Tempat Wisata

Coban Sewu, Pesona Air Terjun yang Indah dan Indah di Jawa Timur

harga tiket: Rp 10.000, Waktu aktif: 07.00-17.00 WIB, Alamat: Dadapan Wetan, Desa Bendosari, Kec. Pujon, Kab.Malang, Jawa Timur; map: Cek lokasi

Bagi Anda yang puas dengan suasana alam pegunungan yang sejuk, Anda bisa mencoba berwisata ke Air Terjun Coban Sewu yang terletak di kawasan perbatasan antara Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang.

Memiliki pesona alam yang menakjubkan dan menjadikan air terjun ini sebagai salah satu tempat wisata unggulan di Malang dan Lumajang. Pesona alamnya mampu memukau setiap pasang mata yang melihatnya. Selain itu kesegaran dan kesejukan alam di kawasan wisata air terjun ini juga memiliki suasana yang bisa mendamaikan hati dan pikiran.

Liburan di Coban Sewu akan menghilangkan kejenuhan dan penat dari kehidupan sehari-hari, yang tidak lepas dari masalah di sekolah dan di tempat kerja. Tempat wisata ini juga bisa menjadi pilihan bagi Anda yang sedang mencari destinasi wisata keluarga.

Daya Tarik Coban Sewu

Atraksi Coban SewuKredit foto: Google Maps Fahad Aldrees

1. Tebing Perawan

Tebing ini dulunya merupakan pintu masuk sebelum memasuki kawasan Coban Sewu. Lokasinya tepat berada di bawah tebing. Sebelum bisa mencapai tebing ini Anda harus berjalan kaki sekitar 800m dari area air terjun utama. Perjalanan yang akan Anda lalui cukup terjal dengan bebatuan yang licin. Oleh karena itu, Anda harus selalu berhati-hati saat menuju Virgin Cliff.

2. Gua Bidadari

Berbeda dengan Tebing Perawan, medan yang Anda lewati untuk menuju kawasan Gua Bidadari terbilang cukup landai dan mudah. Gua ini, tempat air mengalir di antara dinding, berjarak sekitar 300 meter dari area air terjun. Menurut legenda, gua ini adalah tempat pertemuan para bidadari cantik.

3. Danau Biru

Kawasan yang hanya berjarak sekitar 50 meter dari Gua Bidadari ini memiliki keindahan luar biasa yang bisa menjadi daya tarik bagi pengunjung. Danau ini memiliki air yang mengalir dari tebing. Kedalamannya juga terbilang dangkal, yakni hanya sekitar 100cm. Oleh karena itu, danau ini aman digunakan sebagai area berenang bagi Anda yang takut dan tidak bisa berenang.

Atraksi Coban SewuSumber gambar: Twitter #LiburanMulu

4. Goa Tetes

Gua Tetes ini bisa kamu nikmati dengan berangkat dari Lumajang dan masuk ke area air terjun. Di area belakang Coban Sewu terdapat sebuah goa yang konon sering digunakan sebagai tempat meditasi atau pertapaan bagi orang-orang yang meyakini ajaran tertentu.

Selain itu, goa ini juga memiliki keindahan yang tak terbantahkan, juga goa ini terkenal sejak Air Terjun Coban Sewu yang terkenal.

5. Bukit dengan panorama alam yang menakjubkan

Daya tarik selanjutnya di kawasan wisata air terjun ini adalah bukit yang menawarkan keindahan yang begitu mempesona. Daerah perbukitan atau titik pandang ini menawarkan pemandangan indah dari ketinggian sekitar 30 meter. Gardu induk ini hanya dapat melayani sekitar 50 pengunjung dalam satu waktu.

