Berita Wisata

Cuaca Buruk, Pencarian Pelancong Hilang di Pantai Prigi Dihentikan – Solopos.com

SOLOPOS.COM – Pencarian wisatawan hilang hanyut terbawa arus laut di Pantai Prigi Trenggalek, Kamis (01/01/2023) (ANTARA/HO – Polres Trenggalek)

Solopos.com, TRENGGALEK — Tim SAR Gabungan menghentikan pencarian turis yang hilang usai disapu ombak di Pantai Prigi, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur pada Minggu (1/1/2023) sore. Pencarian dibatalkan karena hujan dan angin di daerah tersebut.

Koordinator Pos SAR Trenggalek Yoni Fahriza mengatakan, empat kapal milik Basarnas, Polairud dan kapal nelayan langsung berhenti di dermaga saat cuaca melanda kawasan Teluk Prigi, sekitar pukul 15.30 WIB.

Promosi hyperlocal Tokopedia meroketkan pendapatan online sebesar 147%

Pencarian wisatawan yang hilang akan dilanjutkan pada Senin (2/1/2023) dalam radius 5 hingga 6 kilometer di sekitar lokasi kejadian.

“Kami akan memperluas di kedua sisi teluk, biasanya insiden [orang tenggelam] ditemukan tidak jauh dari Teluk Prigi,” kata Yoni.

Beriklan dengan kami

Yoni mengatakan selain potensi badai, ombak di tepi Pantai Prigi juga cukup tinggi. Kondisi ini mempersulit proses penelitian.

Akibatnya, upaya pencarian dan penyelamatan korban Angga Jefri yang masih hilang untuk sementara dihentikan.

“Gelombang yang disertai angin membuat proses penelitian kurang maksimal. Pencarian akan kami lanjutkan besok,” kata Kapolsek Watulimo AKP Suyono saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon.

Tak hanya menyisir kawasan Teluk Prigi menggunakan sampan dan perahu nelayan, para nelayan juga mencarinya dengan menebar jaring di sekitar perairan Prigi.

Empat kali drag net yang memiliki panjang lebih dari satu kilometer dikerahkan, namun tidak berhasil.

Beriklan dengan kami

Peristiwa empat wisatawan terseret ombak di pantai Prigi terjadi sekitar pukul 09.30 WIB, Minggu. Keempat turis yang tersapu ombak itu bernama Angga Jefri, Faiz, Reno dan Ridho. Saat itu, keempat wisatawan asal Kediri itu sedang bermain air di pantai bersama puluhan wisatawan lainnya.

Celakanya, saat ombak besar menerjang, banyak turis yang langsung berhenti dan ada juga yang berguling-guling ke arah pantai lalu terlempar kembali ke tengah laut.

Banyak yang mampu bertahan dan kembali ke tepian, namun tidak demikian dengan Angga dan tiga rekannya yang terbawa cukup jauh menuju pusat.

Mengetahui Angga Jefri, Faiz, Reno dan Ridho terseret ke laut dan tidak bisa berenang, tiba-tiba teman-teman mereka di pantai berteriak minta tolong.

Turis lain pun ikut histeris hingga petugas SAR Gabungan yang bersiaga tak jauh dari lokasi kejadian datang membantu.

Beriklan dengan kami

Ketiga korban yang tersapu ombak berhasil diselamatkan dan dievakuasi ke pantai. Namun, jenazah Jefri tidak dapat dijangkau tim penyelamat dan hanyut terbawa ombak ke laut.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button