Tempat Wisata

Curug Cikawah, air terjun menakjubkan dengan kawah kecil unik di Bogor

harga tiket: Rp10.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Ciasmara, Kec. Pamijahan, Cab.Bogor, Jawa Barat; Map: Periksa lokasinya

Curug Cikawah merupakan air terjun di Bogor yang menawarkan pesona alam yang menakjubkan. Berbeda dengan air terjun lainnya, air terjun ini menawarkan pengalaman tak terlupakan bagi pengunjungnya dengan perpaduan keindahan air terjun dan kawah aktif. Tak heran jika air terjun cantik ini menarik banyak pengunjung dari berbagai tempat.

Dengan ketinggian 45 m, air terjun ini memiliki aliran sungai yang membentuk lengkungan di bagian atasnya dan menciptakan aliran air yang sangat deras. Airnya mengalir di antara pepohonan yang lebat dan rindang, menciptakan pemandangan yang indah. Selain itu, air terjun mempesona ini juga menawarkan berbagai hal menarik seperti di bawah ini.

Objek wisata Air Terjun Cikawah

Objek wisata Air Terjun CikawahFoto oleh Andreas Ade Nugeraha di Google Maps

✦ Memiliki kawah kecil yang unik

Daya tarik utama dari air terjun mempesona ini adalah terdapat beberapa kawah kecil yang menghasilkan air panas dan belerang. Kesegaran airnya bisa Anda nikmati begitu Anda menyentuhnya. Kawahnya juga mengeluarkan uap sehingga membuat pemandangan air terjun semakin indah.

Kawah tempat keluarnya aliran air panas karena kandungan belerang. Oleh karena itu, air terjun di Bogor ini selalu menjadi tempat terbaik untuk menikmati segarnya air terjun dan air panas. Dari kejauhan Anda akan menyaksikan bentuk aliran air yang sangat menarik dan berkelok-kelok.

✦ Rute trekking menguji adrenalin

Menikmati pesona Air Terjun Cikawah yang mempesona memerlukan perjalanan yang tidak mudah. Selama perjalanan, Anda akan menjumpai ratusan sawah milik warga dan menyuguhkan pemandangan yang sejuk. Hal ini membuat rasa lelah hilang dan menyegarkan mata.

✦ Pemandangan eksotis

Air terjun populer ini diketahui memiliki ketinggian hingga 45 m, di bagian bawahnya terdapat cekungan penampung sedalam 2 m. Oleh karena itu, aliran air yang jatuh ke dalam kolam cukup deras dan tidak disarankan untuk mendekati kolam atau bahkan masuk ke bawahnya.

Namun di sisi lain, aliran air mengalir melalui pepohonan yang lebat. Selain itu, banyaknya asap yang mengepul dari kawah sekitar air terjun akan menambah kesan eksotisme dan keindahan pemandangan air terjun. Oleh karena itu pemandangannya sangat berbeda dengan tempat wisata air terjun lainnya.

✦ Suasana nyaman dan tenang

Sebelum Anda tiba untuk berwisata, Anda juga akan merasakan suasana asri dan tenang yang tercipta dari luasnya hamparan sawah yang hijau. Mata selalu disuguhi nuansa tenang di sekitar area air terjun. Oleh karena itu, air terjun mempesona ini cocok dijadikan tempat peristirahatan bersantai di tengah aktivitas perkotaan.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Air Terjun CikawahFoto oleh Aasubekan di Google Maps

Sebelum berangkat, alangkah baiknya cari tahu dulu alamat wisatanya. Alamat Curug Cikawah berada di Desa Ciasmara Kec. Pamijahan, Bogor, Jawa Barat. Untuk menuju lokasi, Anda dapat menggunakan jalur dari Jakarta melalui Cibubur.

Anda bisa melanjutkan perjalanan menuju Cileungsi dan Citeureup hingga kawasan Sirkuit Sentul. Dari sini perjalanan menuju Jalan Raya Bogor menuju Bubulak dapat ditempuh. Sesampainya di pertigaan Cibatok dan pertigaan Cemplang, Anda sudah sampai di Desa Cibitung. Di desa Ciasmara anda dapat memarkir kendaraan dan berjalan kaki menuju air terjun.