Sudut pandang ini hanya berjarak sekitar 100 meter dari area air terjun. Meski sedikit berjalan kaki, Anda bisa menikmati keindahan air terjun dari atas bukit begitu sampai di kawasan ini. Pemandangan yang indah akan membuat Anda semakin betah berada di kawasan wisata ini.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Coban SewuKredit foto: Google Maps Indra Pratama

Kawasan wisata Coban Sewu terletak di dua kabupaten sekaligus, yaitu Lumajang dan Malang. Itinerary dapat diambil baik dari Kabupaten Lumajang maupun Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Jika memilih rute dari Kabupaten Malang, perjalanan memakan waktu sekitar 2,5 jam. Dari wilayah Kabupaten Malang, Anda bisa berkendara menuju Lumajang dengan melewati beberapa kecamatan.

Sebelum Anda mencapai tugu perbatasan antara Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang, Anda akan menemukan sebuah gang yang menurun di sisi kiri jalan dari arah Kabupaten Lumajang. Dari gang Anda bisa berjalan lurus sampai menemukan area sungai, kemudian dari area sungai ini Anda bisa meninggalkan atau memarkir kendaraan Anda di gubuk penambangan pasir.

Perjalanan dilanjutkan dengan menyusuri area sungai hingga sampai di area air terjun. Setelah sekitar 200 meter atau sekitar 10 menit berjalan kaki Anda akan sampai di tempat wisata di Coban Sewu ini

Jika Anda memulai perjalanan dari Kabupaten Lumajang, akan memakan waktu sekitar 1 jam perjalanan. Rute ini bisa ditempuh bagi Anda yang berdomisili di wilayah Surabaya, Pasuruan dan Probolinggo.

Biaya masuk objek wisata

Kartu Coban SewuSumber Gambar: Google Maps Latifatul Fauziah

Daerah sekitar Coban Sewu terkenal dengan keindahan alamnya. Untuk menikmati keindahan alam yang tersembunyi di kawasan wisata air terjun ini, Anda akan dikenakan biaya masuk yang cukup ramah kantong. Hal ini menjadikannya destinasi yang cocok bagi Anda yang ingin berwisata dengan budget minim.

Hanya dengan merogoh kocek 10.000 rupiah per orang Anda sudah bisa memasuki kawasan wisata air terjun dan menikmati segala keindahan alam yang disuguhkan.

Biaya tambahan lain yang dikenakan hanyalah biaya parkir kendaraan pribadi Anda. Biaya parkir ini juga cukup masuk akal dan terjangkau sehingga Anda tidak merasa terbebani.

Anda dapat datang ke sini kapan saja karena area ini tidak memiliki jam buka yang ditetapkan. Namun, karena jalan masuknya cukup sulit untuk dilalui, Anda disarankan untuk datang hanya di pagi hari karena sinar matahari masih bisa menerangi jalan Anda. Jadi keselamatan Anda akan lebih terjaga jika Anda bisa melihat medan dengan jelas dari jalan yang Anda lalui saat datang di pagi hari.

Hal menarik yang bisa dilakukan di Coban Sewu

Kegiatan Coban SewuKredit foto: Google Maps Ye Rachma

1. Menginap di dekat Coban

Jika anda kurang puas melakukan aktivitas di kawasan wisata Air Terjun Coban Sewu. Anda bisa bermalam dan menikmati keindahan air terjun di pagi hari. Meski akomodasi di kawasan wisata ini sangat sederhana karena harganya yang murah, namun kenyamanannya tidak perlu diragukan lagi.

Menginap di sini Anda bisa bangun pagi dan menikmati kesejukan kawasan air terjun. Anda juga bisa berolahraga dengan jogging di sekitar air terjun atau melakukan yoga. Kegiatan ini tentunya akan membuat pikiran Anda lebih segar. Dan yang pastinya bisa membuat kondisi tubuh menjadi segar kembali.

2. Berenang dan bermain air

Selain keindahan alam yang ditawarkan tempat ini, tempat ini juga memiliki air terjun yang begitu segar. Anda bisa menikmati kesegaran air di kawasan ini dengan berenang atau sekedar bermain air. Air jernih dengan kesegaran yang luar biasa bahkan cenderung lebih dingin ini didapat karena letak tebing air terjun yang begitu tinggi, yakni sekitar 120 meter.

