Tempat Wisata

Crystal Bay Nusa Penida, pantai dengan taman bawah laut yang menakjubkan

Crystal Bay Nusa Penida, pantai dengan taman bawah laut yang menakjubkan
harga tiket: Bebas, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Sakti, Kec. Nusa Penida, Taksi Klungkung, Bali; Bahan pengikat: pemeriksaan situs

Crystal Bay Nusa Penida adalah pantai yang indah di tenggara Bali. Tidak hanya memiliki pemandangan yang indah tetapi juga menjadi sumber air bersih bagi warga.

Keindahan Bali tidak hanya terletak di bagian tengah tetapi juga di bagian tenggara pulau. Maksud saya pantai yang indah ini. Pantai yang indah ini tidak kalah dengan pantai-pantai lain di Bali karena cukup populer di kalangan wisatawan mancanegara.

Begitulah Bali, kaya akan tempat-tempat indah untuk dikagumi dan dikunjungi. Pantai ini terletak persisnya di Nusa Penida, Bali. Meski sebagian warga setempat belum familiar dengan tempat wisata ini, namun pantai ini cukup terkenal di mancanegara.

Nama asli dari pantai ini sendiri adalah Pantai Penida, namun oleh wisatawan mancanegara disebut Pantai Crystal Bay. Akses menuju pantai ini sangat mudah. Sesampai di sana, pengunjung bisa menikmati berbagai aktivitas menarik di pantai dan sekitarnya.

Daya tarik yang dimiliki Crystal Bay

Objek wisata Crystal BayKredit Foto: Tur Termurah Google Maps Bali

Pantai cantik ini sebenarnya sangat unik karena terdapat pulau kecil di tengahnya yang menjorok ke daratan. Selain itu, Pantai Penida dikelilingi perbukitan di kedua sisinya, sehingga aktivitas mandi para wisatawan cukup aman. Dan berikut berbagai daya tarik yang dimiliki Pantai Penida.

1. Taman Bawah Air

Keindahan bawah laut menjadi salah satu daya tarik utama pantai ini. Pemandangan bawah lautnya sangat memanjakan mata pengunjung karena terdapat terumbu karang yang indah untuk snorkeling, diving atau sekedar menjelajah.

2. Mola Mola

Kata pada nama ikan ini berasal dari bahasa latin yaitu “millstone” yang berarti “gerinda”. Dinamakan ikan ini Mola karena tampilan fisiknya yang menyerupai batu berwarna abu-abu. Tekstur ikannya cukup kasar, dan bentuknya bulat.

Dalam bahasa Inggris, ikan ini disebut “Sunfish”. Ikan Mola Mola sendiri sering terlihat di Crystal Bay. Mereka dikenal senang berjemur di bawah terik matahari dan juga senang berenang di dekat permukaan laut.

3. Keindahan alam

Pantai Penida juga menawarkan berbagai wisata alam termasuk perkebunan yang dikelola masyarakat setempat. Berbagai buah dan tanaman ditanam di perkebunan ini, antara lain ubi jalar, mangga, kacang-kacangan, jagung, dan kacang mete.

Pemandangan yang tak kalah indah saat menginap di Crystal Bay Nusa Penida adalah pemandangan matahari terbit dan terbenam di pagi dan sore hari. Sayang sekali jika melewatkan pemandangan ini, sehingga banyak pengunjung yang mengabadikannya dengan berfoto.

4. Batu Jineng

Selain itu, di Crystal Bay juga terdapat Batu Jineng yang berada di atas tebing di sisi kanan pantai. Potensi batu ini sebagai daya tarik pantai sebenarnya cukup besar, sehingga pengelola pantai harus lebih mengembangkan batu ini.

5. Sumber air bersih

Pantai ini tidak hanya indah pemandangannya, tetapi juga unik karena merupakan kawasan yang menghasilkan air bersih bagi penduduk setempat. Ada banyak sumber di sini, sehingga disimpan dan digunakan sebagai bahan baku air minum dan kebutuhan lainnya.

Ada ratusan mata air bersih di Crystal Bay. Air ini mengalir keluar setelah mendorong pasir di atasnya. Jika baru pertama kali ke sini, wisatawan juga akan melihat keberadaan sesuatu seperti kepiting di bawah pasir.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Teluk CrystalKredit foto: Google Maps Do Thủy Trần Thị

Pantai indah ini terletak di Banjar Penida, Desa Sakti, Nusa Penida, Klungkung, Bali. Jaraknya sekitar 8 kilometer dari Pelabuhan Toya Pakeh atau membutuhkan perjalanan sekitar 20 menit dengan kendaraan yang mudah dijangkau.

Keberangkatan diawali dengan penyeberangan menuju Nusa Penida. Pilihan yang tersedia adalah naik perahu tradisional dari Pantai Kusamba, perahu dari Pelabuhan Padang Bai atau speedboat dari Pelabuhan Pantai Sanur.

Setelah itu lanjutkan perjalanan dengan rental motor menuju Toya Pakeh. Dari Toya Pakeh, temukan jalan menanjak menuju Sebunibus hingga tiba di pertigaan keramat. Belok kanan untuk sampai ke Banjar Sakti dan terus berjalan hingga mencapai Crystal Bay.

