Tempat Wisata

Curug Cibulao Bogor – Atraksi, Aktivitas, Lokasi & Harga Tiket

harga tiket: Rp12.000, Waktu aktif: 07.00-17.00 WIB, Alamat: megamending, kec. Megamending, Kab.Bogor, Jawa Barat; map: Cek lokasi

Liburan adalah waktu yang tepat untuk bersantai. Setiap orang memiliki cara yang berbeda untuk pergi berlibur. Beberapa berjalan-jalan melalui kota, yang lain menikmati pemandangan laut. Ada juga yang menikmati suasana air terjun. Begitu juga dengan Curug Cibulao Bogor. Air terjun yang populer ini memiliki keindahan alam yang menakjubkan.

Keindahan ini menarik banyak wisatawan, terutama masyarakat lokal, untuk mengunjunginya. Sensasi dan cipratan air terjun memberikan ketenangan sebuah terobosan baru. Fokusnya tidak hanya pada keindahan dan kesegaran air terjun. Tapi juga keindahan alam yang mengelilinginya. Berwisata ke tempat ini, wisatawan bisa menikmati banyak manfaat.

Curug Cibulao sudah ada sejak lama dan merupakan tempat wisata yang paling diminati. Meski membutuhkan waktu yang relatif lama untuk berkunjung, tempat ini tetap ramai dikunjungi wisatawan. Meski sangat lelah, namun rasa lelah tersebut seolah terbayar dengan keindahan yang didapatkan di air terjun ini.

Tempat Wisata Curug Cibulao

Objek wisata air terjun CibulaoKredit foto: Google Maps Ceng Chiang

Wisata ini memiliki berbagai atraksi. Mulai dari lokasinya yang unik dan kedekatannya dengan keindahan alam, hingga suasana yang menyenangkan. Hal ini membuat tempat ini sangat populer di kalangan wisatawan. Tidak hanya berlibur, tetapi juga untuk membebaskan rasa rindu Anda terhadap alam. Berikut beberapa tempat wisata yang ditawarkan Air Terjun Cibulao.

1. Warna Air Biru Jernih

Pernahkah Anda melihat air terjun berwarna biru? Kejernihan air di tempat ini memang sangat bagus. Airnya tidak hanya jernih, tetapi juga memiliki warna biru yang menarik. Bahkan jika Anda tidak menyelam, wisatawan dapat dengan mudah melihat melalui permukaan air. Hal ini dikarenakan air terjun ini sangat jernih.

Sebenarnya, biru bukanlah warna asli air. Air tetap jernih. Namun, ketika sudah jatuh dan menumpuk dalam jumlah banyak, airnya tampak berwarna biru jernih. Tentu saja, kejadian ini merupakan hal yang sangat unik. Selain itu, akan sangat menyegarkan dan menenangkan ketika Anda melihatnya.

2. Memiliki dua kolam

Keunikan tempat wisata ini adalah terdapat dua buah danau yang berbeda dengan kedalaman yang berbeda. Danau pertama yang biasa digunakan untuk berenang memiliki kedalaman sekitar 8 meter. Meski relatif dalam, pengelola telah menyiapkan sarana dan prasarana untuk keselamatan setiap wisatawan yang berkunjung.

Ada juga sebuah danau dengan kedalaman sekitar 5 meter. Danau ini berada di daerah atas. Pada kedalaman ini, air di danau ini terlihat sangat jernih. Danau yang satu ini juga menjadi salah satu spot paling populer bagi pengunjung. Bukan hanya karena tidak terlalu dalam, lokasinya yang berada di atas menjadi tantangan tersendiri jika ingin mengunjunginya.

3. Wahana batu alam

Batuan di Curug Cibulao masih murni dan terbentuk dari alam. Jadi bentuknya sangat menarik, meski tidak simetris. Batuan ini sering digunakan wisatawan untuk menguji adrenalinnya. Anda diperbolehkan mendaki secara gratis oleh pengelola. Namun, jika kondisi cuaca buruk dan bebatuan licin, wisatawan tidak boleh bermain di atasnya.

