Tempat Wisata

Curug Bayan, air terjun cantik dengan panorama alam mempesona di Banyumas

Ingin menghabiskan liburan di air terjun dengan panorama alam yang menakjubkan? Curug Bayan menjadi salah satu rekomendasi di Baturaden, Banyumas karena memiliki keindahan alam yang memukau.

harga tiket: 10.000 Rp Jam operasional: 06.00-17.30 WIB, Alamat: Ketenger, Kec. Baturraden, Cab.Banyumas, Jawa Tengah; Map: verifikasi lokasi

Kawasan Baturaden merupakan surga bagi Purwokerto karena menawarkan banyak tempat wisata yang menawan. Dimana banyak terdapat tempat wisata alam di kawasan ini yang pemandangan alamnya dapat memanjakan mata. Salah satu destinasi wisata alam di Baturaden yang paling populer adalah Curug Bayan.

Daerah Banyumas memang dikenal sebagai daerah yang memiliki banyak air terjun atau air terjun yang indah. Wisata bertema air terjun ini sangat cocok untuk liburan bersama teman dan keluarga. Wisatawan akan menemukan ketenangan pikiran dan melepas penat berlibur di air terjun yang mempesona ini.

Udara sejuk dan air jernih dapat membuat rileks setiap pengunjung. Wisata alam ini tidak hanya menampilkan keindahan alam tetapi juga telah dirancang dengan fasilitas yang memadai. Ada beberapa resort dan penginapan keren yang membuat tempat wisata di Baturaden ini semakin populer.

Promo Hotel Banyumas

Atraksi yang ditawarkan Air Terjun Bayan

Objek wisata air terjun BayanFoto: Google Maps/Dede Anto Sapnudin

Keberadaannya sangat populer di kalangan berbagai kalangan, baik wisatawan domestik maupun mancanegara. Kedengarannya hanya pemandangan air terjun, namun wisata air terjun ini memiliki banyak kelebihan yang menarik wisatawan.

Bahkan, banyak turis mengaku pernah ke sini lebih dari satu kali. Berikut beberapa objek wisata yang dimiliki Curug Bayan:

✦ Keajaiban alam yang menakjubkan

Ketinggian air terjun di Baturaden ini mencapai 7 meter, dan luas penampang kolam 200-300 meter. Tempatnya berada di ketinggian, jadi jangan heran jika udaranya dingin di wisata alam ini. Kedalaman kolam tempat air berada sangat bervariasi dan berkisar antara 2 hingga 5 meter. Pesona alam yang bertahta di sini menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Keindahan air terjun yang cukup tinggi ini dilengkapi dengan pepohonan yang rindang sebagai latar belakang, membuatnya semakin cantik. Tempatnya cukup jauh dari pemukiman penduduk sehingga pemandangan yang ditawarkan masih sangat alami. Saat anda tiba di tempat wisata, anda akan mendengar riak air yang dapat menenangkan pikiran anda.

✦ Vila yang tersedia

Saat akan liburan wisata alam, seringkali orang berharap memiliki rumah di kawasan wisata. Mereka menginginkan hal tersebut agar bisa menikmati keindahan alam yang memukau sambil bersantai di rumah. Curug Bayan sendiri telah menyediakan villa untuk mendukung wisatawan yang ingin tinggal lebih lama dan menikmati keindahan alam.

Letak villa ini tepat di bawah air terjun, memungkinkan penghuni untuk menikmati suara air dan keindahan alam. Masih terlihat sangat asri karena vila ini terbuat dari kayu dengan model panggung dua lantai. Tersedia berbagai ukuran villa yang disesuaikan dengan harga atau budget para wisatawan.

Cek tiket Trans Studio Mini Tegal

✦ Banyak spot foto Instagram-ready

Memotret atau mengabadikan momen merupakan salah satu hobi sebagian wisatawan. Bahkan, wisatawan kerap mengunjungi tempat-tempat tersebut dengan tujuan untuk mengabadikan keindahannya. Air terjun di Baturaden ini sangat direkomendasikan bagi yang suka fotografi karena banyak spot foto yang bagus di sana.

Selain air terjun, beberapa spot foto yang paling indah antara lain area bebatuan di dekat air terjun dan duduk-duduk di kursi taman yang disediakan. Meski air terjunnya tidak terlalu tinggi, namun masih terlihat dari jauh. Hal ini memungkinkan wisatawan untuk mengambil tempat foto terbaik dengan air terjun yang indah sebagai latar belakang.

