Tempat Wisata

Coban Putri, Wisata Air Terjun Indah Eksotis di Kota Batu

harga tiket: Rp 10.000, Waktu aktif: 09.00-17.00 WIB, Alamat: Tlekung, Kec. Junrejo, Kota Batu, Jawa Timur.; map: Cek lokasi

Coban Putri merupakan salah satu destinasi wisata berbentuk air terjun yang populer di Kota Batu, Jawa Timur. Udara dingin dan sejuk kerap mengelilingi lokasi air terjun ini setiap hari. Destinasi ini tetap mempertahankan keaslian alamnya karena jarang dikunjungi wisatawan. Anda bisa menghirup udara segar sambil bermain air di air terjun.

Pemerintah dan warga setempat sudah berkali-kali menghadirkan destinasi wisata ini di Internet, sehingga semakin populer dan banyak dikunjungi wisatawan. Padahal, destinasi ini memiliki tiket masuk yang relatif murah dengan puluhan objek wisata alamnya. Layanan istimewa ini akan membuat liburan Anda semakin menyenangkan.

Air terjun di tempat wisata ini mengalir deras dan mengarah ke sebuah kolam kecil yang tenang. Kolam kecil akan terlihat berkilau dan indah saat terkena sinar matahari dari pagi hingga siang hari. Tinggi Coban Putri sendiri sekitar 20 meter yang dipenuhi berbagai rerumputan dan bebatuan.

Daya Tarik Coban Putri

Tempat Wisata Coban PutriSumber gambar: Twitter IG: @MalangChannel

1. Spot foto menarik

Daya tarik pertama destinasi wisata Coban Putri adalah adanya spot foto keren di kawasan tersebut. Banyak wisatawan yang sengaja mengunjungi air terjun ini hanya untuk berfoto di spot foto bernama Tangan Tuhan atau Pancawara. Spot foto ini dibangun dari beberapa dahan kayu yang kuat dengan desain lima jari manusia berwarna kuning.

Mereka yang berfoto di sana mendapatkan pemandangan alam terbaik sebagai latar belakang. Banyak anak muda yang mengajak pasangannya untuk berfoto romantis di tangan Tuhan. Sebaiknya Anda memotret pada sore atau malam hari untuk hasil yang maksimal karena efek panorama alam.

Spot foto lainnya adalah Tree Substation yang memiliki bentuk unik seperti bintang dan terlihat kekinian. Bagi kamu yang menyukai spot foto yang memacu adrenalin, kamu bisa mencoba sky swing di destinasi wisata ini. Mencoba berayun di atas bukit akan terasa sangat menegangkan tetapi akan menghasilkan foto yang menakjubkan.

2. Air Terjun Putri

Air terjun ini merupakan tempat utama tujuan wisata yang biasa dikunjungi wisatawan untuk melepas penat setelah bekerja. Air terjun ini mengalir dalam dua arah yang berakhir di sebuah kolam di bawahnya. Anda bisa bermain air, berenang atau sekedar menikmati pemandangan di sekitar air terjun.

Anda bisa berjalan di jembatan bambu di depan air terjun Putri ini. Tak hanya air terjun, bebatuan dan tumbuhan di sekelilingnya juga memberikan pesona indah yang membuat destinasi wisata ini terlihat sempurna. Anda dapat memanjakan mata Anda dengan duduk di bebatuan dan menikmati angin sepoi-sepoi.

3. Mengemudi di luar jalan raya

Coban Putri memiliki daya tarik lain berupa pengalaman berkendara yang sangat seru dan mendebarkan bernama Wahana Offroad. Kendaraan yang satu ini mewakili tempat berlumpur hingga 2 kilometer jauhnya untuk dilalui mobil. Anda bisa menikmati wahana ini bersama teman-teman agar liburan terasa berbeda dan jauh lebih menyenangkan.

