Tempat Wisata

Curug Benowo – Tiket masuk dan spot foto terbaru 2023

Curug Benowo – Tiket masuk dan spot foto terbaru 2023

Curug Benowo – Gunung Ungaran Semarang merupakan salah satu gunung yang sangat menarik untuk didaki. Dengan ketinggian hampir 2000 meter diatas permukaan laut. Desain area ini bisa menjadi titik awal bagi para pemula untuk mengenal keindahan di atas ketinggian.

Bukan hanya tipnya saja yang menarik. Ada juga beberapa tempat wisata di lereng yang sayang untuk dilewatkan.

Salah satunya adalah Air Terjun Benowo yang mempunyai keindahan kawasan yang masih sangat alami dan asri. Lintasan yang fantastis tentu menantang semua orang untuk mencapai puncak.

Kesejukan tempat ini pasti akan dirindukan oleh semua orang. Karena sepanjang perjalanan kita ditemani arus air yang super jernih.

Sebenarnya ada dua air terjun di kawasan ini. Yang lainnya bernama Curug Lawe, keduanya memiliki jalan terjal yang sama. Hanya saja mereka akan berpisah di persimpangan jalan. Terserah Anda untuk memilih yang mana.

Nama Curug Benowo berasal dari fakta bahwa kawasan ini pernah menjadi tempat tinggal Pangeran Benowo. Ia merupakan salah satu pangeran kerajaan Pajang.

Karena sering kesini, sebagian warga menyebutnya Petilasan dan nama air terjunnya Benowo.

Biaya masuk

Biaya masuk air terjun BenowoFoto:

Untuk menikmati keindahan air terjun ini, Anda akan dikenakan tiket masuk Air Terjun Benowo sebesar Rs 4.000 dan biaya parkir mobil sebesar Rs 10.000. Untuk kendaraan bermotor sebesar 3.000 rupiah.

Jam operasional Wisata Air Terjun Benowo adalah mulai pukul 07.00 hingga 17.00. Namun saat sudah menunjukkan pukul 15.00 merupakan batas pengunjung yang berkunjung ke objek wisata ini.

Jarak tempuhnya 45 menit hingga 1 jam, sehingga pihak administrasi membatasi jam berkunjung. Sebab, semakin malam, kondisi air terjun ini menjadi berbahaya bagi pengunjung.

Selain itu, tidak ada penerangan sama sekali di sepanjang jalan. Jalan yang berbatasan langsung dengan jurang membuat tidak aman untuk melintasi tempat ini pada malam hari.

Kunjungi juga -> Umbul Sidomukti Semarang.

alamat dan lokasi rute

Alamat Air Terjun BenowoFoto:

Alamat Air Terjun Benowo berada di Kalisidi RT.1, Rw.6. Ungaran Barat, Semarang, Jawa Tengah 50519. Perjalanan Anda bisa dimulai dari alun-alun kota Ungaran.

Kendarai kendaraan menuju Jalan Mapagan atau Jalan Gunung Pati. Kemudian belok kanan setelah menemukan Makam Gunung Sumur Darul Mu’minin Siplaosan.

Untuk rute selanjutnya menuju Air Terjun Benowo, ikuti saja petunjuk di lokasi yang berbeda. Namun, Anda harus sedikit berhati-hati.

Pasalnya jalan menuju Curug Benowo sangat terjal dan sedikit menanjak. Di sebelah kanan Anda akan disambut oleh pohon karet yang cukup besar.

Pastikan kendaraan Anda dalam kondisi sempurna. Selain tanjakan, di sini juga terdapat tikungan yang cukup tajam. Jadi bersiaplah untuk mempertajam naluri mengemudi Anda.

Sayangnya untuk menuju tempat ini Anda harus menggunakan kendaraan pribadi. Karena kurangnya transportasi yang tersedia, lokasi ini jarang dilayani oleh bus.



Datang juga ke -> Pantai Marina Semarang.

Siap untuk mendaki

Wisata Air Terjun BenowoFoto:

Perjalanan menuju tempat wisata Air Terjun Benowo memakan waktu sekitar 45 menit hingga 2 jam.

Kini pulang ke rumah membutuhkan waktu 40 menit hingga 1 jam. Perjalanan dimulai dari jalan yang mulus, lurus, tanpa hambatan.

Setelah melewati bendungan, jalan terus menanjak perlahan dan bertekstur tanah dan bebatuan. Jika datang di hari kerja, disarankan membawa air minum sendiri dari bawah. Pasalnya, beberapa pedagang enggan memajang barang dagangannya karena sepi.