Ada banyak bebatuan di tempat wisata ini. Tentu saja, dipadukan dengan kesegaran air terjun dan pemandangan alam yang menarik, momen duduk di atas batu akan sangat unik. Pada musim kemarau, wisatawan mendaki bebatuan selama berjam-jam. Anda berfoto atau sekedar merenungkan pesona keindahan alam yang terhampar di wisata ini.

4. Luasnya pepohonan

Air terjun selalu berada di tempat dekat hutan dan pepohonan. Seperti Curug Cibulao. Wisata ini dikelilingi oleh pepohonan yang sangat rindang. Meski baru pertama kali datang ke tempat ini, wisatawan akan dibuat takjub dengan luasnya pepohonan yang berjajar rapi. Hanya pepohonan rindang yang terlihat sejauh mata memandang.

Meski wisatawan membayar di loket, banyak yang kagum dengan keindahan wisata alam ini. Lengkap rasanya, air terjun yang berpadu dengan hutan pepohonan yang rindang. Wisatawan selalu mengambil foto estetis di sekitar pepohonan. Banyaknya pepohonan yang rindang juga menjadi daya tarik wisata air terjun Cibulao.

Alamat dan rute menuju lokasi Air Terjun Cibulao

Alamat Curug CibulaoKredit foto: Google Maps Ceng Chiang

Tentu bagi masyarakat yang tinggal di Jawa Barat, air terjuj ini sudah tidak asing lagi. Air terjun Curug Cibulao terletak di Jawa Barat yaitu di daerah Bogor. Lokasi tepatnya berada di puncak Kecamatan Megamending. Akses menuju tempat ini juga sangat mudah. Setiap wisatawan dapat dengan mudah menemukan tempat-tempat wisata tanpa kesulitan.

Sedangkan untuk rutenya, pengunjung bisa memulai dari Jalan Raya Puncak. Kemudian Anda dapat mengambil arah kiri untuk memasuki Desa Cilember. Dari arah ini Anda cukup mengikuti arah yaitu menuju Jalan Pesantren. Saat memasuki kawasan ini, wisatawan sangat perlu memperhatikan langkah mereka.

Karena jalan utama di sekitar dapat digambarkan sangat curam. Bagi wisatawan yang baru pertama kali datang ke tempat ini sebaiknya bertanya terlebih dahulu kepada warga sekitar. Agar Anda bisa bersiap untuk melewati jalur ini. Meski jalannya terjal, namun keindahan yang terpelihara akan sangat menakjubkan. Untuk membuat wisatawan merasa puas.

Tiket Masuk Air Terjun Cibulao

Tiket Masuk Air Terjun CibulaoKredit foto: Google Maps hendra tutuy

Pihak pengelola telah menetapkan harga yang berbeda untuk setiap wisatawan. Ini adalah cara mengelola kekayaan pariwisata di Indonesia. Setiap wisatawan rela membayar berapa pun untuk menikmati wisata yang sangat indah ini.

Untuk wisatawan lokal, ada biaya 12.000 per orang untuk masuk. Sedangkan wisatawan asing harus merogoh kocek sebesar 50.000 untuk menikmati tempat wisata ini. Untuk camping domestik, harga yang dihitung kemudian adalah 22.000. Wisatawan asing akan dikenakan biaya sebesar 60.000.

Tempat parkir yang luas juga tersedia bagi wisatawan yang membawa kendaraan pribadi. Parkir untuk roda dua memiliki tarif 5.000. Untuk mobil tarifnya 10.000 rupiah. Wisata ini buka mulai pukul 07.00 hingga 17.00.

Kegiatan Seru di Curug Cibulao

Aktivitas Seru Air Terjun CibulaoKredit foto: Google Maps Kristoper Nugroho

Wisatawan dapat menikmati berbagai aktivitas di tempat wisata ini. Bukan hanya tempatnya saja yang mendukung karena menyatu dengan alam. Namun kondisi dan suasananya juga sangat alami. Berikut beberapa aktivitas menarik yang biasa dilakukan wisatawan di Curug Cibulao.

1. Berenang

Banyak wisatawan yang membawa baju ganti super lengkap. Karena mereka selalu menggunakan kesempatan untuk berenang di wisata ini. Danau ini tidak terlalu dalam. Untuk memungkinkan wisatawan berenang dengan bebas. Namun tetap dipantau. Wisatawan yang tidak bisa berenang bisa menggunakan alat bantu.