Alamat dan rute menuju Curug

Alamat Curug BayanFoto: Google Maps/Salsa Vallen Shop

Curug Bayan merupakan salah satu tempat wisata alam di Purwokerto yang paling direkomendasikan. Selain keindahan alamnya yang memukau, jalan menuju tempat wisata juga mudah diakses. Wisatawan dapat menggunakan berbagai jenis kendaraan, baik roda dua maupun roda empat.

Wisata air terjun yang mempesona ini berlangsung di Dusun Ketenger II, Kecamatan Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Berangkat dari pusat kota Purwokerto, wisata bertema air terjun ini berjarak kurang lebih 8 km dengan waktu tempuh kurang lebih 30 menit.

Meski jauh dari pemukiman warga, akses jalan menuju kawasan wisata sudah diaspal. Traveler akan merasakan sensasi perjalanan berupa tanjakan, tikungan, tanjakan dan turunan.

Kupon Funworld Moro Banyumas

Biaya masuk wisata alam

Sedangkan untuk tempat wisata pada umumnya, Curug Bayan juga memiliki tarif masuk yang dipungut dari wisatawan. Tak perlu khawatir karena harga tiket masuk wisata air terjun ini sangat terjangkau hanya Rp 10.000. Selain biaya masuk, wisatawan juga harus membayar biaya parkir kendaraan.

Biaya parkir motor Rp 2.000 dan mobil Rp 5.000. Wisatawan yang ingin menginap bisa memesan vila dengan tarif mulai dari Rp 120.000 hingga Rp 1.500.000. Keindahan air terjun alami ini bisa dinikmati setiap hari mulai pukul 06.00 hingga 17.30 WIB.

Kegiatan seru untuk dilakukan

Aktivitas di Air Terjun BayanFoto: Google Maps/Alien Sange

Beberapa aktivitas seru yang bisa dilakukan saat berlibur di Curug Bayan antara lain:

1. Mainkan air

Sudah dijelaskan bahwa air terjun membentuk kolam alami dalam wisata alam ini. Dimana kolam alami ini sering digunakan wisatawan untuk mandi atau sekedar bermain air. Selama ini, bermain air menjadi kegiatan yang paling menghibur wisatawan.

Debit air di Air Terjun Bayan cukup deras sehingga menimbulkan arus yang cukup deras. Meski demikian, kolam tersebut aman untuk bermain air dan tetap nyaman digunakan. Airnya yang dingin dan sejuk dapat membawa kesegaran bagi wisatawan yang bermain air.

2. Bermalam

Wisma Curug Bayan merupakan salah satu fasilitas bagi wisatawan yang ingin bermalam. Oleh karena itu, aktivitas bermalam di villa ini menjadi incaran wisatawan. Villa ini terletak tepat di bawah Air Terjun Bayan, sehingga penghuni bisa menikmati pemandangan begitu membuka jendela.

Bangunan vila dari kayu semakin menambah suasana asri. Cocok untuk liburan keluarga atau bulan madu bersama pasangan. Suasana Air Terjun Bayan di malam hari juga tak kalah menenangkan pikiran. Suara air menemani tidur di malam hari dan membuatnya semakin menyenangkan.

3. Berburu foto

Sayang sekali melewatkan pemandangan alam yang mempesona jika tidak didokumentasikan. Berburu foto adalah kegiatan yang menyenangkan karena wisata air terjun ini menawarkan banyak spot foto Instagram.

4. Santai dan nikmati pemandangannya

Tempat duduk atau paviliun telah disediakan di sekitar tempat wisata, memungkinkan wisatawan untuk bersantai sambil menikmati pemandangan. Selain itu, kegiatan santai bisa dibarengi dengan aneka kuliner yang ada di stand makanan. Sangat menyenangkan untuk melakukan kegiatan ini dengan teman-teman terdekat Anda.

Fasilitas yang tersedia di kawasan Curug

Fasilitas air terjun BayanFoto: Google Maps/Sandy Bagus

Wisata Curug di Banyumas dikelola oleh pemerintah setempat. Jadi jangan heran jika fasilitas yang disediakan sangat memadai. Seperti tempat wisata pada umumnya, berikut beberapa fasilitas yang ditawarkan:

  • ruang sholat
  • tempat peristirahatan umum
  • area parkir
  • villa
  • paviliun
  • warung makan

Kawasan Baturaden dikenal sebagai kawasan yang memiliki berbagai macam wisata alam. Curug Bayan merupakan salah satu objek wisata alam yang paling populer dan memiliki jumlah pengunjung yang banyak hingga saat ini. Pemerintah setempat telah mengelola tempat ini dengan baik sehingga fasilitas yang disediakan cukup memadai.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button