Namun ketika akhir pekan dan liburan sekolah tiba. Pengunjung yang mencoba melakukan pemanasan sebelum mendaki Gunung Ungaran terlihat sangat ramai. Menariknya lagi, di titik ini terdapat sebatang pohon dengan sandal gantung yang menjadi korban jalur yang dilintasi.

Oleh karena itu, gunakanlah sepatu yang cukup kokoh. Dan sepatu kokoh juga. Agar tidak diabadikan di pohon ini. 500 meter menuju air terjun jalan menjadi lebih curam. 400 meter sebelum sampai anda akan sampai di perempatan dimana anda belok kiri di Curug Lawe dan kanan di Curug Benowo.

Air terjun ini tersedia hampir setiap musim. Namun pada musim kemarau, limpasan air tampak lebih sedikit dibandingkan pada musim hujan. Jangan lupa membawa kamera yang bagus agar bisa mengabadikan setiap momen indah dalam foto dan gambar.

Lihat juga –> Museum Ronggowarsito Semarang.

Jembatan selfie

Rute menuju air terjun BenowoFoto:

Tidak semua jalan yang Anda lalui melelahkan. Namun, ada juga tempat bernama Selfie Bridge. Warnanya merah cerah.

Dan berbatasan langsung dengan jurang. Hanya maksimal 5 orang yang boleh menyeberang di jembatan ini.

Selain itu jembatan ini juga disebut dengan jembatan romantis. Pasalnya banyak pecinta yang mengabadikan momennya di sini. Bukan sekedar momen foto, tapi berpegangan tangan karena takut terjatuh.

Kunjungi juga ->21 wisata terindah dan menarik di semarang.

Air Terjun Benowo bisa dijadikan sebagai tempat latihan pemanasan menuju puncak Gunung Ungaran. Jalur dan jalannya memang menantang dan momen putusnya sandal Anda bisa menjadi momen yang tidak akan pernah Anda lupakan. Jadi kapan Anda akan mengabadikan momen seru di tempat ini?

Perabot

Fasilitas air terjun BenowoFoto:

Curug Benowo merupakan salah satu tempat wisata alam di Semarang yang populer dan sayang untuk dilewatkan. Sebab di sini Anda disuguhkan berbagai panorama menarik dan juga dukungan infrastruktur yang memadai.

Berikut beberapa fasilitas Air Terjun Benowo di Ungaran Semarang:

  • Tempat parkir untuk kendaraan
  • Pusat Informasi
  • kamar mandi
  • Fasilitas air bersih
  • trotoar
  • Pemuatan mudah
  • Spot foto yang menarik

Nikmati keseruan wisata air terjun Curug Benowo Semarang dan pastikan pengalaman liburan tak terlupakan. Duduk santai, berjalan-jalan di setiap sudut air terjun dan juga bermain air.

Rasakan kesegaran air terjun yang jernih, bersih dan serba alami. Hilangkan segala penat batin dan jelajahi indahnya Air Terjun Lawe Benowo.

Udara sejuk khas dataran tinggi menjamin setiap wisatawan merasa rileks dan nyaman berlibur. Ajaklah orang-orang tercinta di sekitar Anda untuk berkumpul dan merasakan berbagai pemandangan alam yang menakjubkan.

Tip berkunjung

Tips berkunjung ke Air Terjun BenowoFoto:

  • Anda perlu memperkirakan waktu kunjungan ke Curug Benowo agar Anda bisa memanfaatkan semuanya dengan maksimal.
  • Cuaca cerah menjadi syarat mutlak untuk merasakan suasana alami yang sesungguhnya di Curug Benowo.
  • Datanglah pada pagi atau sore hari untuk menikmati suasana matahari yang tidak terlalu terik di area air terjun.
  • Menjaga kebersihan di kawasan Air Terjun Curug Lawe Benowo sangatlah penting agar selalu asri dan lestari secara alami.
  • Selalu utamakan keselamatan saat berlibur agar bisa pulang ke rumah dengan aman dan nyaman.

Sekian informasi Curug Benowo Semarang yang menawarkan beragam objek wisata berupa pemandangan alam yang memikat. Itulah tadi ulasan singkat mengenai tempat wisata di semarang khususnya Curug Benowo yang wajib masuk list liburan kamu selanjutnya.

Source: mytrip123.com

Related Articles

Back to top button