Anda bisa membawa alat bantu renang sendiri atau menyewanya. Tempat wisata ini menawarkan penyewaan peralatan untuk permainan air. Harganya sendiri juga bervariasi. Sehingga wisatawan tidak perlu repot membawa alat berat dari rumah.

2. Menyelam

Keindahan bawah danau Curug Cibulao memang sangat mempesona. Banyak wisatawan memilih untuk menyelam. Hal ini dilakukan agar mereka bisa langsung menikmati keindahan alam di bawah permukaan air. Keadaan air yang jernih juga menawarkan pemandangan yang mudah bagi wisatawan.

Peralatan khusus harus digunakan untuk menyelam sendiri. Wisatawan juga bisa menyewa di tempat ini. Kemudian wisatawan diberikan tempat khusus untuk lokasi penyelaman. Sehingga tidak bercampur dengan fitur air lainnya. Pengelolanya mengelola tempat wisata ini dengan sangat baik.

3. Lompat tebing

Game ini hanya bisa dimainkan oleh para ahli profesional. Karena itu butuh keberanian yang luar biasa. Namun bagi orang yang menyukai tantangan ekstrim akan merasa tertantang dan sangat bersemangat. Untuk melakukan ini, pengunjung terlebih dahulu harus berani mendaki lalu melompat ke danau.

Kegiatan ini bisa sangat berbahaya bila dilakukan oleh orang yang masih amatir. Oleh karena itu hanya direkomendasikan untuk para profesional. Karena lompat tinggi sangat berbahaya.

4. Ambil foto

Kegiatan Seru di Curug CibulaoKredit foto: Google Maps Muhammad Ramdani

Wisatawan biasanya sangat gemar berfoto di lokasi Air Terjun Cibulao ini. Karena keindahan yang ada di wisata alam ini sangat menakjubkan. Mereka dapat memilih berbagai latar belakang alam yang mereka sukai.

Mulai dari pepohonan yang rindang dan atraktif. Kemudian air yang sangat jernih dengan gemericik yang menenangkan. Ada juga batu-batu besar yang sangat indah.

5. Bermain Air Terjun

Memang kegiatan ini merupakan kegiatan utama dan harus dilakukan. Bermain di bawah air terjun sangat menyegarkan. Sehingga banyak wisatawan yang memanfaatkannya sebagai media terapi. Beberapa percaya bahwa berendam di bawah air terjun dapat menyembuhkan penyakit seperti nyeri.

Admin memberikan petunjuk tempat-tempat yang bisa digunakan untuk mandi. Air terjun ini memang menjadi destinasi wisata yang kaya akan aktivitas bermain air. Segala bentuk infrastruktur juga mendukung atraksi wisata.

6. Berkemah dan piknik

Lokasi yang masih asri membuat setiap wisatawan tertarik untuk mendirikan kemah atau piknik di Curug Cibulao. Hal ini semakin dipermudah dengan banyaknya soket yang disediakan. Menjual aneka makanan dan minuman. Wisatawan bebas mengisi perut saat lapar.

Jika ingin berkemah, pengunjung bisa membayar biaya sebesar 40.000. Tarif ini memungkinkan pengunjung untuk berkemah di area air terjun. Riak air dan angin malam membuat pengalaman berkemah semakin menyenangkan.

Fasilitas Wisata di Curug Cibulao Bogor

Fasilitas Curug Cibulao BogorKredit foto: Google Maps Ahmed Fauzi 21

Pemerintah menyediakan berbagai fasilitas umum bagi wisatawan. Mulai dari toilet, mushola dan masih banyak lagi. Jadi wisatawan tidak perlu khawatir. Lalu ada juga berbagai gerai yang menawarkan berbagai makanan dan minuman. Selain itu, berbagai jenis fitur air disediakan dengan sarana dan prasarana untuk wisatawan.

Curug Cibulao adalah tempat paling populer dengan kelengkapan destinasinya. Tak hanya air terjun, dua jenis danau hingga pepohonan rindang menjadi alasan mengapa banyak wisatawan yang meminatinya. Tempat ini merupakan tempat wisata yang paling direkomendasikan ketika wisatawan pergi berlibur. Ini memiliki akses mudah ke keindahan alamnya yang menakjubkan.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button