Tempat Wisata

Curug Cimahi : harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan tempat

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan wisata yang satu ini. Air Terjun Curug Cimahi. Dikutip dari Wikipedia: Air Terjun Curug Cimahi merupakan air terjun dengan ketinggian sekitar 87 meter. Ketinggian air terjun ini menjadikannya air terjun tertinggi di Bandung, Jawa Barat.

Baru-baru ini objek wisata Curug Cimahi telah direnovasi. Wisatawan bisa menikmati keindahan air terjun ini tidak hanya di pagi hari, tetapi juga di malam hari. Dilengkapi lampu warna-warni, Curug Curug punya julukan baru: wisata pelangi.

Air terjun ini menawarkan keindahannya lewat ketinggian yang eksotis. Karena keindahannya, air terjun ini bisa menjadi alternatif bagi anda yang ingin berwisata ke air terjun.

Nama Air Terjun Cimahi berasal dari nama sungai yang mengalir di atasnya. Sungai tersebut bernama Sungai Cimahi. Air terjun ini terletak di ketinggian 1.050 meter di atas permukaan laut dan suhu berkisar antara 18 hingga 22 derajat Celcius. Sebab, udara di Curug Cimahi cukup dingin.

Fasilitas di Curug Cimahi

Dari gerbang masuk menuju lokasi “air terjun” terdapat tangga yang kondisinya masih baik dan terawat. Fasilitas umum yang disediakan air terjun antara lain shelter sepanjang jalan dari pintu gerbang menuju air terjun, pagar pengaman, peta lokasi, jalan setapak, bangku, tempat sampah, pusat informasi, musala, toilet, tempat piknik, dan pos jaga.

Fasilitas lain yang bisa kita nikmati antara lain air bersih. Selain itu, terdapat juga tempat parkir di dekat pintu gerbang. Teras juga telah dibuat di sekitar gerbang untuk pengunjung yang ingin bersantai menikmati suasana.

Mitos Air Terjun Cimahi

Ceritakan sedikit bahwa ada mitos tentang air terjun Curug Cimahi. Konon pasangan yang masih dalam tahap pacaran tidak disarankan untuk mengikuti wisata air terjun ini. Menurut masyarakat setempat, jika pasangan yang datang kepada kami masih dalam tahap pacaran, maka hubungan tersebut akan penuh masalah bahkan gagal.

Meski kejadian tersebut tidak terjadi saat Anda dan pasangan berada di sana, kata masyarakat sekitar air terjun, sebaiknya tetap mengikuti norma yang ada. Jangan melanggar norma. Ini tidak akan membuat hubungan Anda menjadi baik. Terlepas benar atau tidaknya mitos tersebut, tetaplah waspada untuk memastikan hubungan Anda dengan pasangan tetap baik.

Baca juga : Curug Sadim, Menikmati keindahan air terjun di tengah luasnya kebun teh

Berburu foto di Curug Cimahi

Tempat yang cocok untuk berburu foto di Curug Cimahi adalah menara observasi. Karena dari menara observasi ini Anda bisa melihat latar belakang air terjun dari atas. Selain itu terdapat kursi dan meja istirahat yang bisa digunakan untuk berfoto atau sekedar beristirahat. Anda juga bisa mengambil foto dari bawah sambil duduk di atas bebatuan yang mengelilingi air terjun.

Panorama pelangi di air terjun Curug Cimahi

Air Terjun Curug Cimahi dikenal juga dengan nama Air Terjun Pelangi. Jika beruntung, pengunjung akan disuguhkan panorama pelangi. Pelangi biasanya terlihat mulai jam 1 siang hingga jam 3 sore.

Pelangi tercipta dari pembiasan sinar matahari oleh tetesan air, sehingga menghasilkan spektrum yang melengkung. Oleh karena itu, Air Terjun Curug Cimahi disebut juga Air Terjun Pelangi.

Di menara observasi Anda bisa menikmati keindahan pelangi sambil duduk di kursi santai. Dalam posisi ini Anda akan melihat dengan jelas keindahan pelangi. Sambil mengagumi keindahan air terjun, pepohonan hijau, kicauan burung yang merdu, serta bebatuan besar, liburan Anda akan menjadi indah dan sempurna.

Peta lokasi Air Terjun Cimahi

Biaya masuk Air Terjun Cimahi

  • Biaya masuk: Rp 20.000/orang
  • Biaya parkir kendaraan: Rp 3.000 hingga 5.000

(Diperbarui September 2023)

Jam Buka Air Terjun Curug Cimahi

  • Buka setiap hari dari jam 7 pagi sampai jam 4 sore

Tips berlibur di curug Curug Cimahi

Sahabat travelling jika anda memutuskan untuk berlibur ke air terjun Air Terjun Cimahi Maka yang perlu dipersiapkan adalah ketahanan fisik. Sebab untuk menuju air terjun harus berjalan kaki menaiki tangga sekitar 15-20 menit.

Suhu di sini juga cukup dingin. Jadi jika Anda sangat sensitif terhadap udara dingin, sebaiknya jangan lupa membawa jaket. Dan khusus untuk pasangan. Jika Anda tidak ingin hubungan Anda menjadi kacau, ikutilah aturan yang berlaku.

Galeri foto Air Terjun Cimahi

Potret Air Terjun Cimahi di Bandung
Potret keindahan air terjun
Berburu foto di bawah air terjun
Potret jembatan di bawah air terjun
Tempat terbaik untuk melihat air terjun

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button