Berita Wisata

Cuaca ekstrem, Bupati Garut meminta warga menghindari wisata pantai dan gunung

Merdeka.com – Bupati Garut Rudy Gunawan mengimbau wisatawan yang datang ke Kabupaten Garut Jawa Barat menghindari tempat wisata laut dan gunung. Hal itu disampaikan mengingat berdasarkan hasil laporan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), kondisi cuaca saat ini tergolong ekstrem hingga akhir tahun.

Rudy mengatakan wisatawan yang datang ke Garut disarankan untuk berwisata ke perkotaan agar lebih aman.

taboola tengah artikel

“Kami juga tidak merekomendasikan ke laut atau gunung,” kata Rudy, Kamis (29/12).

Ia menjelaskan saat ini kondisi angin di wilayah laut Garut cukup kencang. Dengan kondisi tersebut, aktivitas di kawasan maritim, termasuk pantainya, tidak boleh dilakukan karena dapat membahayakan wisatawan.

“Kami Pemerintah Kabupaten Garut mengeluarkan larangan, dan di sana (daerah pesisir Garut) kami juga disiagakan oleh satuan Brimob, satuan POLISI Perairan untuk memberikan keamanan di wilayah pesisir wilayah Garut bagian selatan. Di sana anginnya kencang, jadi angin lautnya kencang, jadi tidak boleh,” jelasnya.

Secara khusus, dengan kondisi cuaca saat ini, pihaknya menyampaikan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Garut kondisi cuaca yang dapat membahayakan wisatawan yang melakukan aktivitas di gunung dan laut.

“Dengan demikian, pendakian gunung kini dihindari, laut juga dihindari. Wisatawan bisa mengunjungi tempat wisata di perkotaan seperti Situ Bagendit dan Cipanas,” pungkasnya.

2 dari 2 halaman

“Kami Pemkab Garut mengeluarkan larangan, dan di sana (daerah pesisir Garut) kami juga disiagakan oleh satuan Brimob, Satuan Polisi Air untuk memastikan keamanan di wilayah pesisir Garut selatan. Di sana anginnya kencang, jadi angin lautnya kencang, jadi tidak boleh,” jelasnya.

Secara khusus, dengan kondisi cuaca saat ini, pihaknya menyampaikan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Garut kondisi cuaca yang dapat membahayakan wisatawan yang melakukan aktivitas di pegunungan dan laut.

“Dengan demikian, pendakian gunung kini dihindari, laut juga dihindari. Wisatawan bisa mengunjungi tempat wisata di perkotaan seperti Situ Bagendit dan Cipanas,” pungkasnya. (mdk/de)

Baca juga :
Kepala BRIN: informasi cuaca mengacu pada BMKG
BMKG memprediksi potensi banjir Rob di pesisir Jakarta pada 3-10 Januari 2023
Ramalan badai besar Jabodetabek, direktur BRIN: pendapat pribadi peneliti
Jokowi kembali mengingatkan masyarakat untuk waspadai kondisi cuaca ekstrem: lihat informasi BMKG
BMKG memprediksi awan Cumulonimbus dapat mengganggu penerbangan Indonesia hingga 2 Januari mendatang
BMKG menyebut ada tren penurunan intensitas hujan di Jabodetabek pada Tahun Baru

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button