Berita Wisata

Cuaca Ekstrem, Dirpolairud Polda Jabar Ingatkan Wisatawan Jangan Berenang di Pantai Selatan

Laporan wartawan Tribuncirebon.com, Ahmad Imam Baehaqi

TRIBUNCIREBON.COM, CIREBON – Direktur Polairud Polda Jabar, Kombes Pol Arnapi mengingatkan wisatawan untuk tidak berenang di laut di pesisir selatan Jabar.

Memang arus atau gelombang laut di sepanjang pantai selatan Jawa Barat dikenal sangat ganas dan sulit diprediksi, apalagi saat kondisi cuaca ekstrem seperti saat ini.

Baca juga: Prakiraan Cuaca Cirebon Jumat 23 Desember 2022, Waspada Hujan Disertai Angin 40 Km/Jam Siang Hingga Sore

Karena itu, menurutnya, jika ada wisatawan yang nekat berenang, dikhawatirkan akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Silahkan menikmati keindahan pemandangan pantai, tapi jangan berenang di laut,” kata Arnapi saat ditemui usai pemanggilan pasukan Operasi Lodaya Lilin 2022 di Mako, Ditpolairud Polda Jabar, Jalan Kapten Samadikun, Kota Cirebon, Jumat ( 23/12/2022).

Ia mengatakan, kejadian hilangnya wisatawan akibat tersapu arus laut di pantai selatan tidak pernah terjadi sekali atau dua kali.

Pihaknya menegaskan, hal tersebut harus menjadi perhatian semua pihak, termasuk wisatawan di pantai-pantai di wilayah selatan Jawa Barat itu.

Puluhan personel mengikuti Operasi Lilin Lodaya 2022 Shift Pasukan di Mako Ditpolairud Polda Jabar, Jalan Kapten Samadikun, Kota Cirebon pada Jumat (23/12/2022).Puluhan personel mengikuti Operasi Lilin Lodaya 2022 Shift Pasukan di Mako Ditpolairud Polda Jabar, Jalan Kapten Samadikun, Kota Cirebon pada Jumat (23/12/2022). (Tribununcirebon.com/Ahmad Imam Baehaqi)

Baca Juga: 135 Staf Ditpolairud Polda Jabar Waspada Obyek Wisata Air Selama Libur Nataru 2023

Selain itu, menurutnya, keamanan di tempat wisata menjadi tanggung jawab bersama, bukan hanya kepolisian dan manajemen.

“Selain itu, saat ini ada risiko kondisi cuaca ekstrem yang tentunya berimbas pada gelombang di pantai selatan Jawa Barat sehingga membahayakan wisatawan,” kata Arnapi.

Ia mengaku sudah berkoordinasi dengan satuan wilayah untuk memasang spanduk himbauan untuk tidak berenang di laut di pantai selatan Jawa Barat itu.

Arnapi berharap selama liburan Natal dan Tahun Baru 2023 tidak terjadi kecelakaan laut atau orang hilang di laut yang menjadi wilayah hukum Polda Jabar.

“Kami juga menyiagakan 135 petugas ke seluruh objek wisata air di Jawa Barat selama liburan Natal dan Tahun Baru 2023,” kata Arnapi.

Baca berita lainnya dari Tribuncirebon.com di Google News

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button