Terdapat fasilitas berupa mobil-mobil khusus untuk bermain dalam berkendara offroad ini. Mengemudikan mobil di trek yang sangat sulit dan curam tentunya membutuhkan konsentrasi hingga akhir. Kini Wahana Offroad menjadi spot populer yang banyak dicoba wisatawan saat berkunjung ke destinasi tersebut.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Coban PutriSumber Gambar: Google Maps Rizkie Kurniawan

Coban Putri terletak di Desa Tlekung, Kecamatan Junrejo, sebuah daerah di Kota Batu, Provinsi Jawa Timur. Daerah ini biasa disebut Oro-oro Ombo oleh masyarakat setempat. Meski objek wisata ini baru beroperasi selama 4 tahun, namun jumlah wisatawan yang berkunjung ke sana terus meningkat setiap saat.

Rute menuju tempat wisata ini memiliki jalan yang dapat ditempuh dengan cukup mudah oleh berbagai kendaraan, baik itu mobil, motor maupun bus. Dari pusat Kota Batu, lihat saja Jalur Lingkar Barat di Desa Tlengkung. Setelah melewati jalan setapak, berkendara kendaraan sekitar 500 meter untuk sampai ke tempat wisata air terjun.

Namun, jika Anda datang dengan mobil, Anda tidak bisa memarkir kendaraan langsung di tempat wisata tersebut. Anda harus meninggalkan mobil di tempat parkir di dekat pintu masuk utama. Setelah itu, Anda bisa naik ojek dua kali dengan harga sekitar 20.000 rupiah.

Anda dapat masuk langsung melalui pintu gerbang jika Anda akan ke Coban Putri dengan sepeda motor. Anda harus lebih berhati-hati karena jalan untuk sepeda motor menuju destinasi wisata ini penuh dengan bebatuan dan cukup berbahaya.

Biaya masuk objek wisata

Tiket Putri CobanSumber gambar: Google Maps Tata Adika

Untuk masuk ke destinasi wisata Coban Putri, Anda harus membeli tiket terlebih dahulu dengan harga 10.000 rupiah per orang. Sedangkan untuk biaya parkirnya sendiri yaitu 3000 dan 5000 rupiah untuk motor dan mobil. Bila menggunakan bus kelompok, harga parkir mungkin lebih tinggi daripada kendaraan lain.

Namun harga tiket tersebut hanya untuk menikmati lokasi air terjun dan belum termasuk off-road drive atau lokasi spot foto. Anda harus membayar 35.000 rupiah untuk menikmati wahana off-road. Setiap spot foto di destinasi wisata ini kini dikenakan biaya masuk 10.000 rupiah.

Destinasi wisata ini tidak bisa dikunjungi wisatawan selama 24 jam kecuali yang sudah meminta izin untuk berkemah di dalamnya. Hal ini dikarenakan destinasi ini memiliki jam operasional yang buka pada pukul 09.00 dan tutup pada pukul 17.00. Anda dapat menikmati tur sepanjang hari dengan harga yang relatif murah.

Hal menarik yang bisa dilakukan di Coban Putri

Kegiatan Putri CobanKredit foto: Google Maps Andi Wijaya

1. Berenang

Aktivitas menarik pertama saat mengunjungi Coban Putri adalah berenang di kolam yang dialiri Air Terjun Putri. Kolam renangnya memiliki air putih yang sangat bersih dan jernih, sehingga nyaman untuk berenang. Anda bisa membawa anak-anak atau teman untuk merasakan keseruan permainan air di kolam renang.

Anda bahkan diperbolehkan membawa perlengkapan renang dari rumah untuk digunakan di air terjun ini. Namun, wisatawan yang berkunjung ke destinasi ini biasanya berenang sambil berfoto dengan hasil yang lebih keren.

2. Berkemah

Destinasi ini menawarkan kesempatan berkemah bagi Anda yang ingin menginap dan menikmati keindahan alam air terjun selama 24 jam. Jika Anda berkemah, Anda dapat melihat panorama matahari terbenam atau matahari terbit di sekitar gunung di lokasi ini. Pastikan untuk membawa perlengkapan berkemah lengkap sehingga Anda dapat menghabiskan beberapa hari dengan nyaman di sana.

