Tempat Wisata

Coban Parang Tejo: Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Spot

Setiap kali Anda merasa lelah di tempat kerja atau hal-hal lain, pasti Anda memikirkan hiburan yang menyenangkan, baik itu berdua saja dengan keluarga atau teman-teman Anda. Namun tidak sedikit yang menyarankan untuk tidak pergi berlibur karena kebanyakan berpikir bahwa Anda selalu harus mengeluarkan banyak uang untuk berlibur. Ada berbagai jenis tempat wisata di dekat Anda yang tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk menikmatinya. Apalagi jika Anda tinggal di Malanv, sebuah kota di Jawa Timur. Anda tidak perlu berkendara jauh dari kota untuk beristirahat sejenak setelah seharian bekerja. Di Batu ada beberapa tempat wisata yang bisa anda kunjungi dengan harga murah seperti Coban Parang Tejo.

Coban Parang Tejo merupakan salah satu air terjun yang ada di Malang yang lokasi tepatnya berada di Dusun Princi, Desa Gadingkulon, Kecamatan Dau. Untuk menuju ke sini, Anda harus menempuh jarak sekitar 20 km dari pusat kota Malang. Memang agak jauh sih, tapi pasti nggak rugi kalau main ke sana. Dengan ketinggian sekitar seratus meter, air terjun Coban-Parang-Tejo ini memiliki pesona tersendiri. Di sini air meluncur lembut dari atas bebatuan yang berkilauan di bawah sinar matahari, sehingga air terjunnya tidak terlihat terlalu berbahaya. Selain itu, lokasinya yang berada di lereng Gunung Butak membuat suasana berlibur di air terjun ini menjadi semakin sejuk.

Sebagai informasi lebih lanjut: Nama Parang Tejo sendiri berasal dari bahasa Jawa. Kata “parang” berarti tebing dan “tejo” sendiri berarti pelangi. Penamaan ini bukanlah kebetulan, karena terkadang pelangi sebenarnya tercipta dari percikan halus air terjun. Obyek wisata ini tidak hanya menawarkan sensasi melihat air terjun berlapis dan kelembutan alirannya, tetapi juga menghadirkan tampilan yang sangat menarik yang mungkin jarang ditemukan di air terjun lainnya, yaitu warna pelangi. Biasanya pemandangan ini terjadi pada musim kemarau saat matahari sangat terik. Pembiasan sinar matahari oleh riak lembut air terjun menciptakan semburan warna setengah lingkaran di seluruh spektrum.

Suasana di sekitar Coban Parang Tejo masih sangat alami dan belum terjamah sehingga jarang dikunjungi wisatawan. Kawasan ini bisa dibilang keindahan surga yang tersembunyi di balik hiruk pikuk kota Malang.

Fasilitas di Coban Parang Tejo

Dengan pengelolaan yang baik, objek wisata ini dinilai memiliki beberapa fasilitas pendukung yang memadai seperti:

– Kantin

Di sana Anda juga akan dimanjakan dengan banyaknya penjual makanan dan minuman, baik dengan masakan lokal maupun umum. Harganya juga ramah kantong dan tidak terlalu mahal.

– Masjid

Berlibur atau berwisata ke suatu tempat hendaknya tidak menyebabkan kita meninggalkan shalat atau ibadah. Oleh karena itu bagi anda yang ingin sholat disana telah disediakan mushola yang cukup nyaman.

– Area parkir

Bagi Anda para wisatawan yang datang menggunakan kendaraan pribadi tidak perlu khawatir soal parkir karena tempat wisata ini juga memiliki lahan parkir yang cukup luas untuk kendaraan pengunjung.

– Tempat peristirahatan umum

Salah satu fasilitas penting tersebut juga ada di kawasan Coban Parang Tejo, jadi bagi anda yang ingin ke toilet tidak perlu bingung lagi karena di tempat ini terdapat dua toilet yang bisa anda gunakan.

Berburu foto di Coban Parang Tejo

Anda yang menyukai alam sekitar dan juga menyukai fotografi dijamin akan menyukai tempat ini karena disini anda tidak hanya bisa menikmati udara segar yang sejuk tanpa polusi, tapi juga menikmati pemandangan alam yang menakjubkan. Begitu pertama kali mendaki, Anda akan melihat deretan pepohonan di hutan di kanan dan kirinya yang menjadi sasaran jepretan kamera Anda. Setelah sampai di air terjun pertama, Anda bisa berhenti sejenak untuk mengistirahatkan kaki dan menarik napas dalam-dalam sambil memotret indahnya air terjun setinggi 2 meter yang mengalir deras. Selain itu, terdapat beberapa tempat foto menarik yaitu ayunan maut, rumah akar, sayap burung, taman cinta, jembatan kayu, bunga raksasa.

Baca Juga: Air Terjun Coban Rondo, Berwisata Dengan Fun Tubing

Akses ke Coban Parang Tejo

Bagi Anda yang ingin mengunjungi Coban Parang Tejo: Rute yang dipilih dimulai dari kota Malang dan lurus ke desa Gading Kulon sebagai akses pertigaan Sengkaling (lampu lalu lintas merah). Ambil arah kiri kemudian arah kanan hingga sampai di pertigaan Semanding. Terus ke kiri, melewati Asrama Ar-Raohmah Poncok Putri, lurus melewati kawasan Dukuh Sempu menuju desa Gading Kulon. Lanjut ke dusun Princi yang sudah ada papan petunjuknya. Anda juga dapat menanyakan arah kepada penduduk setempat.

Biaya masuk ke Coban Parang Tejo

  • Biaya masuk: Rp 15.000/orang

(Diperbarui Juni 2023)

Jam buka Coban Parang Tejo

  • Buka setiap hari dari pukul 08.00 – 17.30

Tips berlibur di Coban Parang Tejo

  • Kenakan alas kaki yang nyaman dan sesuai
  • Berhati-hatilah saat berjalan di jalan setapak
  • Lebih baik datang saat musim kemarau
  • Pastikan kendaraan Anda dalam kondisi baik
  • Jangan mencemari lingkungan
  • Buanglah sampah pada tempatnya

Galeri Foto Coban Parang Tejo

Selamat datang di Coban Parang Tejo
hutan pinus

berkemah
Air terjun di situs Coban Parang Tejo
kebun jeruk

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button