Tempat Wisata

Curug Awang: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Sebagai salah satu kawasan yang penuh dengan panorama alam yang indah, Sukabumi kembali memikat wisatawan dengan tempat wisata terbaiknya. Terletak di kawasan Taman Bumi Geopark Ciletuh, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, keindahan objek wisata Curug Awang Jampang mulai memikat mata wisatawan lokal maupun mancanegara.

Curug Awang merupakan air terjun yang bersumber dari Sungai Ciletuh dan menawarkan panorama alam yang mempesona. Berukuran tinggi 40 meter dan lebar 60 meter, air terjun ini menawarkan keindahan yang begitu karismatik. Dinding batu alam berwarna merah kecokelatan di belakang air terjun menambah pesonanya.

Tentu saja keindahannya tidak berhenti sampai disitu saja, pada musim kemarau air terjun ini mengalir lebih deras. Jadi akan lebih enak untuk dinikmati. Dan jika diperhatikan dengan seksama air terjun ini akan terlihat seperti Air Terjun Niagara mini yang ada di Amerika.

Fasilitas di Curug Awang

Fasilitas yang diberikan bisa dikatakan lengkap. Terdapat beberapa fasilitas seperti mushola, toilet, gubuk, warung makan dan tempat parkir mobil walaupun agak jauh dari lokasi. Jadi jika ingin menikmati keindahan suatu tempat wisata masih harus berjalan kaki dari tempat parkir aslinya.

Kisah Curug Awang

Berdasarkan informasi dari Indonesia Tourism Directory, Curug Awang di Jawa Barat merupakan air terjun tertinggi pertama di Sungai Ciletuh. Nama Awang atau dalam bahasa Sunda berarti “ruang” diberikan karena air terjun ini memiliki tinggi air yang jauh diatas langit.

Sedangkan untuk aliran Air Terjun Awang sebenarnya terdapat dua aliran air sebelumnya yaitu Air Terjun Tengah dan Air Terjun Puncak Manik yang keduanya berada di lokasi berbeda. Karena letaknya yang berbeda, kedua air terjun ini dinamakan anak sungai Ciletuh.

Sedangkan untuk tebing air terjunnya konon terbentuk dari proses alam yang luar biasa. Tebing setinggi 40 meter ini menjadi bukti adanya sayatan yang menyebabkan sungai Ciletuh mengalir deras ke bawah. Hingga saat ini, Sungai Ciletuh menjadi aliran yang begitu mempesona.

Berburu foto di Curug Awang

Mengingat keindahan alam Curug Awang di Sukabumi yang mempesona, tak ada satu pun pengunjung yang melewatkan momen menarik di sana. Ada banyak tempat yang bisa Anda jadikan lokasi berburu foto Curug Awang terbaik.

Untuk menikmati keindahan Curug Awang Panenjoan, Anda bisa melihat ke arah bukit. Di bukit ini, posisi aliran sungai terlihat jelas di belakang Anda. Namun jika ingin menikmatinya lebih dekat, Anda bisa berjalan sedikit menuju telaga air tumpah dari Curug Awang Tamanjaya. Inilah posisi paling cocok untuk Anda mengambil foto.

Jalur akses menuju Curug Awang

Terletak di kawasan Geopark Ciletuh, Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, objek wisata air terjun ini memiliki akses lokasi yang tidak sulit untuk dijangkau. Namun jalan yang dilalui agak terjal dan aspalnya berlubang sehingga pengunjung perlu lebih berhati-hati.

Untuk menuju tempat wisata tersebut, Anda bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Anda bisa mengambil jalur menuju kawasan wisata Geopark Ciletuh. Jarak air terjun dari situs Geopark sekitar 1 km, juga terdapat papan informasi yang akan membantu Anda menemukan jalan menuju lokasi.

Perjalanan menuju air terjun ini sangat menggoda. Sepanjang perjalanan Anda akan disuguhi panorama indah, mulai dari petak-petak hutan, perkebunan kelapa sawit, dan persawahan. Setelah sampai di tempat parkir, Anda harus berjalan kaki sekitar 200 meter menuju air terjun.

Biaya masuk Air Terjun Awang

  • Biaya masuk: Rp 5.000/orang
  • Biaya parkir sepeda motor: Rp 3.000
  • Biaya Parkir: Rp 5.000

(Diperbarui Agustus 2023)

Jam buka Curug Awang

Tips berlibur ke Curug Awang

Sekadar tips bagi anda yang ingin melihat dan menikmati keindahan Curug Awang. Kemudian Anda bisa mengunjunginya di pagi hari. Selain bisa menikmati keindahan pemandangan setempat, waktunya juga lebih lama. Serta menggunakan kendaraan pribadi untuk kemudahan akses menuju lokasi Curug Awang.

Ini adalah catatan perjalanan Air Terjun Awang Ciemas, Sukabumi, Jawa Barat. Bagi Anda yang belum menikmati indahnya wisata air terjun di Geopark, kini saatnya menjelajahi keindahan alam mini tour Niagara dari tanah Sukabumi ini.

Galeri Foto Curug Awang

Potret Curug Awang
Spot foto di atas air terjun

Fasilitas untuk berjalan kaki
Spot foto di bawah air terjun
berburu foto
Potret keindahan air terjun


Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button