Biaya masuk dan jam buka

Jam buka Curug Cikawah adalah setiap hari selama jam buka. Namun aktivitas trekking perlu diperhatikan karena cukup berisiko jika dilakukan pada malam hari. Oleh karena itu, sebaiknya berkunjung pada pagi hari dan kembali pada sore hari. Selain itu, menikmati keindahan air terjun pun tak perlu menguras dompet.

Karena biaya masuknya cukup terjangkau yaitu hanya Rp 10.000 per orang. Sedangkan biaya parkir kendaraan dikenakan biaya Rp 5.000. Jadi Anda perlu menyiapkan bujet sebesar Rp 15.000 saja untuk melihat keindahan air terjun dan kawah-kawah kecilnya yang menyegarkan pemandangan.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas di Air Terjun CikawahFoto Badai Nur Ahmad di Google Maps

1. Bermain air

Mau tahu aktivitas seru apa saja yang bisa kamu lakukan di Curug Cikawah yang menakjubkan ini? Salah satu aktivitas yang pastinya wajib dilakukan adalah bermain air. Anda tidak hanya bisa bermain air seperti biasanya, namun juga merasakan hangatnya air panas yang dihasilkan oleh belerang. Anda bisa berendam dan duduk sambil merasakan hangatnya aliran air di sekitar bebatuan.

Meski airnya hangat, namun udara di sekitar air terjun cukup dingin. Arus air terjun yang deras membuat pengunjung enggan berenang. Namun, Anda tetap bisa menikmati kesegaran dan kejernihan air dengan merendam sebagian kaki untuk menghilangkan rasa lelah pasca trekking.

2. Mendaki gunung

Selain bermain air, Anda juga bisa menikmati pengalaman yang tak kalah seru yaitu mendaki lapisan tipis, sehingga wisata ini juga cocok bagi pendaki pemula. Aktivitas pendakian wajib dilakukan sebelum perjalanan menuju destinasi wisata air terjun karena letaknya di sekitar kawasan Gunung Salak.

3. Menikmati nuansa alam yang eksotik

Berbicara soal pemandangan alam, Air Terjun Cikawah tentu tidak ada duanya. Sebab, luasnya keindahan alam yang dihadirkan sungguh luar biasa. Hal ini berkat asap belerang yang melayang melalui pepohonan rindang. Belum lagi kepulan asap yang berpadu dengan aliran air terjun dan udara segar.

4. Ambil foto Ria

Anda bisa mengabadikan momen seru di air terjun dengan foto sebanyak-banyaknya. Pemandangan alam yang indah juga cocok dijadikan backdrop. Anda dapat mengedit setiap gaya dari sudut berbeda untuk mendapatkan foto sempurna untuk diunggah ke media sosial. Salah satu spot foto yang paling digemari pengunjung adalah kepulan asap di pepohonan.

5. Makanan

Meski Curug Cikawah terletak di kawasan Gunung Salak, namun tetap menawarkan fasilitas berupa tempat makan untuk mengisi perut yang kosong dan lapar. Setelah melakukan berbagai aktivitas yang menguras tenaga, Anda bisa mengunjungi warung makan dan memilih hidangan lezat yang menggugah selera.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Air Terjun CikawahFoto oleh Giri Bagus Bagaskara di Google Maps

Sebagai destinasi wisata alam, pihak pengelola Curug Cikawah belum menyediakan fasilitas khusus. Namun, selama berkunjung Anda bisa menemukan beberapa fasilitas umum yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Oleh karena itu, pengunjung akan betah menginap di kawasan air terjun eksotis ini.

Jika Anda membawa kendaraan pribadi, Anda dapat menitipkannya di tempat parkir demi alasan keamanan. Anda tidak perlu lagi khawatir mencari tempat parkir. Apalagi ruangannya cukup luas untuk menampung banyak kendaraan bermotor seperti roda dua maupun roda empat.

Melaksanakan salat wajib juga bisa dilakukan karena pihak pengelola telah menyediakan musala. Anda dapat menggunakan toilet yang disediakan untuk buang air besar dan kecil. Terdapat juga beberapa kedai makanan dan minuman yang menawarkan menu lezat untuk memuaskan selera Anda.

Curug Cikawah memang tiada habisnya dan menawarkan pemandangan alam yang eksotis. Dengan kawahnya yang kecil, nuansa yang dihadirkan berhasil memanjakan mata setiap pengunjungnya. Tempat wisata keren ini bisa dikatakan cocok bagi pengunjung pecinta alam atau yang ingin bersantai.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button