Sebaiknya bentuk rombongan terlebih dahulu jika ingin berkemah di destinasi Coban Putri ini. Hal ini dikarenakan minimnya wisatawan yang berkemah di sana. Pastikan juga Anda dan rombongan sudah melapor dan meminta izin kepada warga sekitar sebelum berkemah, serta mengikuti aturan setempat.

3. Bersepeda

Selain mengendarai mobil atau motor, bermain di tempat wisata ini terasa lebih seru jika menggunakan sepeda selama perjalanan. Anda bahkan dapat menjelajahi daerah sekitar air terjun dan tempat-tempat lain dengan sepeda. Menggunakan sepeda ini akan terasa lebih mudah karena bentuk jalan yang sempit menuju tempat-tempat wisata.

Namun, Anda harus tetap fokus karena jalur menuju finis cukup terjal, yang bisa dengan mudah membuat motor tergelincir. Menggunakan sepeda sambil bermain ke air terjun ini akan menyenangkan jika Anda bersama sekelompok teman. Anda dapat dengan mudah menjelajahi berbagai tempat menarik tanpa harus berjalan kaki terlebih dahulu.

4. Berfoto di Air Terjun Tangan Tuhan dan Putri

Kegiatan Seru Coban PutriSumber gambar: Google Maps Hendrik Suhendrik

Aktivitas menarik selanjutnya yang bisa Anda lakukan di Coban yang indah ini adalah berfoto di lokasi tertentu. Anda akan menyesal jika berlibur di tempat wisata ini tanpa berfoto di sana. Hal ini dikarenakan tempat-tempat favorit destinasi wisata tersebut dihadirkan agar wisatawan dapat mengambil foto terbaik di dalamnya.

Ada dua tempat populer untuk berfoto yaitu Air Terjun Putri dan Tangan Dewa. Hasil foto tersebut terlihat indah dan estetis jika Anda melakukan pemotretan di bawah sinar matahari. Cahaya alami yang terpantul di air terjun atau tangan Tuhan membuat tempat dalam foto yang diambil lebih terang dan sempurna.

5. Bermain air di perahu karet

Coban Putri menawarkan perahu karet bagi anda yang ingin bersantai dan menenangkan diri saat beristirahat di kolam air terjun. Anda bisa menikmati angin sepoi-sepoi atau suara air terjun sambil membaca buku, makan atau bercanda dengan teman.

Untuk mendapatkan perahu karet, Anda harus menyewanya terlebih dahulu dari panitia destinasi wisata ini. Aktivitas ini bisa menyejukkan mata dan menenangkan pikiran setelah lelah berkendara ke tempat wisata.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Coban PutriKredit foto: Google Maps Ghost Ark

Sebagai destinasi wisata baru, fasilitas di Coban Putri belum lengkap. Terdapat beberapa fasilitas umum seperti tempat parkir yang mampu menampung puluhan kendaraan. Anda dan keluarga dapat melakukan perjalanan dengan tenang, karena kendaraan terparkir dengan aman.

Terdapat juga beberapa toilet umum untuk memudahkan Anda jika ingin berganti pakaian setelah bermain di air terjun. Selain itu, Anda tidak perlu khawatir jika ingin beribadah karena terdapat mushola yang mampu menampung puluhan orang. Anda dan keluarga bisa bersantai sambil makan siang di gazebo yang ada di destinasi wisata ini.

Selain liburan biasa, Anda bisa berwisata kuliner, mencoba berbagai kuliner khas kota Batu di warung-warung yang ada di sekitar air terjun. Bahkan, destinasi ini menawarkan vila dan hotel bagi wisatawan yang datang dari luar kota. Tentunya hal ini memudahkan Anda untuk menghemat pencarian akomodasi saat Anda tiba.

Itulah beberapa informasi dari tempat wisata Coban Putri yang sangat menarik dari Kota Batu. Saat Anda berkunjung ke daerah Jawa Timur, cobalah untuk menikmati destinasi wisata tersebut. Selain letaknya yang dekat dengan pusat kota, Anda juga bisa menikmati keindahan air terjun dan keseruan lainnya yang akan membuat liburan Anda semakin menyenangkan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button