus. Wisatawan sering melakukan trekking dan berjalan-jalan untuk melihat semua sudut air terjun. Selama berwisata Anda juga bisa singgah sebentar di stan-stan makanan yang ada di kawasan tersebut.

Fasilitas yang tersedia di area air terjun

Fasilitas di kawasan air terjunKredit foto: Google Maps Yusdi Bakhtiar

Coban Glotak dilengkapi dengan fasilitas yang terbilang minim karena destinasi indah ini masih tersembunyi. Tapi jangan khawatir, fasilitas penunjangnya bisa memudahkan aktivitas. Sangat mudah untuk menemukan toilet umum yang Anda cari. Tidak banyak toilet, sedikit ruangan untuk pengunjung.

Tempat parkir kendaraan roda dua dan empat tidak jauh dari pintu masuk. Tempat parkir mobil ini dijamin aman selama liburan karena dijaga oleh petugas. Mushola tidak sulit ditemukan bagi tamu yang ingin beribadah pada jam berkunjung. Ada juga fasilitas untuk wudhu dan peralatan ibadah yang disediakan di musala.

Coban Glotak sudah memiliki warung di dekat kawasan air terjun. Namun makanannya tidak terlalu lengkap, hanya pasta, kopi, snack dan bakso. Belum ada tenda dan pelampung yang disewakan karena fasilitasnya terkenal tidak lengkap. Lalu ada saung bambu sebagai tempat bersantai, namun masih minim karena tidak terlalu banyak berjejer.

Coban Glotak merupakan wisata alam yang cocok untuk kumpul keluarga. Alam terbuka menawarkan sejuta keindahan yang mempesona. Bahkan air terjun menjadi salah satu tempat yang paling diincar saat datang ke wisata ini. Coban bisa kamu cek saat ada waktu luang dan nikmati serunya bermain bersama orang-orang terdekat.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button