Tempat Wisata

Curug Cimahi Bandung – Objek Wisata, Aktivitas, Lokasi dan Harga Tiket

Curug Cimahi Bandung – Objek Wisata, Aktivitas, Lokasi dan Harga Tiket
Harga tiket Curug Cimahi : Rp 15.000, Jam beroperasi: 07.30 – 17.00 WIB, Alamat: Kertawangi, Cab.Bandung Barat, Jawa Barat; Map: Periksa lokasinya

Air Terjun Cimahi merupakan objek wisata yang cukup populer yang terletak di Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Walaupun Kota Bandung sering dikenal dengan tempat wisata Lembang, namun anda pasti tahu bahwa Cimahi mempunyai keindahan yang cukup terkenal.

Dijuluki Curug Pelangi atau Curug Pelangi karena pancaran air terjunnya di malam hari. Oleh karena itu, pengunjung pun antusias untuk mengunjungi air terjun unik tersebut. Meski air terjun cantik ini sebenarnya sangat unik dengan ketinggiannya. Menjadi objek wisata yang berbeda merupakan pilihan yang tepat untuk kunjungan Anda.

Ketika Anda berkunjung ke tempat tersebut dan sampai disana, Anda akan langsung disambut dengan antusias oleh suara-suara binatang yang ada di hutan tempat Curug Cimahi berada. Bahkan suara kawanan kera pun menyambut kedatangan Anda. Tak jarang pengunjung melihat beberapa kera liar bergelantungan di dahan pohon.

Objek wisata yang ditawarkan Curug Cimahi

Shutterstock Daya tarik Air Terjun CimahiFoto: Shutterstock/Pradirwan

✦ Pelangi di malam hari

Pengelola terus berinovasi untuk menjadikan air terjun cantik ini semakin indah. Seperti yang baru-baru ini lagi hits, Pelangi di Malam Hari. Alasan terjadinya pelangi malam ini karena sengaja dipasang bola lampu warna-warni di sekitar air terjun. Dan tentunya menyala dari senja hingga malam.

Air Terjun Cimahi menampilkan keindahan cahaya pelanginya mulai pukul lima sore. Kemudian tutup pada jam sembilan malam. Jam buka ini dapat berubah sewaktu-waktu tergantung kondisi alam. Sebab jika alam tidak mendukung objek wisata indah ini maka akan tutup sebelum waktunya.

Sayangnya karena sifatnya yang alami, air terjun yang menyerupai pelangi ini awalnya tidak bercahaya, namun ini adalah konsep air terjun yang direncanakan oleh pihak pengelola. Namun konsep ini membuat air terjun ini semakin terkenal dan menjadi pilihan menarik untuk dikunjungi.

✦ Tangga di Curug Cimahi

Dengan alam yang begitu indah, tempat ini cukup penuh petualangan. Tentunya untuk melihat air terjun yang indah ini Anda harus melakukan sedikit petualangan menuruni anak tangga. Ada kurang lebih 587 langkah yang harus dilalui. Namun kegiatan ini diyakini sangat sesuai dengan prospek yang akan Anda temui.

Bagaimana tidak, keindahan alam dengan panorama yang estetik akan memikat mata Anda, apalagi saat sampai di air terjun. Melihat pelangi di depan mata adalah hal yang jarang terjadi di waktu luang.

Begitu memasuki tangga, Anda bisa merasakan gemericik air yang membuat Anda ingin segera sampai ke air terjun. Dari anak tangga pertama sampai terakhir jaraknya 180 meter.

✦ Tempat foto

Curug Cimahi juga menawarkan spot foto yang eksotis. Bagi Anda yang ingin datang untuk berfoto, tempat ini menawarkan keindahan alam yang sering dicari para selebritis. Dan tentunya foto-foto yang Instagrammable dan keren mudah didapat.

Bagi Anda pecinta alam, abadikan momen-momen penting di tempat wisata indah ini dan jangan lupa untuk mengambil foto hewan-hewan yang suka nongkrong di sana. Monyet ini, atau monyet dalam bahasa Inggris, sering melakukan atraksi seperti gantung diri. Ini akan menarik untuk difoto, apalagi dengan latar belakang air terjun yang indah.

Masih banyak lagi spot foto lainnya, saat naik turun tangga juga bisa memanfaatkan tangga sebagai spot foto. Sudut pandang yang diberikan saat menaiki tangga menjadi daya tarik tersendiri. Anda bisa beristirahat sambil mengambil foto di sudut pandang ini.

✦ Udara segar untuk latihan

Bekerja setelah lima hari yang panjang membuat Anda lelah. Tentu rasa lelah tersebut harus dihilangkan dengan jalan-jalan atau berolahraga. Nah, berwisata sekaligus berolahraga bisa Anda lakukan di Air Terjun Cimahi yang indah.

Dilengkapi dengan pemandangan air terjun dan udara sejuk. Terdapat juga tangga sebagai sarana berolahraga. Berolahraga dengan berjalan menuruni atau menaiki tangga. Udara segar sangat membantu saat berolahraga.

Alamat dan rute menuju Curug

Tidak butuh waktu lama sebelum Anda sampai di Curug Cimahi yang populer. Jaraknya hanya dua puluh kilometer dari pusat kota Bandung dan perjalanan memakan waktu sekitar tiga puluh menit bahkan terkadang hingga satu jam.

