Berita Wisata

Cuaca Buruk, Puluhan Warung di Tempat Wisata Pantai Kota Tegal Rusak Diterjang Angin dan Ombak Besar – Panturapost.com

TEGAL – Hujan deras disertai angin kencang dan gelombang laut besar merusak fasilitas umum dan warung milik warga di sejumlah resort di pesisir pantai Kota Tegal, Jawa Tengah, pada Sabtu (31/12/2022).

Meski tidak ada korban jiwa, puluhan warung milik warga objek wisata Pantai Muarareja Indah (MJ) dan Pulau Kodok dikabarkan rusak.

Selain itu, dinding pembatas jogging track di Pantai Alam Indah (PAI) Tegal juga diterjang ombak besar. Beberapa pohon juga tumbang.

Warga sekitar dibantu petugas relawan dari BPBD dan Polri turun ke lapangan untuk melakukan pendataan dan perbaikan.

Kepala Desa Panggung, Kecamatan Tegal Timur, Amin Suseno, saat dimintai konfirmasi wartawan membenarkan kabar tersebut.

“Laporan sementara yang masuk, ada kabel listrik yang roboh di warung di kawasan Pantai Komodo dan Batamsari. Di Pulau Kodok ada delapan warung hanyut diterjang ombak,” kata Amin.

Kapolres Tegal Kota AKBP Rahmad Hidayat yang mendengar kabar tersebut langsung turun ke lapangan untuk melakukan pemeriksaan langsung.

Menurut pendataan sementara, sedikitnya 19 warung pinggir pantai rusak di kawasan objek wisata pantai Muarareja Indah dan Pulau Kodok.

“Dampak angin dan gelombang besar, kami melakukan pendataan. Di Muarareja rusak 10 warung pantai, di Pantai Pulo Kodok 9 rusak. Dan, di PAI ada tanah tembok pembatas dan jalur pejalan kaki,” kata Rahmad.

Rahmad mengatakan, jajarannya masih melakukan pemantauan di lapangan. Warga atau wisatawan diimbau untuk tetap berhati-hati karena cuaca sedang tidak baik.

Memang, warga diimbau tetap di rumah, karena prakiraan cuaca yang diumumkan BMKG masih memprediksi hujan pada siang dan malam hari.

“Warga sekitar diimbau untuk berhati-hati karena cuaca kurang baik dan ombak besar. Kami terus patroli dan menempatkan anggota,” pungkas Rahmad.

Sementara itu, BMKG melalui Stasiun Cuaca Laut Tanjung Emas Semarang mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi.

Panggilan ini berlaku mulai 31 Desember 2022 pukul 07:00 WIB hingga 1 Januari 2023 pukul 07:00 WIB.

Ketinggian gelombang 1,25 hingga 2,5 meter (sedang) berpeluang terjadi di perairan Kalimantan Tengah bagian barat.

Sementara itu, gelombang dengan tinggi 2,5 hingga 4 meter (height) berpeluang terjadi di Laut Jawa Tengah, Perairan Semarang Demak, Perairan Karimunjawa, Perairan Jepara, Perairan Pati -Rembang, Perairan Pekalongan-Kendal dan Perairan Brebes-Pemalang .

Penerbit: Setyadi

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button