3. Agrowisata buah

Kegiatan menarik selanjutnya yang bisa Anda lakukan di Coban Sewu adalah melakukan kegiatan agrowisata buah salak. Kegiatan ini tentunya merupakan kegiatan yang jarang bisa dilakukan di tempat wisata lainnya.

Di sini Anda bisa memetik buah salak sebanyak yang Anda mau, karena pohon salak yang tumbuh di kawasan ini merupakan pohon milik pengelola dan bisa diambil bebas oleh siapa saja. Setelah memetik beberapa buah palsu, Anda bisa membawanya pulang sebagai oleh-oleh untuk keluarga atau teman Anda.

4. Berburu Kuliner

Aktivitas menyenangkan Coban SewuKredit foto: Google Maps paircarrier com

Setelah puas dengan berbagai aktivitas di kawasan air terjun ini, Anda bisa mengisi perut di warung makan yang dikelola warga sekitar. Jadi Anda tidak perlu repot menyiapkan makanan dari rumah. Harga aneka masakan dan minuman juga cukup murah di sini, sehingga tidak menguras kantong.

Anda bisa bersantai sejenak dan menikmati berbagai hidangan yang ditawarkan di warung ini. Selain itu, keberadaan warung di kawasan wisata air terjun ini juga menjadi ladang mencari makan bagi masyarakat sekitar.

5. Berburu foto

Coban Sewu adalah surganya para pecinta foto. Panorama dan komposisi bentuk alam yang ada menciptakan berbagai motif foto menarik yang sangat diapresiasi oleh para pengunjung. Sayang sekali jika berwisata ke sini tapi tidak mengabadikan momen tersebut sebagai kenangan.

6. Trekking yang menuntut

Anda bisa berpetualang dengan mencoba menjelajahi area sekitar air terjun dan turun ke bawah. Anda harus menjaga kondisi fisik dan stamina Anda sebelum melakukan aktivitas ini. Karena aktivitas trekking ini bisa menghabiskan banyak energi.

Untuk mencapai daerah yang lebih rendah Anda harus turun dengan medan yang cukup sulit. Anda akan menaiki tebing dengan tangga bambu yang sangat dasar. Faktanya, Anda hanya berpegangan pada seutas tali di beberapa sudut. Saat sampai di bawah harus hati-hati karena arus airnya cukup kencang.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Coban SewuKredit foto: Google Maps Namira Sweet

Kawasan Wisata Air Terjun Coban Sewu didukung dengan berbagai fasilitas yang dapat menghadirkan rasa nyaman bagi pengunjung yang datang. Beberapa fasilitas yang tersedia di kawasan wisata ini mulai dari kamar mandi atau toilet yang bersih, warung makan, tempat ibadah atau mushola muslim, tempat istirahat hingga pemandu wisata juga ada disini.

Untuk memaksimalkan liburan Anda di tempat wisata ini, Anda bisa menyewa jasa pemandu wisata dengan biaya 200-300 ribu. Menikmati keindahan alam sambil belajar merupakan pengalaman yang menarik untuk dimiliki di sini. Tentunya hal ini bisa membuat liburan Anda terasa lebih bermakna.

Pemandu tidak hanya akan menjelaskan berbagai pengetahuan dan membantu Anda menemukan cara terbaik untuk menjelajahi kawasan wisata Coban ini, tetapi juga dapat bertindak sebagai fotografer untuk Anda, terutama jika Anda menemukan tempat yang nyaman untuk berfoto. Kehadiran pemandu lokal tentu sangat membantu, terutama bagi Anda yang baru pertama kali berlibur ke Coban.

Itulah sedikit ulasan tentang tempat wisata Coban Sewu yang keindahan alamnya masih terasa sangat asri. Bagi Anda yang ingin berlibur ke Malang-Lumajang dengan budget minim, Anda bisa menambahkan objek wisata ini ke dalam daftar destinasi wisata Anda.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button