Alamat lengkapnya terletak di Kota Bandung yaitu Jalan Kolonel Masturi, Kawasan Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Jika Anda belum memahaminya, Anda bisa mengunjunginya menggunakan aplikasi Google Maps di ponsel Android Anda.

Jalur utama yang bisa Anda kunjungi adalah melalui jalan menuju Lembang karena searah dengan Lembang. Anda selanjutnya akan mencapai kota Lembang melalui Jalan Setiabudi. Meski terbilang paling mudah, jalur ini memberikan tantangan nyata bagi kesabaran pengunjung karena sering terjadi kemacetan, terutama pada hari libur dan akhir pekan.

Biaya masuk wisata alam

Harga tiketnya tidak terlalu mahal dan bisa dicapai dengan tarif standar. Untuk memasuki Air Terjun Cimahi Anda hanya perlu membayar Rp 15.000 per orang, namun dikenakan biaya tambahan seperti biaya parkir kendaraan roda dua dan roda empat.

Untuk kendaraan roda dua cukup membayar Rp 3.000/unit, sedangkan untuk kendaraan roda empat pajaknya Rp 5.000/unit. Biaya masuknya sebesar Rp 15.000/orang pada hari kerja dan meningkat menjadi Rp 17.000/orang pada akhir pekan.

Jika berkunjung membawa anak dibawah 2 tahun, tiket masuk anak tidak dipungut biaya. Namun jika anak berusia 2 tahun ke atas maka harga tiket akan dihitung seperti orang dewasa.

Seperti halnya tempat wisata lainnya, tempat wisata cantik ini juga memiliki jam buka yaitu buka pada pukul 07:00 WIB dan tutup pada pukul 21:00 WIB. Namun jika cuaca tidak mendukung, penutupan dilakukan lebih awal dari biasanya.

Aktivitas yang menyenangkan

Shutterstock Aktivitas Air Terjun CimahiFoto: Shutterstock/Devon Daniel

1. Berburu Foto

Karena cukup banyak spot foto di air terjun cantik ini, besar kemungkinan Anda akan langsung mencari foto. Daripada mencari tempat yang cocok, semua tempat di air terjun ini sangat cocok untuk berfoto selfie. Apalagi di area gardu pandang, dengan latar belakang air terjun.

Berfoto di malam hari akan semakin menakjubkan bagaimana tidak karena pemandangan yang tidak biasa yaitu pemandangan banyaknya lampu warna-warni di sekitar air terjun. Menampilkan warna pelangi yang indah dan jernih dengan foto yang Instagrammable.

2. Piknik di Curug Cimahi

Curug Cimahi tidak menyediakan camping namun tempat ini juga bisa dijadikan tempat piknik bersama keluarga tercinta. Karena air terjun cantik ini menyediakan akomodasi. Anda bisa memanfaatkan penginapan tersebut sebagai akomodasi bermalam.

Lebih asyik berlibur bersama keluarga sambil membawa bekal, dan tentu saja memasak dari rumah lebih enak dibandingkan jajanan di warung makan. Oleh karena itu disarankan untuk menyiapkan bekal di rumah. Namun jika Anda malas membawanya, jangan khawatir karena di tempat ini juga terdapat warung makanan dan minuman.

3. Bermain air

Di dasar air terjun terdapat kolam alami yang menanti menyambut Anda dan memanjakan diri dengan kesegaran. Tentunya setelah berjalan santai menaiki tangga, Anda akan tergoda dengan air yang ada di depan mata Anda. Apalagi di air jernih.

Sayang sekali jika melewatkan kesempatan berenang di tempat ini. Rasa capek dan penat langsung hilang. Membawa perlengkapan renang atau sekedar kacamata air merupakan persiapan yang baik untuk menikmati indahnya dasar kolam.

Fasilitas yang tersedia di kawasan Curug

Shutterstock Fasilitas air terjun CimahiFoto: Shutterstock/Iandesrina

Saat berwisata ke Curug Cimahi, Anda tidak akan kesulitan memenuhi kebutuhan karena fasilitas yang tersedia sudah cukup memadai. Misalnya saja tempat parkir, mushola, photo point, warung makan, toilet, shelter, pos keamanan, peta lokasi dan masih banyak lagi.

Jika ingin bermalam, tersedia juga akomodasi yang bisa digunakan untuk bermalam. Lokasi penginapannya tidak jauh dari lokasi, tersedia beberapa pilihan penginapan. Direkomendasikan untuk menggunakan pondok air atau vila air. Tempat ini selain nyaman juga tidak jauh dari air terjun.

Mengetahui tentang air terjun indah ini menjadi sebuah wawasan bagi Anda. Jika Anda berencana untuk berkunjung, Anda sudah familiar dengan tempat ini, sehingga merupakan pilihan yang bisa dipercaya untuk Anda. Fasilitas yang ada tentunya akan cukup memberikan kenyamanan kepada pengunjung.

Air Terjun Cimahi merupakan salah satu objek wisata yang menjanjikan keindahan alam yang eksotik dan tentunya tidak kalah dengan tempat wisata indah lainnya di kawasan Bandung Barat. Terletak di tengah-tengah tempat wisata lainnya namun tempat wisata indah ini berbeda.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button