Biaya masuk untuk wisata pantai

Berbeda dengan wisata pantai di Bali lainnya, saat ini tidak ada biaya masuk untuk masuk ke Pantai Penida alias gratis. Namun sebelum masuk, wisatawan tetap harus membayar biaya parkir.

Biaya parkir berlaku untuk pengunjung yang datang dengan sepeda motor atau mobil. Harga parkir motor Rp 2.000 sedangkan harga mobil Rp 5.000.

Hal-hal menarik yang dapat dilakukan di Crystal Bay

Hal menarik untuk dilakukan di Crystal BaySumber gambar: Google Maps Sumit Tiwari

Berkunjung ke pantai memang tidak asyik jika tidak melakukan aktivitas. Pantai Penida sendiri dikenal tidak hanya karena keindahannya, tetapi juga karena wisatawan dapat melakukan aktivitas seru. Seperti apa kegiatan tersebut?

1. Menyelam atau snorkeling

Crystal Bay memiliki warna air laut yang sangat jernih, sehingga kegiatan seperti snorkeling dan diving menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Wisatawan bisa langsung melihat panorama bawah laut laut kebiruan yang indah.

Banyak biota laut tumbuh di bawah air, seperti alga, terumbu karang, dan fauna lainnya yang seolah menyambut wisatawan. Semua biota laut juga bisa terlihat jelas karena airnya yang sangat jernih.

2. Titik Crystal Bay

Aktivitas menarik selanjutnya adalah mengunjungi tempat indah ini. Di sini pengunjung diperbolehkan datang untuk melihat panorama teluk yang indah secara utuh. Namun, wisatawan harus menyelesaikan tantangan tersebut dengan terlebih dahulu melewati ratusan anak tangga.

Namun setelah mengatasi rasa lelah dan sampai di puncak, pemandangan keseluruhan yang menakjubkan disuguhkan kepada para pengunjung. Dari atas terlihat bukit-bukit di sisi pantai dan hamparan air laut berwarna biru yang menyegarkan mata.

3. Perhatikan matahari terbit dan terbenam

Pantai adalah salah satu tempat yang tepat untuk menyaksikan matahari terbit dan terbenam. Salah satu tempat yang bisa Anda coba adalah Crystal Bay. Wisatawan akan merasakan perasaan romantis menyaksikan matahari terbit dan terbenam.

Udara pun menjadi hangat, mata pun dimanjakan, karena pantainya sendiri menyuguhkan pemandangan matahari yang dipadukan dengan tebing di tengah laut, bukit hijau, air laut biru dan bentuk teluk yang melengkung sempurna.

4. Bermain pasir

Pantai Penida memiliki garis pantai yang cukup panjang, sekitar seribu meter, terbentang dari satu ujung ke ujung lainnya. Garis pantai yang panjang ini cukup memuaskan pengunjung yang ingin bermain di pantai atau berjemur untuk berjemur.

5. Memancing

Hal-hal menarik yang dapat dilakukan di Crystal BaySumber Gambar: Google Maps Asvin Vidyasagar

Pengelola Crystal Bay juga mengizinkan pengunjung untuk memancing dari perahu atau dari tebing dekat pantai. Perahu biasanya disewakan oleh nelayan. Namun, ikan yang tidak layak konsumsi harus dilepas setelah dikumpulkan.

6. Berenang

Wisatawan yang suka berenang pasti harus mencoba Pantai Penida. Berenang di pantai bersama rombongan akan menjadi kegiatan yang menyenangkan. Ombak pantai yang cukup tenang membuat kegiatan ini dapat berlangsung dengan aman dan nyaman.

Selain itu, pengunjung dapat menikmati panorama pantai berjuluk Diamond Beach Nusa Penida ini sambil berenang. Perbukitan hijau di sisi pantai menemani aktivitas berenang dan memanjakan mata.

7. Nikmati kuliner yang nikmat

Setelah puas bermain-main di pantai dan menikmati panorama yang indah, perut biasanya terasa lapar karena kecapekan. Jika sudah, maka saatnya berwisata kuliner ke warung makan dan restoran di sekitar Crystal Bay. Ada berbagai jenis makanan termasuk menu barat.

8. Ambil foto

Tidak hanya satu atau dua spot foto yang menarik di pantai ini, namun ada banyak spot yang tidak boleh dilewatkan. Misalnya saat berfoto saat snorkeling, saat matahari terbit dan terbenam atau di pulau kecil di tengah pantai.

Fasilitas area pantai tersedia

Fasilitas Crystal BaySumber Gambar: Google Maps Wisata Nusa Penida

Sebagai destinasi wisata yang populer, pengelola Crystal Bay Bali telah menyediakan fasilitas yang memadai bagi pengunjung. Salah satunya adalah persewaan peralatan diving dan snorkeling. Kursi berjemur dan payung juga tersedia di area pantai.

Selain itu, pengunjung juga dapat merasakan fasilitas warung makan dan restoran yang menyajikan berbagai menu mulai dari menu lokal hingga internasional. Wisatawan juga bisa menginap di bungalow dan hotel yang tersebar di sekitar kawasan pantai.

Teluk Kristal Nusa Peninda dengan segudang pemandangan indahnya terbukti menjadi tempat yang menyenangkan untuk berbagai aktivitas. Semua pengunjung yang bepergian diharapkan untuk mengamati kebersihan pada saat kedatangan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button