Tempat Wisata

CURUG CIAMPEA Desember 2022 Tiket & Aktivitas

Biaya masuk ke Air Terjun Ciampea: Rp 22.000 hingga Rp 30.000. Jam buka: 07.00 – 17.00. Nomor telepon : -. Alamat : Tapos I, Tenjolaya, Bogor, Jawa Barat, Indonesia, 16370.

Air Terjun Ciampea Bogor salah satu air terjun yang sayang untuk dilewatkan saat berkunjung ke kota hujan. Yang istimewa dari air terjun atau cascade ini adalah kolamnya yang jernih. Bahkan, wisatawan sering menjadikan air terjun ini sebagai tempat menyelam.

Tidak hanya berenang, tapi juga menyelam. Ini membuatnya unik untuk menyelam sambil merasakan serunya air terjun yang mengalir.

Tiket masuk ke air terjun Ciampea Bogor

Obyek wisata ini sangat terjangkau untuk semua kalangan. Wisatawan hanya perlu membayar tiket masuk yang sudah termasuk asuransi. Serta biaya parkir untuk kendaraan bermotor.

Biaya masuk
Tiket Masuk Wisata Rp 22.000
tiket berkemah Rp30.000

Baca: Tiket Masuk Air Terjun CIPUTRI Bogor dan Kegiatannya

Jam buka Curug

Waktu tempuh terbaik untuk wisata alam adalah pagi hingga sore hari. Karena pada saat itu pemandangan akan terlihat lebih indah. Daya tarik air terjun ini juga pemandangan airnya. Serta kolam yang jernih dan pasti menggoda untuk dicoba.

jam operasi
Setiap hari 07:00 – 17:00 WIB

Baca: 20+ Wisata Air Terjun Terbaik di Bogor

Keajaiban keindahan air terjun Ciampea

Kawasan wisata Air Terjun Ciampea yang sejuk dan jernihAir jernih langsung ke kolam yang indah. Foto: Gmap/Adrian Hartanto Lokaria

Di balik hutan lebat di Gunung Salak terdapat pemandangan air terjun yang menakjubkan. Arusnya kencang tapi tidak berbahaya. Airnya yang jernih dan berwarna putih langsung terjun ke kolam di bawahnya. Dimana kolamnya begitu jernih bahkan cenderung berwarna hijau kebiruan yang indah.

Di bawah air terjunnya sendiri, kolamnya tidak terlalu dalam. Bahkan, wisatawan bisa melihat dengan jelas bebatuan yang ada di dalamnya. Air di kolam dan air terjun cukup sejuk dan cenderung dingin. Tak heran, karena tempatnya berada di kaki Gunung Salak, di ketinggian 970 – 1.000 mdpl.

Baca: Tiket Masuk CURUG 7 CILEMBER dan Aneka Wahananya

Di sekitar air terjun terdapat tebing bebatuan yang terlihat mengkilat karena basah terkena air. Tumbuhan rambat khas hutan tumbuh di sela-sela, begitu juga rerumputan yang tidak bisa diabaikan begitu saja. Perpaduan warna yang indah menciptakan harmoni pemandangan alam yang menakjubkan. Ditambah lagi dengan suara air terjun yang mengalir turun tanpa henti.

Menyelam di kolam air terjun

Kolam jernih di bawah Air Terjun CiampeaKeindahan bebatuan yang mengelilingi air terjun. Foto: Gmap/Wawan Setiawan

Berbeda dengan tempat wisata air terjun lainnya. Di sini wisatawan tidak hanya bisa berenang, tapi juga menyelam. Tepatnya di Green Lagoon dan Leuwi Ngumpet yang tidak jauh dari air terjun. Kedalaman kolam ini tidak melebihi 3 meter, namun tentunya Anda tetap harus berhati-hati saat menyelam.

Air kolam yang jernih memudahkan untuk melihat biota laut. Ikan-ikan kecil khas sungai dan bebatuan di bawah sungai. Dan tak lupa tanaman dasar kolam juga hadir memeriahkan pemandangan. Namun perlu diperhatikan bahwa kolam ini memiliki arus akibat aliran air terjun dan berbahaya saat musim hujan.

Baca: Tiket PRINCE CURUG dan Beragam Aktivitas Menariknya

Air di Green Lagoon terlihat berwarna hijau kebiruan dan dasar kolam hampir jernih. Membuatnya tergiur untuk mendalami lebih dalam dan tentunya akan membuat penggemar ketagihan Menyelam. Meski Leuwi Ngumpet terbilang tersembunyi, namun keindahannya tak perlu diragukan lagi. Keduanya sebenarnya adalah bongkahan lava dari letusan Gunung Salah yang membeku menjadi ceruk.

tempat tidur gantung dan mengambil foto Ria

Jejak hutan pinus untuk trekkingJejak hutan pinus untuk trekking. Foto: Gmap/Rini Risnawati

Jika Anda belum bisa menyelam atau masih takut menyelam, tentunya ada alternatif lain agar tidak bosan di sini. turis bisa tempat tidur gantungatau menginap tempat tidur gantung. tempat tidur gantung sengaja diletakkan di pepohonan dekat air terjun. Sehingga wisatawan bisa bersantai sambil menikmati derasnya air terjun.

Wisatawan juga bisa bermain air di sekitar air terjun. Karena kolam di bagian ini tidak terlalu dalam dan tentunya lebih aman. Wisatawan bisa bermain-main di sini atau mencoba kesegaran airnya. Sangat berbeda dan pastinya sangat menyegarkan.

Baca: Tiket Masuk CURUG CILEMBER dan Kegiatan Unggulan

Yang tidak boleh Anda lewatkan adalah mengambil foto. Posisi di dekat air terjun merupakan posisi yang tepat untuk mengambil foto. gaya di atas tempat tidur gantung atau bergaya di kolam menghasilkan foto yang instagenic. Selain itu, latar fotonya adalah air terjun Ciampea yang mempesona.

Trekking di air terjun Ciampea

Sawah yang menjadi jalur trekkingSawah yang menjadi jalur trekking. Foto: Gmap/Bela Aris

Untuk menuju ke lokasi air terjun, wisatawan harus mendaki terlebih dahulu. Jarak antara tempat parkir dan air terjun sekitar 1,5 kilometer. Dengan waktu mengemudi sekitar 30-45 menit waktu mengemudi. Tentunya Anda harus memiliki fisik yang kuat dan sepatu yang nyaman untuk trekking.

Ada dua rute trekking yang bisa dipilih wisatawan. Rute lainnya adalah rute melalui sawah terasering yang indah. Sawah ini terlihat hijau dan berubah menjadi kuning ketika mendekati waktu panen. Mengingatkan daerah sekitar Ubud di Bali yang begitu asri dengan hamparan sawah teraseringnya.

Baca: Tiket dan Aktivitas CURUG LEUWI HEJO

Jalur lainnya melewati hutan pinus yang begitu rindang. Tentunya suasana akan berbeda dengan rute sebelumnya. Di kawasan pinus ini, wisatawan akan merasakan ketinggian hutan pinus yang tertata rapi. Daun-daun mengumpul di bagian atas seolah menghalangi sinar matahari masuk ke area di bawahnya.

Lokasi air terjun Ciampea, Bogor

Tempat wisata ini terletak di Tapos I, Kecamatan Tenjolaya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Titik keberangkatan bisa dimulai dari Ciapus atau melalui IPB Dramaga – Ciampea.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button